Transformasi Digital dalam Pendidikan Vokasional: Model Pengembangan Aplikasi Edukasi Berbasis Partisipatif

Pikir Wisnu Wijayanto, Wawa Wikusna, Ismail Ismail

Abstract


Transformasi pembelajaran di era digital menjadi kebutuhan yang mendesak, terutama bagi institusi pendidikan vokasi seperti SMK Plus Al Aitaam Bandung. Pengabdian masyarakat ini bertujuan mengembangkan aplikasi edukasi berbasis teknologi yang mampu meningkatkan kualitas pembelajaran dan kesiapan siswa menghadapi dunia kerja. Metode yang digunakan mencakup analisis kebutuhan, perancangan prototipe aplikasi, pengujian, pelatihan, implementasi, hingga evaluasi dampak. Aplikasi dikembangkan secara partisipatif dan mengintegrasikan fitur interaktif seperti video pembelajaran, kuis, simulasi, serta forum diskusi. Hasil pelaksanaan menunjukkan bahwa 95% peserta menyatakan puas terhadap kegiatan ini. Aplikasi terbukti efektif dalam meningkatkan motivasi belajar, pemahaman konsep, dan keterampilan digital siswa. Artikel ini memberikan kontribusi dalam pengembangan model pembelajaran berbasis teknologi yang relevan bagi pendidikan vokasional. Implikasi hasil ini diharapkan dapat mendorong adopsi teknologi yang lebih luas di sekolah-sekolah dengan karakteristik serupa.

Keywords


transformasi pembelajaran, aplikasi edukasi, teknologi pendidikan, SMK, pengabdian masyarakat

References


Azzahra, A. (2024). Transformasi Digital dalam Pengelolaan Data Siswa: Studi Kasus SMK Kabupaten Kampar. Al-Marsus: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 2(2), 142-153.

Çeken, B., & Taşkın, N. (2022). Multimedia learning principles in different learning environments: A systematic review. Smart Learning Environments, 9(1), 19.

Fitriati, I., Fitrianingsih, N., Ahyar, A., Purnamasari, R., Ningsi, F., Irawati, I., & Wahyudin, W. (2023). Workshop Penyusunan Internet Based Test (IBT) Menggunakan Metode Gamification Learning untuk Guru SMK. Bima Abdi: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(2), 92-99.

Fredlina, K. Q., Werthi, K. T., Astuti, H. W., Parela, E., & Ariswandy, D. (2021). Literasi digital bagi pendidik indonesia dan implementasinya dalam proses pembelajaran pasca pandemi. Jurnal Abdi Masyarakat Saburai (JAMS), 2(02), 108-114.

Ghosh, L., & Ravichandran, R. (2024). Emerging technologies in vocational education and training. Journal of Digital Learning and Education, 4(1), 41-49.

Gu, M. (2024). Empowering Vocational Education through Digital Technology: Innovating the Teaching Landscape. International Journal of New Developments in Education, 6(6), 131-136.

Hardila, T., Rafiqah, S. A., & Firdaus, T. (2021). Pengembangan aplikasi pembelajaran fisika berbasis android pada materi gerak lurus kelas X. U-Teach: Journal Education of Young Physics Teacher, 2(2), 65-72.

Kemendikbudristek. (2023). Rencana Strategis Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan 2020–2024. Jakarta: Kemdikbudristek.

Rahardjo, T., Degeng, I. N. S., & Soepriyanto, Y. (2019). Pengembangan Multimedia Interaktif Mobile Learning Berbasis Anrdroid Aksara Jawa Kelas X Smk Negeri 5 Malang. Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, 2(3), 195-202.

Rakuasa, H., Hidayatullah, M., & Suwandi, M. A. (2024). Community-Based Education in the Digital Age: Challenges and Opportunities. Journal of Asian Primary Education (JoAPE), 1(1), 17-25.

Rejekiningsih, T., Budiarto, M. K., & Sudiyanto, S. (2021). Pengembangan multimedia interaktif berbasis potensi lokal untuk pembelajaran prakarya dan kewirausahaan di SMA. Kwangsan, 9(2), 498082.

Sawenduling, B., Malado, J., Ridwan, R., & Olii, D. (2022). Pengembangan video pembelajaran instalasi penerangan listrik di smk negeri 1 talaud. JURNAL EDUNITRO: Jurnal Pendidikan Teknik Elektro, 2(1), 9-18.

Shafa, A. A. (2024). Implementasi Learning Management System dalam Meningkatkan Efektivitas Pembelajaran. Jurnal Teknologi Pendidikan Vol, 1(4), 1-8.

Silvanus, J., & Ridwan, R. (2022). Efektivitas pembelajaran praktikum dengan google sites berbantuan quizstar untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif mahasiswa era COVID-19. Jurnal Teknologi Pendidikan, 11(2), 155-163.

Sholeh, M. I., & Efendi, N. (2023). Integrasi teknologi dalam manajemen pendidikan islam: meningkatkan kinerja guru di era digital. Jurnal Tinta: Jurnal Ilmu Keguruan Dan Pendidikan, 5(2), 104-126.

Yu, D., Wang, L., Yao, J., Zhang, N., Wang, D., & Guo, Y. (2021, July). Participatory Teaching Service Design and Innovation. In International Conference on Human-Computer Interaction (pp. 637-651). Cham: Springer International Publishing.

Zaini, M. S., & Nugraha, J. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Multimedia Interaktif Berbasis Adobe Premiere Pro Pada Kompetensi Dasar Mengelola Kegiatan Humas Kelas XI Administrasi Perkantoran di SMK Negeri 2 Buduran Sidorajo. Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran (JPAP), 9(2), 349-361




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/ag.v7i2.18825

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

____________________________________________________________________________________

Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM)

Universitas Galuh

Jl. Arya Janggala No. 11 Ciamis 46274

Telepon: (0265) 775295, Fax: (0265) 776787

Email: abdimasgaluh@gmail.com

 

Abdimas Galuh: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat is licensed under a Creative Commons Atribution ShareAlike 4.0 Internasional License

____________________________________________________________________________

Abdimas Galuh: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat diindeks oleh: