PELATIHAN PENYUSUNAN SOAL MATEMATIKA REALISTIK BERBASIS BUDAYA CIAMIS PADA CALON GURU MATEMATIKA

Yoni Sunaryo, Ida Nuraida

Abstract


Selama ini matematika sering dianggap sebagai ilmu yang abstrak dan berdiri sendiri padahal terdapat istilah yang menyetakan bahwa matematika adalah ratu dan pelayan ilmu. Hal ini menunjukkan betapa pentingnya matematika baik bagi ilmu lain selain matematika maupun dalam kehidupan nyata. Persepsi mengenai matematika sebagai ilmu yang abstrak dan tidak berkaitan dengan kehidupan sehari-hari dapat diminimalisir dengan cara memperkenalkan kepada siswa soal-soal matematika yang realistic. Soal-soal matematika yang realistic akan lebih bermakna jika dikaitkan dengan kebudayaan daerah setempat. Siswa dapat mengenal dan mengetahui kebudayaan-kebudayaan yang ada di wilayahnya. Hal ini dapat menumbuhkna kecintaan siswa pada warisan leluhur berupa kebudayaan yang ada di sekitarnya. Metode yang dilakukan pada pengabdian ini adalah metode pelatihan dan pendampingan. Pelatihan dan pendampingan berfokus pada penyusunan soal-soal matematika realistik dengan berbasis pada budaya yang ada di Ciamis. Kegiatan ini dilakukan secara daring. Hasil dari kegiatan ini yaitu: 1)meningkatnya pemahaman secara optimal tentang cara penyusunan soal matematika yang realistic dengan berbasis budaya kagaluhan sebesar 23%; 2)meningkatnya kemampuan menyusun soal-soal matematika yang realistic dengan berbasis budaya kagaluhan sebesar 26%; 3)meningkatnya pengetahuan mengenai ragam budaya yang ada di Ciamis sebesar 20%; 4) meningkatnya rasa cinta pada kebudayaan local khsusnya yang ada di Ciamis sebesar 13%; 5)tumbuh keinginan untuk berwirausaha dengan peningkatan keinginan sebesar 34%; 6)memiliki gambaran jika akan berwirausaha kelak akan melakukan wirausaha dalam bidang apa peningkatan gambaran tersebut sebesar 30%. Kesimpulan dari kegiatan ini adalah kegiatan yang dilaksankan memberikan dampak positif kepada mahasiswa dalam penyusunan soal-soal matematika realistik dengan berbasis budaya yang ada di Ciamis dan minat berwirausaha.

References


Ernawam, D. (2017). Pengaruh Globalisasi terhadap Eksistensi Kebudayaan Daerah di Indonesia. Jurnal Kajian Lemhannas RI, 32(1), 1–54. Jurnal.lemhannas.go.id

Kamarullah. (2017). Pendidikan Matematika di Sekolah Kita. Al Khawarizmi, 1(1), 21-32. file:///C:/Users/Acer/Downloads/1729-3439-1-PB.pdf

Masamah, U. (2018). Pengembangan Pembelajaran Matematika Dengan Pendekatan Etnomatematika Berbasis Budaya Lokal Kudus. Jurnal Pendidikan Matematika, 1(2), 123-144.




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/ag.v4i2.8144

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

____________________________________________________________________________________

Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM)

Universitas Galuh

Jl. Arya Janggala No. 11 Ciamis 46274

Telepon: (0265) 775295, Fax: (0265) 776787

Email: abdimasgaluh@gmail.com

 

Abdimas Galuh: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat is licensed under a Creative Commons Atribution ShareAlike 4.0 Internasional License

____________________________________________________________________________

Abdimas Galuh: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat diindeks oleh: