PENINGKATAN NILAI EKONOMI PRODUK PEKARANGAN MELALUI TEKNOLOGI PENGEMASAN DI DESA SUKAJADI KECAMATAN SADANANYA

Tiktiek Kurniawati, Ivan Sayid Nurahman, Ane Novianty

Abstract


Pengabdian dilakukan pada Kelompok Wanita Tani (KWT) Melati II Desa Sukajadi Kecamatan Sadananya Kabupaten Ciamis. Tujuan kegiatan ini untuk: 1) untuk memberikan pengetahuan dan kemampuan petani di Kelompok Wanita Tani Melati II Desa Sukajadi Kecamatan Sadananya Kabupaten Ciamis dan 2) Penyampaian informasi berupa penyuluhan teknologi pengemasan dengan metode food wrapping disertai dengan demonstrasi kepada para anggota KWT. Kegiatan pengabdian ini di ikuti oleh seluruh anggota KWT Melati II sebanyak 25 orang. Tim Pengabdian ini di desain untuk memberikan pengetahuan dan kemampuan petani di Kelompok Wanita Tani Melati II Desa Sukajadi Kecamatan Sadananya Kabupaten Ciamis yang dikemas dalam bentuk penyuluhan, demonstrasi, dan pelatihan pengemasan produk pekarangan menggunakan metode food wrapping. Hasil dari kegiatan penyuluhan menunjukkan : 1) Respon peserta terhadap kegiatan penyuluhan cukup baik dan antusias, 2) Para Peserta yang berpartisipasi dalam kegiatan penyuluhan mulai menerapkan rekomendasi teknologi melalui metode food wrapping terhadap hasil pertanian yaitu berupa sayuran yang dihasikannya.  

Keywords


Peningkatan Nilai Eknomii, Produk Pekarangan, Teknologi Pengemasan

References


Ati, K dan Solikhah, U. 2015. Peningkatan Pendapatan Keluarga Melalui Pemanfaatan Pekarangan Rumah dengan Menggunakan Teknik Vertikultur. Jurnal Inovasi dan Kewirausahaan, 4(2):94-101.

Badan Litbang Pertanian. 2012. Pedoman Umum Model Kawasan Rumah Pangan Lestari.

Jakarta: Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian.

Ferdous, Z. 2016. Development of Home Garden Model for Year Round Production and Consumption for Improving Resource-poor Household Food Security in Bangladesh. Wagening Journal of Life Sciences, 78: 103:110.

Mohamad, H dan Mirajuddin, M. 2013. Pendampingan Pembuatan Media Vertikultur untuk Penanaman Tumbuhan Obat dalam Pemaksimalan Pekarangan Rumah. Jurnal Inovasi dan Kewirausahaan, 2(2):82-87.

Mohri, H. 2013. Assessment of Ecosystem Services in Homegarden System in Indonesia, Sri Lanka, and Vietnam. Ecosystem Services, 5: 124-136.

Purwanto, A.E. 2015. Implementasi Kebijakan Publik, Konsep dan Aplikasinya di Indonesia. Yogyakarta: Gava Media.

Putri, N.P.A., Aini, N dan Heddy, Y.B.S. 2015. Evaluasi Keberlanjutan Kawasan Rumah Pangan Lestari (KRPL) di Desa Girimoyo, Kecamatan Karangploso. Jurnal Produksi Tanaman, 3(4)L 1-4.

Siti, N.R.I dan Sarwadi, A. 2015. Lanskap Pekarangan Produktif di Permukiman Perkotaan dalam Mewujudkan Lingkungan Binaan Berkelanjutan. Prosiding Seminar Nasional Sains dan Teknologi Fakultas Teknik Universitas Muhammadiyah Jakarta: 1-11.

Suharto, E. 2005. Membangun Masyarakat Memberdayakan Rakyat, Kajian Strategi Pembangunan Kesejahteraan Sosial dan Pekerjaan Sosial. Bandung: PT Refika Aditama.




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/ag.v4i2.8346

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

____________________________________________________________________________________

Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM)

Universitas Galuh

Jl. Arya Janggala No. 11 Ciamis 46274

Telepon: (0265) 775295, Fax: (0265) 776787

Email: abdimasgaluh@gmail.com

 

Abdimas Galuh: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat is licensed under a Creative Commons Atribution ShareAlike 4.0 Internasional License

____________________________________________________________________________

Abdimas Galuh: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat diindeks oleh: