Penerapan Digital Matrketing Berbasis Website dalam Meningkatkan Daya Saing Penjualan Sarung Tenun Khas Desa Wabula

La Sudarman, La Jejen, Resfika Aswira, Husriah Husriah, Intan Purnama, Hikma Hikma

Abstract


Sarung tenun Buton khas Desa Wabula merupakan salah satu kerajinan tangan yang sangat perlu diperhatikan. Salah satu yang perlu ditingkatkan adalah aspek pemasarannya. Aspek pemasaran sarung tenun tersebut dapat ditingkatkan melalui pemasaran melalui aplikasi berbasis website. Aplikasi penjualan menggunakan website diharapkan mampu menjangkau pasaran lokal, nasional maupun mancanegara. Pengabdian ini dilakukan dengan beberapa tahapan seperti analisis kebutuhan, penerapan aplikasi, evaluasi kegiatan dan pelaporan. Analisis kebutuhan dilaksanakan untuk menentukan jadwal pelaksanan serta logisitik dan susunan acara pelaksanaan. Penerapan aplikasi dilaksanakan untuk memberikan cara pengoperasian aplikasi sistem informasi penjualan. Jumlah mitra sebanyak 6 orang, pelaksanaan kegiatan pada tanggal 17-18 April 2025. Evaluasi kegiatan bertujuan untuk mengukur kemampuan mitra dalam mengoperasikan aplikasi. Hasil kegiatan menjukkan bahwa mitra mampu mengoperasikan aplikasi dengan baik. Hal ini terlihat dari kuesioner yang terukur dengan hasil berupa kategori mampu sebesar 16,67% serta kategori sangat mampu sebesar 83,33%. Pengembangan lebih lanjut dengan adanya dukungan dari pemerintah dengan memberikan bantuan dana atau pelatihan penggunaan media sosial dalam meningkatkan penjualan sarung tenun khas wabula. Hal ini bertujuan agar sarung tenun Buton khas Wabula tetap eksis dan mampu bersaing di pasar lokal, nasional maupun mancanegara.

Keywords


competitiveness, digital marketing, woven sarong

References


Aliyah, A. H. (2022). Peran Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) untuk Meningkatkan Kesejahteraan Masyarakat. WELFARE Jurnal Ilmu Ekonomi, 3(1), 64–72. https://doi.org/10.37058/wlfr.v3i1.4719

Az-Zahra, N. S. (2021). Implementasi digital marketing sebagai strategi dalam meningkatkan pemasaran UMKM. NCOINS: National Conference Of Islamic Natural …, 77–88.

Edy Susena1*, S. P., Sukendar3, M. U., & Riyan Setiyanto4. (2022). Banyu Lemon Sales Management Based on Information and Technology. 7(1), 98–103.

Harjoprawiro, L., Mirosea, N., & Basri, A. M. (2024). Jurnal Ubsi Adimas-Ekombis-Pb. Strategi Pengembangan UMKM Industri Kerajinan Sarug Khas Buton Pasca Covid 19, 8(covid 19), 1–8.

Hastuti. (2022). Strategi Pemberdayaan Usaha Mikro Kecil Dan Menengah Terhadap Penjualan Sarung Tenun Khas Buton. Jurnal Inovasi Penelitian, 2(Mei), 4037–4046.

Junior Cardoso da Silva, D., da Silva Stertz, E., Portella, A. G., Gomes, C. F. S., Moreira, M. Â. L., & dos Santos, M. (2023). Social Media Platform for Digital Marketing: An Analysis Using CRITIC-GRA-3N Method. Procedia Computer Science, 221, 169–176. https://doi.org/10.1016/j.procs.2023.07.024

Kabo-Bah, J. B. W., & Bannor, R. K. (2025). E-commerce among grain traders and its impact on marketing. Sustainable Technology and Entrepreneurship, 4(1), 100090. https://doi.org/10.1016/j.stae.2024.100090

Kendall, K. E., & Kendall, J. E. (2011). Systems Analysis and Design (8th ed.). Pearson Education. https://books.google.co.id/books/about/Systems_Analysis_and_Design.html?id=DjRPlwEACAAJ&redir_esc=y

La Sudarman1*, Abel Haryanto1, Muhammad Tasjiddin Teheni2, Ratih Nurwanti2, Ramad Arya Fitra3, L. H. P. (2021). Sosialisasi Strategi Pengembangan UMKM Industri Sarung Buton Pasca Covid-19 Socialization. Abdimas Galuh, 3(1), 32–38.

Lestantri, I. D., Janom, N. B., Aris, R. S., & Husni, Y. (2021). The perceptions towards the digital sharing economy among SMEs: Preliminary findings. Procedia Computer Science, 197(2021), 82–91. https://doi.org/10.1016/j.procs.2021.12.121

Mihailova, I. (2024). A learning-based explanation of the time properties of the international scaling of digital entrepreneurial ventures. European Management Journal, November. https://doi.org/10.1016/j.emj.2024.11.006

Nana Sudjana. (2019). Penialain Proses Hasil Belajar Mengajar. Remaja Rosda Karya. https://koleksi.upmk.ac.id/index.php?p=show_detail&id=12169

Pasrun, Y. P., Sarimuddin, S., & Muchtar, M. (2022). Optimasi Sistem Tunjangan Kinerja Pegawai Menggunakan Web Service Pada Bkp-Sdm Bombana. SemanTIK, 8(2), 105. https://doi.org/10.55679/semantik.v8i2.28174

Putra, L. M. R. Z. (2022). SOSIALISASI BAGI UMKM SARUNG TENUN TRADISIONAL TERHADAP HAK ATAS KEKAYAAN INTELEKTUAL DI KECAMATAN WABULA KABUPATEN BUTON. 2(1), 3789–3796.

Roa, P. A., Ukuran, D., Pajak, P., & Perbankan, P. (2022). Jambi City Tourism Information System Design. 7(1), 98–103.

Sarimuddin, S. (2023). Sistem Pengelolaan Bantuan Langsung Tunai Berbasis Radio Frequency Identification (RFID). JTKSI (Jurnal Teknologi Komputer Dan Sistem Informasi), 6(1), 15. https://doi.org/10.56327/jtksi.v6i1.1332

Sifwah, M. A., Nikhal, Z. Z., Dewi, A. P., Nurcahyani, N., & Latifah, R. N. (2024). Penerapan Digital Marketing Sebagai Strategi Pemasaran Untuk Meningkatkan Daya Saing UMKM. MANTAP: Journal of Management Accounting, Tax and Production, 2(1), 109–118. https://doi.org/10.57235/mantap.v2i1.1592

Sommerville, I. (2016). TENTH edition Tenth Edition. https://dn790001.ca.archive.org/0/items/bme-vik-konyvek/Software Engineering - Ian Sommerville.pdf

Sudarman, L., Hariyanto, A., Teheni, M. T., Nurwanti, R., Fitra, R. A., & Harjoprawiro, L. (2024). Sosialisasi Strategi Pengembangan UMKM Industri Sarung Buton Pasca Covid-19. Abdimas Galuh, 6(2), 997–1007. https://doi.org/10.25157/ag.v6i2.13956

Wijaya, L. I., Zunairoh, Z., Izharuddin, M., & Rianawati, A. (2025). Journal of Open Innovation : Technology , Market , and Complexity Scope of E-Commerce use , innovation capability , and performance : Food sector MSMEs in Indonesia. Journal of Open Innovation: Technology, Market, and Complexity, 11(1), 100459. https://doi.org/10.1016/j.joitmc.2024.100459




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/ag.v7i2.18581

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

____________________________________________________________________________________

Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM)

Universitas Galuh

Jl. Arya Janggala No. 11 Ciamis 46274

Telepon: (0265) 775295, Fax: (0265) 776787

Email: abdimasgaluh@gmail.com

 

Abdimas Galuh: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat is licensed under a Creative Commons Atribution ShareAlike 4.0 Internasional License

____________________________________________________________________________

Abdimas Galuh: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat diindeks oleh: