ASISTENSI PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF DENGAN AUTOPLAY UNTUK SISWA

Primadya Anantyarta, Dwi Candra Setiawan

Abstract


Belajar merupakan kebutuhan setiap insan. Pada masa pandemi covid-19 saat ini juga merubah kebiasaan belajar yang biasanya dilakukan secara tatap muka dalam satu ruangan, kini harus dilakukan secara online. Minimnya media pembelajaran yang dapat digunakan membantu siswa belajar secara mandiri karena pandemi saat ini, mendorong dilakukannya pendampingan bagi mahasiswa calon guru untuk mengembangkan media interaktif yang dapat digunakan untuk mengajar kelak. Pengembangan media pembelajaran interaktif tersebut dapat dilakukan dengan menggunakan suatu aplikasi yang dapat menggabungkan berbagai jenis file dalam satu media, baik berupa gambar, tulisan, dan video. Bahan yang diperlukan untuk mengembangkan media tersebut antara lain komputer atau laptop, jaringan internet untuk menambah kelengkapan komponen dalam mengembangkan media dan aplikasi bernama Autoplay Media Studio. Pendampingan dalam mengembangkan media ini dilakukan dengan metode ceramah, simulasi, praktik langsung dan evaluasi produk dari mahasiswa. Hasil dari pendampingan ini menunjukkan bahwa mahasiswa calon guru sangat antusias dan termotivasi dalam membuat produk. Selain semakin terampil, mahasiswa juga dapat terlatih dalam menerapkan pengkodean dalam mengatur konten media yang dibuat. Bahkan tercipta beberapa macam tema pada media pembelajaran yang dikembangkan.

Keywords


Pendampingan, Media Interaktif, Autoplay

References


Adilah, N. (2017) ‘Perbedaan Hasil Belajar IPA melalui Penerapan Metode Mind Map dengan Metode Ceramah’, Indonesian Journal of Primary Education, 1(1), pp. 98–103. doi: 10.17509/ijpe.v1i1.7521.

Anantyarta, P. and Mardiana, E. (2020) ‘Learning Media in Pandemic : Autoplay Media Studio Added Stretching Motion to Evaluation Digestive System Subject Media Pembelajaran Masa Pandemi : Autoplay Media Studio ditambah Gerakan Stretching pada Evaluasi Materi Sistem Pencernaan’, Bioeducation Journal, 4(2), pp. 47–57. doi: https://doi.org/10.24036/bioedu.v4i2.279.

Anantyarta, P. and Sari, R. L. I. (2017) ‘Pengembangan Media Auto Play dengan Metode Means Ends Analysis ( MEA ) pada Matakuliah Genetika’, Seminar Pendidikan IPA Pascasarjana UM, 2, pp. 532–538.

Handayani, T. (2017) ‘Penerapan Metode Simulasi Pada Materi Pembelajaran Press Conference Guna Meningkatkan Soft Skill Dan Mutu Pembelajaran Di Smkn 3 Bandung Tingkat 11 (Ap4)’, Jurnal Penelitian Pendidikan, 17(2), pp. 99–104. doi: 10.17509/jpp.v17i2.8243.

Kurniawati, L., Akbar, R. O. and Misri, M. A. (2015) ‘Pengaruh Penerapan Metode Pembelajaran Praktikum Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Matematika Siswa Kelas VIII SMP N 3 Sumber Kabupaten Cirebon’, Eduma : Mathematics Education Learning and Teaching, 4 (2)(2), pp. 62–74. Available at: https://media.neliti.com/media/publications/69339-ID-pengaruh-penerapan-metode-pembelajaran-p.pdf.

L, I. (2019) ‘Evaluasi dalam Proses Pembelajaran’, ADAARA : Jurnal Manajemen Pendidikan Islamendidikan Islam, 9(2), pp. 920–935. Available at: https://jurnal.iain-bone.ac.id/index.php/adara/article/download/427/352.

Munir, M. (2014) ‘Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Kompetensi Dasar Register Berbasis Inkuiri Terbimbing’, Jurnal Pendidikan Teknologi dan Kejuruan, 22(2), pp. 184–190. Available at: https://media.neliti.com/media/publications/163614-ID-pengembangan-media-pembelajaran-interakt.pdf.

Novalita, R. (2019) ‘Perbandingan Pendidikan Negara Belgia Dengan Negara Indonesia’, Jurnal Spasial, 4(3), pp. 75–84. doi: 10.22202/js.v4i3.2395.

Nurseto, T. (2012) ‘Membuat Media Pembelajaran yang Menarik’, Jurnal Ekonomi dan Pendidikan, 8(1), pp. 19–35. doi: 10.21831/jep.v8i1.706.

Rohmayanti, F., Yulistio, D. and Utomo, P. (2019) ‘Pelaksanaan Pembelajaran Kelompok Kecil Dan Perorangan Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Siswa Kelas X Di Sma Negeri 8 Kota Bengkulu’, Jurnal Ilmiah KORPUS, 3(1), pp. 21–32. doi: 10.33369/jik.v3i1.7343.

Surjono Herman Dwi (2017) Multimedia Pembelajaran Interaktif: Konsep dan Pengembangan, UNY Press. Available at: https://www.researchgate.net/publication/332444168_Multimedia_Pembelajaran_Interaktif_Konsep_dan_Pengembangan/link/5cb5d017a6fdcc1d49985408/download.

Susandi (2018) ‘Pemutakhiran Pembelajaran Berbasis Paperless di Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia’, ALFABETA, 1(1), pp. 15–27. Available at: http://ejurnal.budiutomomalang.ac.id/index.php/alfabeta/article/view/203.

Wibawa, M. (2014) ‘Analisis Kualitas Desain Sampul Buku Sekolah Elektronik (BSE) Mata Pelajaran Seni Budaya’, Philpaper. Available at: https://philpapers.org/rec/WIBAKD.

Zabir, A. (2018) ‘Pengaruh Pemanfaatan Teknologi Pembelajaran Terhadap Motivasi Belajar Siswa SMPN 1 Lanrisang Kabupaten Pinrang’, Jurnal Azhari, 1(1), pp. 1–10. Available at: http://eprints.unm.ac.id/9823/1/Jurnal azhari.pdf




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/ag.v3i2.5775

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

____________________________________________________________________________________

Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM)

Universitas Galuh

Jl. Arya Janggala No. 11 Ciamis 46274

Telepon: (0265) 775295, Fax: (0265) 776787

Email: abdimasgaluh@gmail.com

 

Abdimas Galuh: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat is licensed under a Creative Commons Atribution ShareAlike 4.0 Internasional License

____________________________________________________________________________

Abdimas Galuh: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat diindeks oleh: