PENYULUHAN TENTANG PENYAKIT GOUT DAN LATIHAN FISIK PADA MASYARAKAT DI DESA STAMBUL JAYA KECAMATAN TANOH ALAS KABUPATEN ACEH TENGGARA

Yessy Syahradesi, Yusnaini Yusnaini

Abstract


Gout sebagai salah satu penyakit orang kaya karena gaya hidup mereka yang sangat berlebihan dalam mengkonsumsi makanan yang mengandung tinggi protein, tinggi lemak, mengkonsumsi minuman beralkohol dan merokok aktif. Asumsi masyarakat mengatakan bahwa gout merupakan penyakit rhematik yang terjadi pada daerah sendi kaki dan tangan, sehingga perlu dilakukan penyuluhan, pemeriksaan kadar gout, dan latihan fisik. Kegiatan dilaksanakan pada tanggal 12 November 2019 pukul 08.00-10.00 WIB di Desa Stambul Jaya Kecamatan Tanoh Alas Kabupaten Aceh Tenggara yang dihadiri oleh 35 orang. Kegiatan ini dilakukan dengan metode penyuluhan, dan dilanjutkan dengan diskusi. Setelah itu dilakukan evaluasi yang terdiri atas evaluasi awal (pre-test), evaluasi proses (pertanyaan saat diskusi), dan evaluasi akhir (post-test). Berdasarkan data hasil pengamatan diperoleh rata-rata nilai pre-test peserta 43,81dan post-test 67,45. Setelah dilakukan penyuluhan mengenai penyakit gout, terdapat peningkatan pengetahuan masyarakat di Desa Stambul Jaya Kecamatan Tanoh Alas Kabupaten Aceh Tenggara tentang penyakit gout. Setelah penyuluhan, masing-masing masyarakat diperiksa kadar gout dalam darah dengan menggunakan alat digital. Berdasarkan hasil pemeriksaan dari 35 orang terdapat 10 orang yang kadar gout di atas normal. Berarti angka kejadian gout di desa Stambul Jaya cukup tinggi. Terdapat peningkatan pengetahuan masyarakat di Desa Stambul Jaya Kecamatan Tanoh Alas Kabupaten Aceh Tenggara tentang penyakit gout. Penyakit gout di Desa Stambul Jaya Kecamatan Tanoh Alas Kabupaten Aceh Tenggara angka kejadian cukup tinggi. 

Keywords


Penyuluhan, Gout, Latihan Fisik

References


Dhalimarta, S. (2008). Resep Tumbuhan Obat Untuk Gout. Jakarta: Penebar Swadaya.

Kemenkes. (2013). Riset Kesehatan Dasar. Jakarta: Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan.

Kemenkes RI. (2018). Riset Kesehatan Dasar Tahun 2018. Jakarta: Kementerian Kesehatan RI.

Kumalasari, TS, Saryono dan Purnaman, I. (2009). Hubungan Indeks Massa Tubuh dengan Kadar Gout Darah pada Penduduk Desa Banjar Anyar. Jurnal Keperawatan Soedirman (The Soedirman Journal of Nursing). 04(3), 119-124.

Ndede, V.Z.L.P., Oroh, W. dan Bidjuni, H. (2019). Pengaruh Pemberian Rebusan Daun Salam Terhadap Penurunan Kadar Asam Urat pada Penderita Gout Artritis di Wilayah Kerja Puskesmas Ranotana Weru. e-journal Keperawatan (e-Kp), 7(1), 1-8.

Noviyanti. (2015). Hidup Sehat tanpa Gout. Yogyakarta: Notebook.

Pratiwi, V.F. (2013). Gambaran Kejadian Gout (Gout) Berdasarkan Kegemukan dan Konsumsi Makanan (Studi di Wilayah Kerja Puskesmas Kalisat Kecamatan Kalisat Kabupaten Jember). Skripsi. Bagian Gizi Kesehatan Masyarakat Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Jember. Jember.

Tumenggung, I. (2015). Hubungan Pola Makan Dengan Kejadian Gout Artritis Di RSUD Toto Kabila Kabupaten Bone Bolango. Journal Health And Nutritions, I(2), 1-12.

WHO. (2015). Indonesia: WHO Statistical Profile. Jenewa, Swiss.

WHO. (2017). WHO Methods and Data Sources Global Burden of Diasese Estimates 2000-2015. Jenewa, Swiss.

Utami. (2009). Solusi Sehat Mengatasi Gout & Rematik. Jakarta: Agromedia Pustaka.

Herliana. (2013). Penyakit Asam Urat Kandas Berkat Herbal. Jakarta: FMedia.




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/ag.v2i2.3621

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

____________________________________________________________________________________

Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM)

Universitas Galuh

Jl. Arya Janggala No. 11 Ciamis 46274

Telepon: (0265) 775295, Fax: (0265) 776787

Email: abdimasgaluh@gmail.com

 

Abdimas Galuh: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat is licensed under a Creative Commons Atribution ShareAlike 4.0 Internasional License

____________________________________________________________________________

Abdimas Galuh: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat diindeks oleh: