Optimalisasi Tatakelola Pemerintah Desa Melalui Pelatihan dan Pendampingan di Desa Lebih, Kecamatan Gianyar Kabupaten Gianyar

Lilik Antarini, Nyoman Sumawidayani, Ni Made Anggriyani

Abstract


Tatakelola pemerintah desa di Desa Lebih belum berjalan secara optimal hal ini karena dalam memberikan pelayanan administrasi kepada masyarakat belum terdapat standarisasi yang pasti. Maka melalui kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat dengan menggunakan metode pendampingan dan pelatihan kepada perangkat desa dapat mendorong perangkat desa untuk dapat menyusun SOP pelayanan administrasi sebagai bentuk standarisasi pelayanan. Sehingga dengan adanya SOP Pelayanan administrasi dapat memberikan manfaat bagi perangkat desa sebagai pemberi pelayanan dan masyarakat sebagai penerima layanan. Adapaun manfaat atau impact yang didapatkan dengan adanya SOP, yaitu meningkatkan efisiensi, transparansi, dan kualitas pelayanan di Kantor Desa Lebih. SOP Pelayanan yang disusun tidak hanya dibuat dalam bentu hard copy tetapi juga dibuat dalam bentuk soft copy berupa video animasi alur pelayanan administrasi di Desa Lebih, Kecamatan Gianyar Kabupaten Gianyar.

References


Hidayatullah, Muhammad Riyan, Sylvana Yaka Saputra, and Khaerul Anam. 2022. “Abdinesia : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Pelatihan Manajemen Referensi ‘ Mendeley ’ Pada Mahasiswa Tingkat Akhir Universitas Nahdlatul Ulama Nusa Tenggara Barat.” 2: 2018–21.

Rahman, Aulia. “DEVELOPMENT OF STANDARD OPERATING PROCEDURES IN THE FIELD OF VILLAGE GOVERNMENT DEVELOPMENT OF TAKALAR REGENCY.” 1(2): 136–54.

Rosalita, Rosalita, Purwanto Purwanto, Hartuti Hartuti, and Kis Martini. 2023. “Strategi Pengelolaan Lahan Pasca Tambang Timah Pada Provinsi Kepulauan Bangka Belitung.” Kebijakan : Jurnal Ilmu Administrasi 14(1): 83–91.




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/ag.v6i2.16032

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

____________________________________________________________________________________

Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM)

Universitas Galuh

Jl. Arya Janggala No. 11 Ciamis 46274

Telepon: (0265) 775295, Fax: (0265) 776787

Email: abdimasgaluh@gmail.com

 

Abdimas Galuh: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat is licensed under a Creative Commons Atribution ShareAlike 4.0 Internasional License

____________________________________________________________________________

Abdimas Galuh: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat diindeks oleh: