MAKSIMALISASI PELAYANAN PRIMA MELALUI PELATIHAN BAHASA ASING PRAKTIS BAGI SERIKAT PEKERJA PARIWISATA BOROBUDUR DI DESA KAJORAN MAGELANG

Emik Rahayu, Sri Oemiati, Rahmanti Asmarani

Abstract


 Pengabdian kepada masyarakat dengan judul “Maksimalisasi Pelayanan Prima Melalui Pelatihan Bahasa Asing Praktis Bagi Serikat Pekerja Pariwisata Borobudur di Desa Kajoran Magelang” ini mengambil khalayak sasaran anggota serikat pekerja pariwisata Borobudur Magelang yang berusaha untuk mengembangkan dan menghidupkan kembali geliat pariwisata setelah masa pandemi covid 19. Metode yang digunakan dalam kegiatan ini adalah metode latihan atau drill yaitu suatu metode penyampaian materi pelatihan atau informasi melalui bentuk latihan-latihan. Adapun hasil dari kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini berupa berupa peningkatan pengetahuan dan kemampuan para peserta pelatihan dalam hal pelayanan prima terhadap para wisatawan asing yang menginap serta meningkatnya kemampuan berbahasa Inggris dan Jepang dasar yang sering dipergunakan dalam melayani wisatawan asing.

Keywords


pelayanan prima, Bahasa asing, serikat pekerja, pariwisata

References


I Ketut Suwena & I Gusti Ngurah Widyatmaja, 2017. Pengetahuan Dasar Ilmu Pariwisata. Pustaka Larasan, Denpasar.

Moelong, Lexy J. 2013.Metodologi Penelitian Kualitatif.Bandung: PT. Remaja Rosdakarya

Muhadjir, Noeng. 1998. Metodologi Penelitian Kualitatif Yogyakarta : Rake Sarasih.

Novianty Djafri, 2018. Manajemen Pelayanan (Berbasis Revolusi Mental). Ideas Publishing. Gorontalo.

Partono, 2002. Industri Pariwisata. Pandeglang.

Pendit. Nyoman S. 1994. Ilmu Pariwisata Sebuah Pengantar Perdana. Jakarta: PT. Pradnya Paramita.

___________.2011. Metode Penelitian Kualitatif dan R&D. Bandung: Bumi Aksara.

Sutopo, HB. 2002. Metodologi Penelitian Kualitatif: Dasar Teori dan Terapannya dalam Penelitian. Surakarta : UNS Press.

Surachmad, Winarno. 1990. Dasar dan Teknik Research: Pengantar dan Metodologi Ilmiah. Bandung : Sinar Harapan.

Yoeti, Oka A. 2002.Perencanaan Strategi Pemasaran Daerah Tujuan Wisata. Jakarta: PT. Pradnya Paramita.

https://fkipuniska.ac.id/macam-macam-metode-pembelajaran-pengertian-jenis-dan-contohnya/

https://profudin.id/pengabdian-kepada-masyarakat-dengan-pendekatan-par-abcd-dan-cbpr/

https://www.ruangpns.com/unsur-unsur-pelayanan-prima/




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/ag.v4i2.7283

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

____________________________________________________________________________________

Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM)

Universitas Galuh

Jl. Arya Janggala No. 11 Ciamis 46274

Telepon: (0265) 775295, Fax: (0265) 776787

Email: abdimasgaluh@gmail.com

 

Abdimas Galuh: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat is licensed under a Creative Commons Atribution ShareAlike 4.0 Internasional License

____________________________________________________________________________

Abdimas Galuh: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat diindeks oleh: