Pemetaan Sumberdaya Kromit di Desa Patappa, Kabupaten Barru untuk Masterplane Geowisata

Muhamad Hardin Wakila, Andi Fahdli Heriansyah, Alam Budiman Thamsi, Harwan Harwan

Abstract


Masterplan desa merupakan dokumen perencanaan di tingkat desa yang bersifat komprehensif. Secara geologi Desa Palluda Kecamatan Pujananting memiliki beragam sumberdaya bahan galian salah satunya adalah kromit. Bijih kromit memiliki banyak Kegunaan dalam industri-industri stainless steel, gray cast iron, iron free high temperature alloys, dan lain-lain. Atas dasar tersebut sehingga diperlukan suatu upaya guna menunjukan sebaran (distribusi) dari sumberdaya kromit khususnya di Desa Palluda, yang mana berdasarkan observasi awal di kantor desa Palluda belum terdapat peta sebaran bahan galian kromit khususnya untuk masterplane geowisata Desa Palluda, Kecamatan Pujananting, Kabupaten Barru. Tujuan dari kegiatan Pengabdian kepada masyarakat ini adalah untuk membuat peta sebaran kromit kemudian memberikan rekomendasi terkait pengembangan masterplane kromit untuk geowisata. Metode pelaksanaan kegiatan ini yakni melakukan identifikasi awal (observasi), identifikasi masalah, dan pemberian solusi. Temuan pengabdian ini menyoroti potensi sumber daya kromit yang signifikan di Desa Pattapa, Kabupaten Barru, Sulawesi Selatan, untuk pengembangan masterplan geowisata. Analisis spasial dan survei geologi yang dilakukan dalam pengabdian ini memberikan pemahaman menyeluruh mengenai lokasi, sebaran, dan karakteristik endapan kromit di wilayah tersebut. Kemampuan pemanfaatan sumber daya kromit di Kabupaten Barru dapat berkontribusi terhadap pertumbuhan ekonomi dan diversifikasi perekonomian daerah, karena geowisata dapat menghasilkan pendapatan, menciptakan lapangan kerja, dan mendorong pelestarian warisan alam dan budaya daerah. Peta potensi kromit komprehensif yang dikembangkan dalam studi ini dapat menjadi alat yang berharga bagi pemerintah daerah dan pemangku kepentingan di Kabupaten Barru untuk merencanakan dan melaksanakan rencana induk geowisata yang selaras dengan tujuan pembangunan berkelanjutan di wilayah tersebut.

Keywords


Masterplane, Geowisata, Desa, Peta Sebaran, Kromit.

References


Caritra. (2021). Masterplan Desa. Caritra.Org. https://www.caritra.org/masterplan-desa/

Kautsary, J., Puspitasari, A., & Rochim, A. (2021). Proposal Pengabdian Internal Unissula Mp Desa Gondang2.

Masterplandesa.com. (2019). Masterplan Desa. Masterplandesa.Com. https://www.masterplandesa.com/tentang-masterplan-desa.html

Maulana, A. (2019). Endapan Mineral. Ombak. Yogyakarta.

Pasier, G. C. (2013). Ontario's Ring of Fire: Unlocking Potential and Creating Opportunity. Prospector & Developers Association of Canada.

Prihasta, A. K., & Suswanta, S. (2020). Pengembangan Desa Wisata Berbasis Pemberdayaan Masyarakat Desa Wisata Kaki Langit Padukuhan Mangunan. Jurnal Master Pariwisata (JUMPA), 7(2012), 221. https://doi.org/10.24843/jumpa.2020.v07.i01.p10

Puspita. R., 2021. Kontrol Geologi dan Potensi Kromit pada PT X Daerah Wosu, Kab. Morowali,Prov. Sulawesi Tengah. Jurnal Sains dan Teknologi Tadulako, Vol.7 No.2.

Rustiadi, P. 2008. Karakteristik Bijih Kromit Barru Sulawesi Selatan. Jurnal Riset Geologi dan Pertambangan. 18(1): 1.

Sukamto, RAB, 1982., Geologi Lembar Pangkajene dan Watampone, Pusat Penelitian Dan Pengembangan Geologi, Departemen dan Energi, Bandung.

Terano, E. Y. 2010. Penyelidikan Endapan Kromit didaerah Topogaro, Bungku Barat Provinsi Sulawesi Tengah. Buletin Sumberdaya Geologi, Vol.5 No.2.




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/ag.v6i2.16194

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

____________________________________________________________________________________

Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM)

Universitas Galuh

Jl. Arya Janggala No. 11 Ciamis 46274

Telepon: (0265) 775295, Fax: (0265) 776787

Email: abdimasgaluh@gmail.com

 

Abdimas Galuh: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat is licensed under a Creative Commons Atribution ShareAlike 4.0 Internasional License

____________________________________________________________________________

Abdimas Galuh: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat diindeks oleh: