PELATIHAN TARI KREATIF MENGGUNAKAN PROPERTI TARI SEBAGAI MEDIA EKSPLORASI GURU PAUD DI KECAMATAN PLUMBON KABUPATEN CIREBON

Ayu Vinlandari Wahyudi, Lutfatulatifah Lutfatulatifah, Yunita Dwi Jayanti, Asep Mulyana

Abstract


Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan pelatihan tari kepada para guru Pendidikan Anak Usia Dini di Kecamatan Plumbon guna meningkatkan kompetensi guru Pendidikan Anak Usia Dini mengenai gerak tari. Pelatihan tari kreatif tersebut dilakukan dengan menggunakan media bantu yakni properti tari. Hal tersebut bertujuan untuk mengembangkan tingkat eksplorasi dan menambah pembendahraan gerak guru Pendidikan Anak Usia Dini terhadap ragam gerak tari serta agar mereka mampu membangkitkan gairah seni kepada anak-anak usia dini. Permasalahan pembelajaran seni yang dihadapi oleh guru Pendidikan Anak Usia Dini dalam proses pembelajaran adalah minimnya tingkat pengetahuan tentang tari. Kegiatan ini menggunakan pendekatan parcipatory action research (PAR) di mana peneliti menjadi pelatih untuk guru-guru Pendidikan Anak Usia Dini di Pusat Kegiatan Gugus Kecamatan Plumbon Kabupaten Cirebon. Adapun metode yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Tahapan dalam pelatihan tari kreatif ini terdiri atas proses apresiasi, eksplorasi, dan demonstrasi. Setelah diberikannya pelatihan tari kreatif dengan menggunakan properti tari, terlihat bahwa guru-guru Pendidikan Anak Usia Dini lebih menguasai teknik gerak tari dan juga dapat menambah berbagai macam ragam gerak tari

Keywords


Pengabdian, Masyarakat

References


Christiani, Y., & Wahida, A. (2021). Terapi Seni di Masa Pandemi Corona Virus Disease-19. 19, 106–116.

Gunawan, I., Sauri, S., & Ganeswara, G. M. (2019). Internalisasi Nilai Moral melalui Keteladanan Guru pada Proses Pembelajaran di Ruang Kelas. Sosio Religi:, 18(1), 1–7.

Gunawan, I., & Wahyudi, A. V. (2020). Fungsi Filsafat Pancasila dalam Ilmu Pendidikan di Indonesia. Tatar Pasundan: Jurnal Diklat Keagamaan, 14(2).

Hartono. (2010). Pemanfaatan Media dalam Pembelajaran Tari di Taman Kanak-kanak. Harmonia - Journal of Arts Research and Education, 10(1).

Ismayanti, N. F. (2013a). Penggunaan Properti Tari Sebagai Stimulus Untuk Meningkatkan Kreativitas Gerak Tari Pada Siswa Kelas V di Sdn 1 Curug Agung Padalarang Kabupaten Bandung. Universitas Pendidikan Indonesia.

Ismayanti, N. F. (2013b). Properti Sebagai Media Stimulus Untuk Meningkatkan Kreativitas Siswa. Ringkang, 1(3). https://ejournal.upi.edu/index.php/RINK_TARI_UPI/article/view/420

Jayanti, Y. D. (2020). Tari Kreatif Meningkatkan Kecerdasan Interpersonal Siswa. Equalita: Jurnal Studi Gender Dan Anak, 2(2), 227. https://doi.org/10.24235/equalita.v2i2.7433

Latifa, N. L. (2020). Peningkatan Kreativitas Gerak Melalui Kegiatan Tari Berbasis Cerita (Tarita) Pada Anak Usia 4-6 Tahun Di TK Aisiyah Campakoah Kecamatan Mrebet Kabupaten Purbalingga. In Universitas Negeri Semarang (Vol. 21, Issue 1). Universitas Negeri Semarang.

Lutfatulatifah, L., & Yuliyanto, S. W. (2017). Persepsi Guru tentang Membaca, Menulis, dan Berhitung pada Anak Usia Dini. Golden Age: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(1), 77–81. https://doi.org/10.29313/ga.v1i1.2766

Mulyasa. (2009). Standar Kompetensi dan Sertifikasi Guru. Remaja Rosdakarya.

Novitasari, D., & Fitria, N. (2021). Gambaran Kompetensi Profesional Guru Paud Mangga Paninggilan Ciledug. Jurnal Anak Usia Dini Holistik Integratif (AUDHI), 3(2), 67. https://doi.org/10.36722/jaudhi.v3i2.595

Nur Safitria Suryadi, M., & Giyartini, R. (2018). Penerapan Model Direct Instruction untuk Meningkatkan Keterampilan Motorik Siswa dalam Pembelajaran Seni Tari di Sekolah Dasar. Pedadidaktika: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 5(3), 242–257. http://ejournal.upi.edu/index.php/pedadidaktika/index

Nuriana, E., & Setyo, Y. (2020). Pendidikan Seni Tari Anak Usia Dini Melalui Creative Dance di RA Perwanida Ringinanom Blitar. Juni, 4(2). https://doi.org/10.33222/pelitapaud.v4i1.974

Setiawan, A. (2014). Strategi Pembelajaran Tari Anak Usia Dini. Jurnal Pedagogi, 1(1), 1–16.

Suandani, I. (2014). Project Based Learning dalam Pembelajaran Seni Tari untuk Mengembangkan Kreativitas Siswa Kelas X SMAN 1 Kota Sukabumi. Universitas Pendidikan Indonesia.

Sundari, R. S. (2016). Pengembangan Kepribadian dalam Pembelajaran Seni Tari di Sekolah. Imajinasi, X(1), 61–66. https://journal.unnes.ac.id/nju/index.php/imajinasi/article/view/8817/5780

Vinlandari Wahyudi, A., & Gunawan, I. (2020). Pembelajaran Tari Kreatif di RA Nurul Huda Kota Bandung. Golden Age: Jurnal Ilmiah Tumbuh Kembang Anak Usia Dini, 5(4), 167–178. https://doi.org/10.14421/jga.2020.54-04

Wena, M. (2009). Strategi Pembelajaran Inovatif Kontemporer. Bumi Aksara.

Wulandari, H. (2016). Kajian Tentang Motivasi Belajar Seni Tari Melalui Kegiatan Apresiasi Seni pada Mahasiswa PGSD. Metodik Didaktik: Jurnal Pendidikan Ke SD An, 10(2).




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/ag.v4i2.7661

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

____________________________________________________________________________________

Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM)

Universitas Galuh

Jl. Arya Janggala No. 11 Ciamis 46274

Telepon: (0265) 775295, Fax: (0265) 776787

Email: abdimasgaluh@gmail.com

 

Abdimas Galuh: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat is licensed under a Creative Commons Atribution ShareAlike 4.0 Internasional License

____________________________________________________________________________

Abdimas Galuh: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat diindeks oleh: