Keberlanjutan Literasi Digital Melalui Media Aquaponik Berbasis IoT (Internet of Things) di MTs Da'watul Khoir Nganjuk

Fatikhatun Nikmatus Sholihah, Moch Faizul Huda, Nur Khafidhoh

Abstract


Peningkatan tingkat literasi digital peserta didik sangat penting. Tidak hanya untuk meningkatkan efektivitas dan efisiensi proses pembelajaran, namun juga untuk meningkatkan adaptasi peserta didik terhadap pasar tenaga kerja yang berubah secara dinamis. Salah satunya melalui keberlanjutan pendidikan melalui Aquaponik berbasis IoT (Internet og Thing). Bahan yang digunakan antara lain hidroponik set, rockwall, netpot, kolam ikan, ikan, pakan ikan, pompa air, selang air, pH up dan pH down, Panel IoT. Metode yang digunakan melalui sosialisasi, pelatihan, penerapan teknologi, monitoring dan evaluasi. Hasil kegiatan ini berupa sistem aquaponik berbasis IoT dan hasil angket peningkatan pengetahuan peserta didik. Hasil angket peningkatan pengetahuan peserta didik selama kegiatan ini berlangsung sebesar 98,54%. Peserta didik paham tentang sistem aquaponik berbasis IoT selama 5 hari pelaksanaan. Teknologi ini diharapkan dapat dilanjutkan dengan mengembangkan alat teknologi ramah lingkungan serta diterapkan disetiap jenjang pendidikan

Keywords


IoT (Internet of Things); Literasi Digital; Media Aquaponik

References


Arafat, Ratna, S., & Wagino. (2023). Monitoring Kualitas Air Dan Kadar Nutrisi Tanaman Hidroponik Berbasis Internet Of Things (Iot). Technologia : Jurnal Ilmiah, 14(4), 449. Https://Doi.Org/10.31602/Tji.V14i4.12755

Gunamantha, I. M. (2020). Pendidikan Untuk Pembangunan Berkelanjutan: Mengapa, Apa Dan Bagaimana. Jurnal Pendidikan Dan Pengajaran, 43(3), 215–221.

Kemedikbudristek. (2022). Panduan Pengembangan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila. Jakarta: Badan Standar, Kurikulum, Dan Asesmen Pendidikan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, Dan Teknologi Republik Indonesia. Https://Kurikulum.Kemdikbud.Go.Id/File/1679308669_Manage_File.Pdf

Putri, R. T. H., Sholihah, F. N., & Moch. Faizul Huda. (2023). Implementasi Profil Pelajar Pancasila Pada Materi Protista Berbantuan Aplikasi Wizer.Me. 274–282. Https://Repository.Um.Ac.Id/4712/

Rohmatullah, M., Mahmudi, A., & Khafidhoh, N. (2023). Pengendalian Lampu Disco Led Menggunakan Aplikasi Berbasis Arduino. 1(2), 71–80.

Rosyidah, L. A., & Sholihah, F. N. (2021). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Discovery Learning Melalui E-Learning Pada Materi Ekosistem. Eduscope, 07(01), 2502–3985. Https://Ejournal.Unwaha.Ac.Id/Index.Php/Eduscope/Article/View/1879%0ahttp://Ejournal.Unwaha.Ac.Id/Index.Php/Eduscope/Article/Download/1879/730

Sholihah, F. N., Meishanti, O. P. Y., & Khafidhoh, N. (2023). Perancangan Perpustakaan Digital Sebagai Media Pendukung Literasi Berbasis P5 (Kurikulum Merdeka) Di Sdn Sumobito 3 Jombang. Abdimas Galuh, 5(2), 1698. Https://Doi.Org/10.25157/Ag.V5i2.12094

Sifaunajah, A., Khafidhoh, N., & Arifin, M. Z. (2023). Pembuatan Perangkat Hand Sanitizer Otomatis Dengan Sensor Halang Di Mts Arrosyidin Desa . Pulogedang Kec . Tembelang Kab . Jombang Manufacture Of Automatic Hand Sanitizer Devices With Obstacle Sensors At Mts Arrosyidin Pulogedang Village , Tembelang Distr. 1(1), 10–16.




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/ag.v6i2.16005

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

____________________________________________________________________________________

Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM)

Universitas Galuh

Jl. Arya Janggala No. 11 Ciamis 46274

Telepon: (0265) 775295, Fax: (0265) 776787

Email: abdimasgaluh@gmail.com

 

Abdimas Galuh: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat is licensed under a Creative Commons Atribution ShareAlike 4.0 Internasional License

____________________________________________________________________________

Abdimas Galuh: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat diindeks oleh: