Pendampingan Strategi Pemasaran dan Branding untuk Mewujudkan Keberlanjutan Usaha Sekolah Sepak Bola

Annisa Dewi Akbari, Anik Nur Habyba, Tiena Gustina Amran, Triwulandari Satitidjati Dewayana, Agung Sasongko, Emelia Sari, Wawan Kurniawan, Indah Permata Sari, Daffa Akiel Mustaqim

Abstract


Sekolah Sepak Bola (SSB) “K&R” di Jakarta mengalami permasalahan yaitu keterbatasan jumlah siswa, tingginya biaya operasional, serta lemahnya strategi pemasaran dan branding yang menghambat keberlanjutan usaha. Oleh karena itu tim dari Laboratorium Pengembangan Organisasi dan Bisnis (Pobis), Jurusan Teknik Industri, Universitas Trisakti mengadakan kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) yang dilaksanakan pada tanggal 27 Juli 2025. Kegiatan ini meliputi penyuluhan dan pendampingan tentang analisis pasar, pengembangan unique value proposition (UVP), perumusan bauran pemasaran (4P), serta strategi branding dan kemitraan. Hasil PkM menunjukkan peningkatan kapasitas mitra, ditandai dengan kemampuan merumuskan segmentasi pasar, mengidentifikasi UVP, menyusun strategi 4P secara lebih terarah, serta memahami konsep pemasaran berkelanjutan dengan capaian evaluasi post-test sebesar 100%. Selain itu, PkM ini juga menghasilkan beberapa luaran berupa HKI, artikel media sosial, dan konten publikasi turut memperkuat eksposur SSB “K&R” di ranah digital. Dengan demikian, PkM ini terbukti mampu meningkatkan pemahaman dan keterampilan mitra dalam mengelola pemasaran dan branding, sekaligus memperkuat posisinya sebagai entitas pendidikan olahraga yang berdaya saing. Selanjutnya, diperlukan pendampingan berkelanjutan, workshop lanjutan, serta penguatan jejaring antar SSB agar tercipta ekosistem pembinaan olahraga yang lebih berkelanjutan.

Keywords


Strategi Pemasaran, Branding, Sekolah Sepak Bola, Pengabdian Masyarakat

References


Akbari, A. D., Kurniawan, W., Habyba, A. N., & Cristina, M. (2025). Pengembangan Strategi Pemasaran Melalui Pendampingan Digital Marketing Pada UMKM. Jurnal Abdimas dan Kearifan Lokal, 6(1), 1–10. https://doi.org/10.25105/akal.v6i2.20361

Dzikri, A., & Hasanah, E. A. (2023). Web-based information system development of Tunas Jaya Duriangkang football school. AIP Conference Proceedings, 2665(1). https://doi.org/10.1063/5.0146854

Habyba, A. N., Delfitriani, Dewayana, T. S., Sari, D. K., Sari, E., & Sari, I. P. (2024). Sustainable Marketing Strategy in The Remanufacturing Industry: A Soft Systems Methodology Approach. Business Review and Case Studies, 5(3), 375. https://doi.org/10.17358/brcs.5.3.375

Haque M. G., Iskandar, A. S., Erlangga, H., Nurjaya, & Sunarsi, D. (2022).Strategi pemasaran: Konsep, teori dan implementasi. Banten: Pascal Books.

Hartono, H., Hutomo, K., & Mayangsari, M. (2012). Pengaruh Strategi Pemasaran Terhadap Peningkatan Penjualan Pada Perusahaan" Dengan Menetapkan Alumni Dan Mahasiswa Universitas Bina Nusantara Sebagai Objek Penelitian. Binus Business Review, 3(2), 882-897.

McCarthy, E. (1975). Basic Marketing: A Managerial Approach (p. 694).

Pradhana, R. M., Suhardini, D., & Akbari, A. D. (2022). Pengembangan Model Bisnis Menggunakan Lean Canvas dengan Metode Design Thinking di Bulaf Café. Jurnal Teknik Industri, 12(3), 219–231.

Sadikin, M., Ahmad, A., & Ulpi, W. . (2023). Kemampuan motorik kasar anak di sekolah sepak bola (ssb). Jurnal Porkes, 6(2), 724–734. https://doi.org/10.29408/porkes.v6i2.21214

Sasikirana, I. D. V., Dewi, A. S., Khayzuran, Q.A., Firdausy, S.P., Radianto, D. O. (2024). Strategi Pemasaran Digital Yang Efektif Untuk Meningkatkan Daya Saing Perusahaan di Era Digital. Profit: Jurnal Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 3(2), 166–177. https://doi.org/10.58192/profit.v3i2.2092

Sulistiawati, S., & Riofita, H. (2024). Pentingnya Konsep dan Strategi Pemasaran dalam Menghadapi Persaingan Bisnis. Jurnal Multidisiplin Inovatif , 8 (11), 168-173.




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/ag.v7i2.21012

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

____________________________________________________________________________________

Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM)

Universitas Galuh

Jl. Arya Janggala No. 11 Ciamis 46274

Telepon: (0265) 775295, Fax: (0265) 776787

Email: abdimasgaluh@gmail.com

 

Abdimas Galuh: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat is licensed under a Creative Commons Atribution ShareAlike 4.0 Internasional License

____________________________________________________________________________

Abdimas Galuh: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat diindeks oleh: