PELATIHAN PEMANFAATAN POTENSI SITUS LERENG PENANGGUNGAN SEBAGAI SUMBER BELAJAR BERBASIS LINGKUNGAN UNTUK SMA NEGERI 2 KOTA MOJOKERTO
Abstract
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Al-tabany, T. I. (2014). Model Pembelajaran Inovatif, Progresif, dan Kontekstual. Surabaya: Prenadamedia Group.
Arga, H. S. P., Rahayu, G. D. S., Altaftazani, D. H., & Pratama, D. F. (2019). Sumber Belajar IPS Berbasis Lingkungan. UPI Sumedang Press.
Arsyad, A. (2002). Media pembelajaran, edisi 1. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada, 36.
Daryanto. (2010). Media Pembelajaran. Gava Media.
Hariyono, H. (2017). Sejarah lokal: Mengenal yang dekat, memperluas wawasan. Sejarah Dan Budaya: Jurnal Sejarah, Budaya, Dan Pengajarannya, 11(2), 160–166.
Kochar, S. K. (2008). Pembelajaran Sejarah (terjemahan). Jakarta: PT Grasindo.
Pajriah, S., Suryana, A., & Ratih, D. (2021). Sosialisasi Pentingnya Potensi Wisata Budaya Di Desa Gegempalan Kecamatan Cikoneng Kabupaten Ciamis. Abdimas Galuh, 3(1), 91–101.
Ratih, D., Kusmayadi, Y., & Sondarika, W. (2022). Sosialisasi Green Behavior Melalui Nilai-Nilai Kearifan Lokal Hutan Lindung Terhadap Masyarakat Di Lingkungan Situs Astana Gede Kawali. Abdimas Galuh, 4(1), 61–76.
Romadi, R., & Kurniawan, G. F. (2017). Pembelajaran Sejarah Lokal Berbasis Folklore Untuk Menanamkan Nilai Kearifan Lokal Kepada Siswa. Sejarah Dan Budaya: Jurnal Sejarah, Budaya, Dan Pengajarannya, 11(1), 79–94.
Semiawan, C. R. (2010). Metode penelitian kualitatif. Grasindo.
Sugiyono. (2008). Metode penelitian pendidikan:(pendekatan kuantitatif, kualitatif dan R & D). Alfabeta.
Sulistyo, W. D., & Dewanti, M. A. (2021). “Sumberawan water site”: History, sustainable preservation and use as a learning source. Development, Social Change and Environmental Sustainability: Proceedings of the International Conference on Contemporary Sociology and Educational Transformation (ICCSET 2020), Malang, Indonesia, 23 September 2020, 34.
Sulistyo, W. D., Khakim, M. N. L., & Kurniawan, B. (2020). Learning experience from learning sources: Exploiting geographic and historical potential of guerrilla sites in Wonokarto Pacitan as a source of historical learning. IOP Conference Series: Earth and Environmental Science, 485(1), 012109.
Tejokusumo, B. (2014). Dinamika masyarakat sebagai sumber belajar ilmu pengetahuan sosial. Geo Edukasi, 3(1).
Warto, W. (2017). Tantangan Penulisan Sejarah Lokal. Sejarah Dan Budaya: Jurnal Sejarah, Budaya, Dan Pengajarannya, 11(1), 123–129.
Widja, I. G. (2018). Pembelajaran Sejarah Yang Mencerdaskan Suatu Alternatif Menghadapi Tantangan dan Tuntutan Jaman yang Berubah. Jurnal Pendidikan Sejarah Indonesia, 1(2), 117–134.
DOI: http://dx.doi.org/10.25157/ag.v4i2.7540
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
____________________________________________________________________________________
Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM)
Universitas Galuh
Jl. Arya Janggala No. 11 Ciamis 46274
Telepon: (0265) 775295, Fax: (0265) 776787
Email: abdimasgaluh@gmail.com
Abdimas Galuh: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat is licensed under a Creative Commons Atribution ShareAlike 4.0 Internasional License
____________________________________________________________________________
Abdimas Galuh: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat diindeks oleh: