Pelatihan dan Pendampingan Digital Marketing Bagi Pelaku UMKM Di Desa Kemantrenrejo Kabupaten Pasuruan

Hari Wahyuni

Abstract


AbstrakDesa Kemantrenrejo Kecamatan Rejoso Kabupaten Pasuruan merupakan desa yang secara geografis sangat strategis karena terletak di jalur Pantura Surabaya–Probolinggo. Desa ini memiliki potensi yang besar, khususnya di sektor pertanian, peternakan, serta sektor informal seperti Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM). Namun, potensi besar tersebut belum sepenuhnya dimanfaatkan secara optimal. Salah satu tantangan utama yang dihadapi Desa Kemantrenrejo saat ini adalah masih lemahnya pengembangan UMKM. Banyak pelaku UMKM yang mengalami hambatan dalam hal manajemen usaha, pemasaran produk, pengemasan, akses permodalan, hingga pemanfaatan teknologi digital. Hal ini menyebabkan daya saing produk lokal masih rendah dan belum mampu menembus pasar yang lebih luas, baik secara regional maupun digital. Berdasarkan survey lokasi yang telah kami lakukan di desa Kemntrenrejo terdapat sepuluh UMKM yang aktif melakukan kegiatan usaha. Tujuan pengabdian ini untuk membantu menyelesaikan permasalahan pelaku UMKM terkait masih lemahnya pemasaran produk mereka sehingga kami memberikan solusi dengan memebrikan pelatihan dan pendampingan digital marketing. Metode yang kami lakukan dalam kegiatan pengabdian masyarakat ini yaitu lewat strategi partisipatif dimana pelaku UMKM ikut serta secara langsung saat proses perencanaan kegiatan lewat wawancara guna mengidentifikasi permasalahan yang ada, FGD (Focus Grup Discussion), serta menetapkan keputusan tindak lanjut sebagai solusi menyelesaikan permasalahan. Hasil dari kegiatan ini kami telah membuatkan logo bagi pelaku UMKM sehingga produk mereka dapat dikenal oleh calon konsumen dan dengan pelatihan dan pendampingan digital marketing pelaku UMKM dapat memasarkan produk mereka ke marketplace shopee harapannya dengan pemasaran produk mereka ke marketplace dapat memperluas jangkauan pemasaran sehingga meningkatkan pendapatan mereka.

Keywords


Digital Marketing, MSMEs, Kemantrenrejo

References


Atina, V. Z., Setiawan, F., Mahmudi, A. Y., Shevalinzi, W. B. A., & Nurdin, A. (2022). Pelatihan Dan Pendampingan Digital Marketing Pada Umkm Sebagai Upaya Peningkatan Omset. Abdi Masya, 1(4), 164–171. https://doi.org/10.52561/abma.v1i4.161

Cucus, A., Dunan, H., Soewito, S., Warganegara, P., AA, I., & Habiburrahman, H. (2022). Pelatihan Dan Pendampingan Digital Marketing Umkm Penghasil Keripik Ksu Gapoktan Rukun Santoso Desa Bumi Sari Kecamatan Natar. Jurnal Pengabdian UMKM, 1(1), 57–65. https://doi.org/10.36448/jpu.v1i1.12

Ihsan, Raka Afifah, H., Jasmien, L., Qisthi, M., & Maesaroh, S. S. (2023). Pengaruh Pemasaran Digital dan Kemudahan Penggunaan Platform Marketplace Shopee terhadap Minat Beli Mahasiswa Bisnis Digital. E-Bisnis : Jurnal Ilmiah Ekonomi Dan Bisnis, 16(1), 157–167. https://doi.org/10.51903/e-bisnis.v16i1.1148

Ikhram, A. D., & Novadjaja, L. H. (2020). The Effect of Entrepreneurial Knowledge on Entrepreneurial Intention with the Moderation of Family Support (A Case Study on University Students in Indonesia). Asia Pacific Management and Business Application, 008(03), 169–180. https://doi.org/10.21776/ub.apmba.2020.008.03.2

Nurul Ainun, Altri Wahida, R. M. (2023). PENTINGNYA PERAN LOGO DALAM MEMBANGUN BRANDING PADA UMKM. 6(1), 674–681. https://doi.org/https://doi.org/10.36778/jesya.v6i1.967

Ombuh, I., Mawitjere, P., Rattu, S., Oktaviana, L., Mamonto, M., & Pombaile, C. (2025). Transformasi Digital Pada Usaha Mikro : Pelatihan Penerapan Digital Marketing Untuk Peningkatan Omzet Pada UMKM Di Kecamatan Sario, Kota Manado. Dedikasi Pkm, 6(1), 89–95. https://doi.org/10.32493/dkp.v6i1.45686

Wijaya, N. P. N. P., & Padmanegara, O. H. (2021). Digital Marketing education as a Strategy to Get New Opportunities: A Geographical Case Study on Indogarment MSMEs, Indonesia. Review of International Geographical Education Online, 11(1), 741–745. https://doi.org/10.33403/rigeo.800614




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/ag.v7i2.20976

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

____________________________________________________________________________________

Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM)

Universitas Galuh

Jl. Arya Janggala No. 11 Ciamis 46274

Telepon: (0265) 775295, Fax: (0265) 776787

Email: abdimasgaluh@gmail.com

 

Abdimas Galuh: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat is licensed under a Creative Commons Atribution ShareAlike 4.0 Internasional License

____________________________________________________________________________

Abdimas Galuh: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat diindeks oleh: