Pelatihan Pengemasan dan Pelabelan Produk UMKM

Eti Suminartika, Endah Djuendah

Abstract


Usaha kecil tumbuh di masyarakat karena merupakan sumber lapangan pekerjaan dan pendapatan bagi mereka.  Permasalahan yang dihadapi produk UMKM adalah kemasan yang kurang menarik dan kurangnya informasi yang berkaitan dengan produk, Oleh karena itu, perbaikan kemasan dan pencantuman informasi produk (pelabelan) perlu diperbaiki untuk meningkatkan penjualan. Tujuan kegiatan PKM ini: meningklatkan pengetahuan tentang kemasan dan label produk serta meningkatkan keterampilan memperbaiki kemasan dan label produk.  Kegiatan dilaksanakan di bale desa Mandalamekar kecamatan Cimenyan kabupaten Bandung.  Metode yang digunakan adalah ceramah, diskusi, dan praktik.  Keberhasilan kegiatan dievaluasi dengan melakukan tes awal dan tes akhir.  Hasil kegiatan menunjukkan, terdapat peningkatan nilai pengetahuan akan kemasan dan pelabelan dari 65% menjadi 95%, terdapat peningkatan keterampilan peserta akan perbaikan kemasan dan label dari yang kurang memadai menjadi lebih memadai.

Keywords


Kata Kunci: Kemasan produk, label produk, keterampilan, pengetahuan.

References


Djadji Ruth Apningsi, Charles Kapioru, dan Ernantje Hendrik. (2020). Keragaan Pendapatan dan Strategi Pemasaran Produk Olahan Jagung dan Kacang Tanah pada Home Industry “UD. Jagung Komodo” di kelurahan Sikumana Kecamatan Maulafa kota Kupang. Buletin Ilmiah Impas, 21(3): 219-221. https://ejurnal.undana.ac.id/index.php/impas/article/view/3319

Fahrul Muchtar, Charles Kapioru, Lika Bernadina. (2021). Strategi Bauran Pemasaran dalam Meningkatkan Volume Penjualan Aneka Produk Cemilan Jagung dan Kacang-kacangan (Studi Pada Industri Rumah Tangga Sima Indah, Kelurahan Sikumana, Kecamatan Maulafa, Kota Kupang). Buletin Ilmiah IMPAS, 22(1): 58-63. https://ejurnal.undana.ac.id/index.php/impas/article/view/4216

Fibrianti, Nurul. (2019). Upaya Pemahaman Pencantuman Label Pada Kemasan Produk Makanan Bagi Siswa SMA 12 Semarang. Jurnal Pengabdian Hukum Indonesia, 2(1): 1-9. https://journal.unnes.ac.id/sju/JPHI/article/view/27743

Herudiansyah Gumar, Mister Candera dan Reza Pahlevi. (2019). Penyuluhan Pentingnya Label pada Kemasan Produk dan Pajak pada Usaha Kecil Menengah (UMKM) desa Tebedak II Kecamatan Payaraman Ogan Ilir. Suluh Abdi: Jurnal Ilmiah Pengabdian Kepada Masyarakat, 1 (2): 84-89. https://jurnal.um-palembang.ac.id/suluh_abdi/article/view/2296

Kementerian Negara Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah. (2009). Pedoman Standar Kelayakan Kemasan Produk KUKM, Jakarta: Kementerian Negara Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah.

Kotler, Philip & K.L.Keller. (2006). Marketing Management, 12th Edition, International Edition. New Jersey: Prentice Hall.

Kotler, Philip., and Gary Amstrong. (2010). Principle of Marketing. New Jersey: Prentice Hall.

Marlinda Apriyani, Fadila Marga Saty, Rini Desfaryani, Fitriani, Teguh Budi Trisnanto, Sutarni, Dayang Berliana, Annisa Fitri. (2021). Pelatihan Pengemasan Produk Olahan Pangan pada SMKN 1 Negeri Besar Way Kanan. Jurnal Pengabdian Nasional, 2 (2): 94-100. https://jurnal.polinela.ac.id/JPN/article/view/2077

Nuryanti, B Lena,. dan Anisa Yunia Rahman. (2008). Pengaruh Variasi dan Kemasan Produk terhadap Keputusan Pembelian Teh Kotak Ultra Jaya. Jurnal Strategic, 7(14): 31-82. https://ejournal.upi.edu/index.php/strategic/article/view/1022

Rangkuti, Freddy. (2010). Strategi Promosi yang Kreatif. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Simamora, B. (2007). Panduan Riset dan Perilaku Konsumen. Jakarta: Gramedia.

Sumardani1, N. L G. (2020). Strategi Pemasaran Keripik Keladi Produksi Masyarakat di Desa Biaung Kecamatan Penebel Kabupaten Tabanan. Buletin Udayana Mengabdi, 19(4): 410-414.

Widiati, Ari. (2019). Peranan Kemasan (Packaging) dalam Meningkatkan Pemasaran Produk Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) di “Mas pack” Terminal Kemasan Pontianak. Jurnal Audit dan Akutansi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Tanjungpura. 8(2): 67-76.




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/ag.v7i2.18279

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

____________________________________________________________________________________

Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM)

Universitas Galuh

Jl. Arya Janggala No. 11 Ciamis 46274

Telepon: (0265) 775295, Fax: (0265) 776787

Email: abdimasgaluh@gmail.com

 

Abdimas Galuh: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat is licensed under a Creative Commons Atribution ShareAlike 4.0 Internasional License

____________________________________________________________________________

Abdimas Galuh: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat diindeks oleh: