PENATAAN OBJEK WISATA CURUG KEMBAR BINUANG DI DESA RAKSABAYA KECAMATAN CIMARAGAS KABUPATEN CIAMIS

Lina Marliani, Eet Saeful Hidayat, Yanti Defiana

Abstract


Pariwisata desa mampu memunculkan banyak implikasi baik terrhadap ekonomi, sosial dan budaya.  Harapan itu dapat tewujud jika didukung oleh ide kreatif, kerja keras dan loyalitas untuk mengembangkan potensi wisata yang dimiliki oleh desa. Strategi yang tepat akan menentukan bagaimana peran pengelola dan pemerintah desa sehingga kedua pihak mampu berperan secara optimal dan sinergis. Keberhasilan pariwisata desa sangat bergantung kepada peranan pengelola dan dukungan pemerintah serta masyarakat. Ketiganya harus mampu menciptakan sinergi untuk mencapai dampak secara optimal. Sumber daya pariwisata merupakan faktor kunci yang sangat penting dalam keberhasilan pengelolaan wisata. Daya dukungnya dalam proses pembangunan desa berbasis pariwisata, maka pemerintah desa membuka jalan akselerasi pembangunan wilayah, khususnya di Desa Raksabaya Kecamatan Cimaragas Kabupaten Ciamis. Namun dalam pelaksanaan ditemui kendala atau hambatan sehingga rencana tidak bisa dilaksanakan dengan baik, dan hasil yang kurang sesuai dengan harapan. Hal ini pula yang terjadi dalam pengelolaan objek wisata Curug Kembar Binuang di Desa Raksabaya Kecamatan Cimaragas Kabupaten Ciamis yang belum optimal. Berangkat dari kondisi seperti itu, maka yang menjadi tujuan pengabdian ini adalah ingin melaksanakan pendampingan penataan obyek wisata, dalam mewujudkan kesejahteraan masyarakat melalui pemanfaatan potensi lokal desa yang menjadi produk nyata yang memiliki nilai  dan daya saing desa. Pelaksanaan pengabdian dimulai dengan melakukan observasi guna mengetahui permasalahan serta faktor-faktor penyebabnya, selanjutnya memberikan solusi terhadap masalah yang dihadapi melalui pelaksanaan diskusi dan komunikasi dengan berbagai pihak terkait, melaksanakan kegiatan penataan obyek wisata yang melibatkan semua unsur pemerintah desa dan masyarakat.

References


Siagian, Sondang P. (2012). Administrasi Pembangunan. Konsep, Dimensi dan Strateginya. Bumi Aksara. Jakarta.

Suharto, Edi. (2014). Membangun Masyarakat, Memberdayakan Rakyat. PT Refika Aditama: Bandung.

Sumodiningrat, Gunawan & Ari Wulandari. (2016). Membangun Indonesia dari Desa. PT Buku Seru : Jakarta.

Soleh, Chabib. (2014). Dialektika Pembangunan dengan Pemberdayaan. FokusMedia. Bandung.

Theresia, Aprilia, Krisnha Andini, Prima G.P Nugraha, Totok Mardikanto. (2015). Pembangunan berbasis Masyarakat. Alfabeta : Bandung.




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/ag.v4i2.7663

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

____________________________________________________________________________________

Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM)

Universitas Galuh

Jl. Arya Janggala No. 11 Ciamis 46274

Telepon: (0265) 775295, Fax: (0265) 776787

Email: abdimasgaluh@gmail.com

 

Abdimas Galuh: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat is licensed under a Creative Commons Atribution ShareAlike 4.0 Internasional License

____________________________________________________________________________

Abdimas Galuh: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat diindeks oleh: