Penguatan SDM Berkarakter Komunitas dan Literasi Pemasaran Digital melalui Pemanfaatan AI dan Sosial Media dalam Mendukung Upaya UMKM Jawa Barat Naik Kelas

Nina Nurani, Nurul Hermina, Anton Budi Santoso, Sari Dewi Oktari, Vina Silviani Marinda

Abstract


UMKM memiliki peranan yang sangat penting bagi kemajuan perekonomian suatu negara. Bahkan, seringkali pula UMKM dikatakan sebagai tulang punggung perekonomian suatu negara karena perannya yang tidak hanya mendorong pertumbuhan ekonomi, tetapi juga mampu menyejahterakan kehidupan masyarakat secara luas. Meskipun begitu, pelaku UMKM seringkali dihadapkan pada berbagai permasalahan selama menjalani proses bisnisnya yang dapat menghambat perkembangan bisnisnya, serta ketidakmampuannya untuk dapat bersaing. Adapun salah satu kendala yang dapat menjadi penghambat pelaku UMKM sulit untuk mengembangkan bisnisnya adalah ketidaksiapan untuk beradaptasi dengan cepat terhadap kemajuan teknologi, termasuk dalam hal pemanfaatan teknologi Artificial Intelligence (AI), serta masih minimnya kapasitas untuk berinovasi dalam penggunaan digitalisasi. Padahal, pemanfaatan AI dapat mendukung keberlanjutan bisnis yang dijalankan oleh para pelaku UMKM tersebut, terutama dalam hal memasarkan produk/jasa yang ditawarkannya. Oleh sebab itu, dalam rangka mengatasi permasalahan tersebut, maka perlu diadakannya kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) yang diberikan dalam bentuk program pelatihan dan penyuluhan yang bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan dan pemahaman yang terkait dengan literasi pemasaran digital melalui pemanfaatan AI dan sosial media dalam mendukung upaya UMKM Jawa Barat naik kelas. Kegiatan PkM ini diadakan pada hari Kamis, tgl. 22 Mei 2025 yang bertempat di Gedung F Lt. 2 Kampus Universitas Widyatama, Jl. Cikutra No. 204A, Bandung. Peserta yang mengikuti acara PkM ini merupakan para pelaku UMKM Jawa Barat yang berjumlah sebanyak 25 orang. Untuk materi yang disampaikan oleh para narasumber difokuskan pada pembahasan mengenai penguatan karakter SDM komunitas yang berdampak pada peningkatan keterampilan dan kreativitas inovasi digital, serta pemahaman terkait literasi pemasaran digital melalui pemanfaatan AI dan sosial media dalam mendukung upaya UMKM Jawa Barat naik kelas. Sementara itu, untuk materi yang disampaikan oleh pembicara mencakup penjelasan (pemaparan) materi dan simulasi singkat penggunaan teknologi digital AI, serta diskusi dan tanya jawab secara pribadi dengan peserta.

Keywords


Karakter SDM, Kompetensi, Digital Marketing

References


Afdal, Z., Siwi, M. K., & Kurniawati, T. (2021, November). MSMEs Business Sustainability: A Literature Review. In Seventh Padang International Conference on Economics Education, Economics, Business and Management, Accounting and Entrepreneurship (PICEEBA 2021) (pp. 317-322). Atlantis Press.

Agarwal, V., Mathiyazhagan, K., Malhotra, S., & Pimpunchat, B. (2023). Building resilience for sustainability of MSMEs post COVID-19 outbreak: An Indian handicraft industry outlook. Socio-Economic Planning Sciences, 85, 101443.

Amira, B., & Nasution, M. I. P. (2023). Pemanfaatan Kecerdasan Buatan (Ai) Dalam Meningkatkan Efesiensi Dan Pengembangan Usaha Mikro, Kecil Dan Menengah (Umkm). Jurnal Riset Manajemen, 1(4), 362-371.

Arisanti, I., Rasmita, R., Kasim, M., Mardikawati, B., & Murthada, M. (2024). Peran Aplikasi Artificial Intelligences Ai Dalam Mengembangkan Dan Meningkatkan Kompetensi Profesional Dan Kreatifitas Pendidik Di Era Cybernetics 4.0. Innovative: Journal Of Social Science Research, 4(1), 5195-5205.

Aulia, M. R. (2020). Pengaruh Kompetensi Kewirausahaan Terhadap Kinerja Usaha Kedai Kopi Skala Mikro Dan Kecil di Kota Medan. Jurnal Manajemen Bisnis Krisnadwipayana, 8(3), 100-113.

Bello Manjarrez, D. (2020). Social Media in Business-to-Business Marketing and Sales: Review of Literature & Research Recommendations.

Data dan Statistik KADIN INDONESIA Pada Tahun 2018-2023

F. Maria, R. Hariroh, Z. Z. Hidayah, P. Purnamasari, and P. Hari. (2024). Analysis of the impact artificial intelligence (ai) technology on digital financial knowledge to improve business sustainability for msmes in bekasi regency. Jurnal Mantik, 7(4).

Hamdan, H. (2021). Analysis of the Sustainability of MSMEs in the Covid-19 Pandemic Era. JEJAK, 14 (1), 183–199.

Herawati, N., Lindriati, T., & Suryaningrat, I. B. (2019). Penerapan bisnis model kanvas dalam penentuan rencana manajemen usaha kedelai edamame goreng. Jurnal Agroteknologi, 13(01), 42-51.

Lestari, E. Y., Sunarto, S., & Wijayanti, T. (2019). Pendampingan pada Masyarakat dalam Pengembangan Mata Pencaharian Melalui Pemberdayaan Komunitas Pemuda Desa di Desa Lau Kecamatan Dawe Kabupaten Kudus. Jurnal Puruhita, 1(1), 47-53.

Limanseto, H. (2022). Berperan Dalam Peningkatan Pertumbuhan Ekonomi Digital, Pemerintah Dorong Akselerasi Adopsi Teknologi Digital oleh UMKM-Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian Republik Indonesia. Jakarta: Bank Indonesia.

Matt, D. T., & Rauch, E. (2020). SME 4.0: The role of small-and medium-sized enterprises in the digital transformation. In Industry 4.0 for SMEs: Challenges, opportunities and requirements (pp. 3-36). Cham: Springer International Publishing.

Neneh, N. B. (2012). An exploratory study on entrepreneurial mindset in the small and medium enterprise (SME) sector: A South African perspective on fostering small and medium enterprise (SME) success. African Journal of Business Management, 6(9), 3364.

Reis, J., Amorim, M., Melão, N., & Matos, P. (2018). Digital transformation: a literature review and guidelines for future research. Trends and Advances in Information Systems and Technologies: Volume 1 6, 411-421.

Rupeika-Apoga, R., & Petrovska, K. (2022). Barriers to sustainable digital transformation in micro-, small-, and medium-sized enterprises. Sustainability, 14(20), 13558.

Sani, A., & Wiliani, N. (2019). Faktor kesiapan dan adopsi teknologi informasi dalam konteks teknologi serta lingkungan pada UMKM di Jakarta. JITK (Jurnal Ilmu Pengetahuan Dan Teknologi Komputer), 5(1), 49-56.

Santoso, S., & Jati, N. C. K. R. (2020). Analisis Ketepatan Kebijakan Pembinaan Umkm Di Kecamatan Kedawung Kabupaten Sragen. Dialogue: Jurnal Ilmu Administrasi Publik, 2(1), 33-50.

Verdiana, Y. Q., Fachir, Z. A., & A’dhom, M. G. (2023). The Growth Role of Artificial Intelligence (AI) in Strategy Management in UMKM. Growth, 2(2).




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/ag.v7i2.21077

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

____________________________________________________________________________________

Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM)

Universitas Galuh

Jl. Arya Janggala No. 11 Ciamis 46274

Telepon: (0265) 775295, Fax: (0265) 776787

Email: abdimasgaluh@gmail.com

 

Abdimas Galuh: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat is licensed under a Creative Commons Atribution ShareAlike 4.0 Internasional License

____________________________________________________________________________

Abdimas Galuh: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat diindeks oleh: