DIGILOKAL: Optimalisasi Kompetensi Digital Siswa melalui Pelatihan Konten Kreatif, Promosi Wisata, dan Penguatan Literasi Media

Sri Maryani, Angga Yogaswara, Siti Pitrianti

Abstract


Program DIGILOKAL merupakan bentuk pengabdian masyarakat yang bertujuan untuk meningkatkan kompetensi digital produktif siswa SMP Muhammadiyah Pangandaran melalui pelatihan konten kreatif, promosi wisata lokal, dan penguatan literasi media. Kegiatan ini didasari oleh rendahnya kapasitas digital siswa di tengah tuntutan Kurikulum Merdeka yang menekankan literasi digital kontekstual. Metode Participatory Rural Appraisal (PRA) digunakan untuk menggali kebutuhan dan potensi lokal dalam merancang pelatihan berbasis project-based learning. Pelatihan mencakup penggunaan aplikasi Canva dan CapCut, etika media, serta public speaking. Evaluasi melalui pretest dan posttest menunjukkan peningkatan signifikan pada aspek manajemen digital (+72%), proses teknis (+62,3%), dan pemahaman sosial kemasyarakatan (+38%). Program ini juga menghasilkan platform DIGILOKAL LMS sebagai media pembelajaran berkelanjutan, serta membentuk komunitas praktisi digital sekolah. Hasil ini menunjukkan bahwa pendekatan kontekstual dan partisipatif efektif dalam meningkatkan literasi digital siswa, sekaligus berkontribusi pada penguatan identitas lokal dan pemulihan ekonomi daerah berbasis pariwisata digital.

References


Albert Bandura dalam Bimbingan dan Konseling Tarsono Fakultas Psikologi UIN Sunan Gunung Djati Bandung D. Implikasi Teori Belajar Sosial (Social Learning Theory). Vol. Iii. 2010.

Choo YB, Abdullah T, Nawi AM. Digital Storytelling vs Oral storytelling: An analysis of the art of telling stories now and then. Universal Journal of Educational Research. 2020 May 1;8(5 A):46–50.

Faizah I, Handayani P. Pembelajaran Kontekstual sebagai Strategi Pengembangan Literasi Manusia. Vol. 4. 2022.

Kartadireja WN, Setiartin T, Rosiana S, Pitrianti S, Sirait BC. Strengthening Communication Skills through Training Public Speaking Digital Media Based for Members of Karang Taruna Bangkit Jaya Tasikmalaya City. Karismas - Jurnal Pengabdian Karya Inovasi Masyarakat [Internet]. 2024 Oct 8;1(2):12–6. Available from: https://karismas.sahirapub.co.id/index.php/karismas/article/view/7

Made N, Kusadi R, Sriartha2 P, Kertih3 W. Model Pembelajaran Project Based Learning Terhadap Keterampilan Sosial Dan Berpikir Kreatif. TSCJ. 2020;3(1).

Maryani S, Hakim F, Nurjamilah AS, Lisnawati I. Kesalahan Morfologis Pada Kanal Youtube Gaming Serta Implikasinya Terhadap Pembelajaran Bahasa Indonesia. Available from: https://journal.uniku.ac.id/index.php/FON/index

Maryani S, Wulandari Rr. Analisis Keterampilan Literasi Membaca Digital Generasi Z Dalam Mengidentifikasi Berita Hoaks Di Era Digital. Vol. 19, Ratna Rizky Wulandari Tedc. 2025.

Rahman AZ, Warsono H. Kolaborasi Triple Helix Dalam Pembangunan Wisata Bahari di Indonesia [Internet]. Available from: http://www.sabahtourism.com/sites/def

Restianty A. Literasi Digital, Sebuah Tantangan Baru dalam Literasi Media. Gunahumas Jurnal Kehumasan. 2018;1(1):72–81.

Septi Astriani A, Maryani S, Rachman IF, Husnul N, Pitrianti S. Edukasi Literasi Digital Dalam Memfilter Konten Hoaks Di Karang Taruna Bangkit Jaya Kota Tasikmalaya. Vol. 1, Jurnal Pengabdian Kolaborasi dan Inovasi IPTEKS

Setiartin T, Lisnawati I, Pitrianti S, Nurmala M, Patimah SP. Pelatihan Pembelajaran Adaptif Transformasi Teks Hikayat ke dalam Bentuk Digital Animasi Bagi Guru SMK Kota Tasikmalaya Adaptive Learning Training: Transforming Hikayat Texts into Digital Animation for Vocational High School Teachers in Tasikmalaya City. Vol. 7, Abdimas Galuh.

Ulya AR, Lubis I, Sukiman S. Konsep Technological Pedagogical and Content Knowledge dan Analisis Kebutuhan dalam Pengembangan Perangkat Pembelajaran. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru. 2023 Jan 20;8(2):208–15.

Wijaya Kusuma MA, Wibawa A. Ekosistem Digital di Era Society 5.0. Jurnal Inovasi Teknologi dan Edukasi Teknik. 2022 Mar 28;2(3):93–100.




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/ag.v7i2.21060

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

____________________________________________________________________________________

Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM)

Universitas Galuh

Jl. Arya Janggala No. 11 Ciamis 46274

Telepon: (0265) 775295, Fax: (0265) 776787

Email: abdimasgaluh@gmail.com

 

Abdimas Galuh: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat is licensed under a Creative Commons Atribution ShareAlike 4.0 Internasional License

____________________________________________________________________________

Abdimas Galuh: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat diindeks oleh: