Pengembangan Online Shop Pasgehadebatik Sebagai Saluran Pemasaran Produk Batik Griya Harapan Difabel

Ali Anwar, Yuce Sariningsih

Abstract


Kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat dengan judul pengembangan online shop PasgehadeBatik sebagai saluran pemasaran produk batik Griya Harapan Difabel, dengan Pasgehade (Pasundan Griya Harapan Difabel) Batik sebagai mitra bertujuan meningkatkan kemampuan mitra dalam pelaksanaan alur penjualan online melalui bantuan peralatan, dan meningkatnya volume penjualan batik karya difabel serta pendapatan PasgehadeBatik melalui penjualan online produk batik. Kegiatan ini dirancang sebagai solusi atas berbagai kendala yang dihadapi mitra, seperti keterbatasan alat untuk melaksanakan alur penjualan online, serta rendahnya kemampuan volume penjualan. Upaya pemberdayaan dilakukan melalui serangkaian pelatihan dan pendampingan dalam mewujudkan alur penjualan online yang berkelanjutan. Bantuan alat produksi dalam bentuk pemberian mesin pencetak resi untuk mendukung pemasaran digital, serta pelatihan alur penjualan online. Melalui pendekatan ini, diharapkan mitra dapat meningkatkan daya saing produk di pasar online, memperluas jaringan pemasaran, serta menciptakan keberlanjutan ekonomi bagi komunitas difabel. Hasil menunjukkan terdapat peningkatan volume penjualan dan pendapatan PasgehadeBatik. Permasalahan yang ditemukan adalah bahwa harga produk batik dan lainnya karya difabel yang dijual tidak dapat bersaing di pasar online secara maksimal karena harga produk batik yang masih tinggi. Secara praktis, penjualan barang karya difabel di Shopee hanya untuk segmen tertentu mengingat produk unik tetapi harga terlalu tinggi dibandingkan dengan pesaing, solusinya adalah diversifikasi produk yang dijual. Secara teoretis, perlu adanya pengembangan teori pekerjaan sosial yang mengakomodir pentingnya kewirausahaan sosial dalam kurikulum pelatihan keterampilan bagi difabel, yang di dalam kurikulum tersebut hendaknya disertakan sesi pemasaran online untuk menjual produk yang dihasilkan.

Keywords


Difabel; Online Shop; Kewriausahaan Sosial; PasgehadeBatik; Produk Batik.

References


Adinugraha, H. H., Maisaroh, A., Hidayatullah, R., & Bahrurizqi, M. (2021). Analisis Strategi Pemasaran Melalui Digital Marketing Dalam Meningkatkan Omzet Penjualan Batik. Jurnal Ilmu Teknik Dan Informatika (Teknik), 1(2), 74–82. http://journal.stiestekom.ac.id/index.php/TEKNIK

Alfiannurdin, N., Tresna, P., & Ruhidawati, C. (2024). Strategi Marketing Digital Rumah Batik Cipaku Bandung. Jurnal Pendidikan Dan Kewirausahaan, 12(2), 637–653. https://doi.org/10.47668/pkwu.v12i2.1351

Anwar, S. M. (2024). Pemanfaatan Digital Marketing dalam Meningkatkan Penjualan Produk Batik ( Studi Pada Batik Nufus Pekalongan ). Jurnal Sahmiyya |, 3(2), 310–322.

Arifin, S., Jati, J., & Roosdhani, M. R. (2023). Marketing Strategy for Batik Products in the Digital Technology Era. … Journal of Economics, Business …, 2023(4), 1321–1329. https://jurnal.stie-aas.ac.id/index.php/IJEBAR/article/view/11167%0Ahttps://jurnal.stie-aas.ac.id/index.php/IJEBAR/article/download/11167/4598

Arsyad, A., Ajeng, S., Septiani, C., & Erawati, D. (2024). the Role of Digital Marketing in the Batik Industry in Facing International Fashion Industrialization 5.0. International Journal of Social Service and Research, 4(10), 1–9. https://doi.org/10.46799/ijssr.v4i10.871

Assauri, S. (2015). Manajemen Pemasaran. Raja Grafindo

Asrifah, M. N., Prameswari, R. E., Anisa, C. N., Rismawati, P., Anggraini, N. A., & Mawwadah, W. (2023). Pengembangan Pemasaran Batik Dalam Meningkatkan Penjualan Produk di UMKM Batik Art And Gallery Lochatara. Welfare : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(3), 424–430. https://doi.org/10.30762/welfare.v1i3.430

Awali, H. (2020). Urgensi Pemanfaatan E-Marketing Pada Keberlangsungan Umkm Di Kota Pekalongan Di Tengah Dampak Covid-19. BALANCA : Jurnal Ekonomi Dan Bisnis Islam, 2(1), 1–14. https://doi.org/10.35905/balanca.v2i1.1342

Coulter M, Robbins, Stephen P. Manajemen. Jakarta: Erlangga; 2016.

Frost, Raymond & Fox, Alexa K & Strauss, Judy. 2019. E-Marketing. Eighth Edition. New York: Routledge.

Kartika Wulan Bhayangkari, S. (2023). Strategi pemasaran pada usaha Batik Jambi. Jurnal Paradigma Ekonomika, 18(4), 2085–1960.

Kotler, Philip & Keller, Kevin Lane & Brady, Mairead & Goodman, Malcolm & Hanse, Torben. 2016. Fourth Edition. Marketing Management. Pearson.

Lailatul Zannah, Maslahah, Santika Dewi, Sri Yuedah, D. S. (2024). Analisis Strategi Pemasaran dalam Meningkatkan Penjualan Batik Tulis di Toko Asofa Ekonomi Syariah , Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam , Universitas Islam Bunga Bangsa meningkatkan penjualan batik dengan cara yang lebih strategis dan efektif , serta bagai. 2(3), 216–227.

Miftah Ul Jannah, K. K. N., & Didit Purnomo. (2025). Analisis Strategi Pemasaran Digital pada Batik Equatik. Determinasi: Jurnal Penelitian Ekonomi Manajemen Dan Akuntansi, 3(1), 50–58. https://doi.org/10.23917/determinasi.v3i1.384

Muhadan Nurvianto, Erwin Saputra Siregar, & Sri Rahma. (2024). Analisis E Marketing Dalam Meningkatkan Penjualan Pada Aplikasi Belanjo. SANTRI : Jurnal Ekonomi Dan Keuangan Islam, 2(2), 189–209. https://doi.org/10.61132/santri.v2i2.465

Mujanah, S., Halik, A., Nisak Achmad, N., Zuono, T. T., & Bin Azam, Y. S. (2024). Digital Marketing of Batik Enterprises in Serasi Batik Community, Sutorejo Village, Surabaya City, Indonesia. Portal ABDIMAS, 2(1), 33–38. https://doi.org/10.29303/portalabdimas.v2i1.4054

Oktaviana Dewi, I., Pusparini, D., Wahyudi, I., Setiawan, N., Ekonomi, F., Keguruan dan Ilmu Pendidikan, F., Ekonomi dan Bisnis Islam, F., Pondok Peantren Miftahul Ulum Bettet, J., Basuki Rahmat Gg Aspol No, J., & -Bojonegoro, S. (2024). Pemanfaatan Pemasaran Digital untuk Meningkatkan Pemasaran dan Penjualan Kain Batik Desa Klampar Pamekasan Utilizing Digital Marketing to Increase Fabric Marketing and Batik Sales from Klampar Village, Pamekasan. MITRA: Jurnal Pemberdayaan Masyarakat, 8(2), 139–154. http://ejournal.atmajaya.ac.id/index.php/mitra/

Prasetyawati, Y. R., Fitriyanti, L. R., & Nurhajati, L. (2025). Strategi Pemasaran Inovatif dalam Mengembangkan Produk UMKM Batik Canting Ayu. Journal of Research on Business and Tourism, 4(2), 120. https://doi.org/10.37535/104004220243

Putranto, A., Revianur, A., Oktavia, S., Wijaya, C. I., Zein, Y. S., Puspitasari, I., Adilia, F., Sulistyo, M. Y., & Falah, J. N. (2022). Penggunaan Wahana Digital dalam Promosi dan Pemasaran Batik sebagai Kontekstualisasi Pelestarian Cagar Budaya. Bakti Budaya, 5(1), 25–39. https://doi.org/10.22146/bakti.4074

Riyanto, S., Azis, N. L., Stt, L. S., & Yuda, Y. P. (2024). Implementasi Digital Marketing Produk Batik Ngangkrik-Madiun Sebagai Solusi Komunikasi Pemasaran Modern. Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(1), 37–45. https://doi.org/10.33379/tepiswiring.v2i1.4127

Sariningsih, Y. (2025). Pengembangan Rintisan Usaha Bagi Disabilitas Sebagai Role Model Ekonomi Produktif Batik Di Indonesia. Jurnal Abdimas Kartika Wijayakusuma, 6(1), 99–129. https://doi.org/10.26874/jakw.v6i1.650

Sugianto, M. Y., & AS, F. (2021). E-Marketing, Keragaman Produk dan Keputusan Pembelian (Studi Pada UKM Batik Surya 26 Kabupaten Tuban). Jurnal Kajian Ilmu Manajemen (JKIM), 1(1). https://doi.org/10.21107/jkim.v1i1.10608

Suranto, S., Pratiwi, R., Nurgiyatna, N., Pratiwi, A., & Rahman, R. A. (2023). Model Pemasaran Batik Berbasis Digital Industri Kreatif di Indonesia. AKSES: Jurnal Ekonomi Dan Bisnis, 18(1), 13–18. https://doi.org/10.31942/akses.v18i1.8592

Sutejo, B., Basiya, R., Hayuningtias, K. A., & Oktaviani, R. M. (2023). Pemanfaatan Media Digital Dalam Pemasaran BatikSemarangan. Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat (PENAMAS), 7(1), 29–34.

Syahbudi M. Ekonomi Kreatif Indonesia. Jakarta: Merdeka Kreasi Group; 2021.

Wilamsari, F. (2024). Optimalisasi Digital Marketing Strategy Umkm Batik Randu7 Mulia Probolinggo. Jurnal Pengabdian Masyarakat Dan Lingkungan (JPML), 2(2), 46. https://doi.org/10.30587/jpml.v2i2.7115

Zastrow, Charles. 2017. Introduction to Social Work. New York: Prentice Hall.




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/ag.v7i2.20137

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

____________________________________________________________________________________

Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM)

Universitas Galuh

Jl. Arya Janggala No. 11 Ciamis 46274

Telepon: (0265) 775295, Fax: (0265) 776787

Email: abdimasgaluh@gmail.com

 

Abdimas Galuh: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat is licensed under a Creative Commons Atribution ShareAlike 4.0 Internasional License

____________________________________________________________________________

Abdimas Galuh: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat diindeks oleh: