UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN LITERASI DAN NUMERASI SISWA SD NEGERI 3 MELINGGIH MELALUI PROGRAM KAMPUS MENGAJAR ANGKATAN 3

I Gusti Ayu Mahatma Agung, Ni Komang Safitri, Ni Wayan Riska Guntari, Ni Nyoman Prashanti Kusuma Dewi, Ni Wayan Ayu Kesumawati, Ni Kadek Indah Oktarini

Abstract


Pembelajaran jarak jauh yang diterapkan selama masa pandemi Covid-19 telah menimbulkan berbagai kendala pada sektor pendidikan di Indonesia. Salah satu kendala yang muncul dari penerapan metode pembelajaran jarak jauh adalah terjadinya learning loss pada siswa. Siswa pada jenjang sekolah dasar merupakan kelompok yang paling rentan mengalami learning loss karena masih memerlukan pendampingan dari guru serta orang tua dalam proses belajar. Permasalahan yang muncul di sektor pendidikan telah mendapat perhatian besar dari pemerintah. Oleh karena itu, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi meluncurkan program Kampus Mengajar sebagai bentuk solusi terhadap masalah yang dialami sekolah-sekolah yang terdampak pandemi. Program Kampus Mengajar Angkatan 3 ini dilaksanakan di SD Negeri 3 Melinggih selama delapan belas minggu. Tujuan kegiatan ini adalah meningkatkan kemampuan literasi dan numerasi siswa, memberi bantuan adaptasi teknologi, dan membantu sekolah dalam bidang administrasi. Pelaksanaan program Kampus Mengajar angkatan 3 di SD Negeri 3 Melinggih memberikan banyak manfaat bagi pihak sekolah. Kemampuan literasi dan numerasi siswa mengalami peningkatan. Siswa menjadi lebih lancar membaca dan mampu menyimpulkan isi dari suatu bacaan. Selain itu, siswa mampu menghafal perkalian dengan baik. Bantuan adaptasi teknologi diberikan melalui pelatihan aplikasi Powtoon bagi para guru. Melalui pelatihan tersebut, para guru dapat membuat media pembelajaran yang menarik bagi siswa. Dalam bidang administrasi, mahasiswa membantu administrasi perpustakaan dan pembaruan data administrasi sekolah. Pihak sekolah merasa sangat terbantu dengan adanya program ini.

Keywords


Literasi, Numerasi, Kampus Mengajar

References


Agung, I. G. A. M. (2022). Pendampingan Program Kampus Mengajar Angkatan 2 di SD Dynata Denpasar Provinsi Bali. Jurnal Abdi Insani, 9(1), 150–159. https://doi.org/10.29303/abdiinsani.v9i1.518

Cerelia, J. J., Sitepu, A. A., N, F. A. L., Pratiwi, I. R., Almadevi, M., Farras, M. N., Azzahra, T. S., & Toharudin, T. (2021). Learning Loss Akibat Pembelajaran Jarak Jauh Selama Pandemi Covid-19 di Indonesia. Seminar NASIONAL Statistika X, 1–14. http://semnas.statistics.unpad.ac.id/wp-content/uploads/erf_uploads/2021/11/Learning-Loss-Akibat-Pembelajaran-Jarak-Jauh-Selama-Pandemi-Covid-19-di-Indonesia.pdf

Donnelly, R., & Patrinos, H. A. (2021). Learning loss during Covid-19: An early systematic review. Prospects: Comparative Journal of Curriculum, Learning, and Assessment, 51(1–3). https://doi.org/10.1007/s11125-021-09582-6

Fauziah, S. L. (2022). Pendampingan Belajar pada Bidang Literasi dan Numerasi Siswa Sekolah Dasar di Masa Transisi. Jurnal Basicedu, 6(2), 2606–2615. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i2.2422

Friantini, R. N., Winata, R., Lase, V. M., Miranda, L. L., Kristina, K., & Rosa, R. (2021). Penguatan Numerasi Anak Tahap Awal Sekolah di Dusun Ugan Hilir Desa Nyiin. JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri), 5(5), 2231–2245. https://doi.org/https://doi.org/10.31764/jmm.v5i5.5390

Handayani, S. L., Khairil, K., & Kusmajid, K. (2021). Peningkatan Pembelajaran di Sekolah Dasar Melalui Pengabdian Masyarakat Berbasis Literasi Pada Era Pandemi Covid-19. International Journal of Public Devotion, 4(1), 1–8. https://doi.org/10.26737/ijpd.v4i1.2238

Khan, M. J., & Ahmed, J. (2021). Child education in the time of pandemic: Learning loss and dropout. Children and Youth Services Review, 127(1), 1–10. https://doi.org/10.1016/j.childyouth.2021.106065

Khotimah, S. H., & Risan, R. (2019). Pengaruh Penggunaan Alat Peraga Terhadap Hasil Belajar Matematika Pada Materi Bangun Ruang. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 3(1), 48–55. https://doi.org/10.23887/jppp.v3i1.17108

Muliantara, I. K., & Suarni, N. K. (2022). Strategi Menguatkan Literasi dan Numerasi untuk Mendukung Merdeka Belajar di Sekolah Dasar. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(3), 4847–4855. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i3.2847

Mulyati, E., Elisabeth, C. R., & Fauzan, M. N. (2021). Pendampingan Sekolah Dasar Negeri 2 Hegarmanah melalui Program Kampus Mengajar di Kabupaten Garut Jawa Barat. Jurnal Merpati: Media Publikasi Pengabdian Kepada Masyarakat Politeknik Pos Indonesia, 3(1), 27–38. https://ejurnal.poltekpos.ac.id/index.php/merpati/article/view/1520/846

Saputro, K. A., Sari, C. K., & Winarsi, S. (2021). Pemanfaatan Alat Peraga Benda Konkret untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Matematika di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(4), 1735–1742. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i4.992

Saragih, R. B., & Agustriani, H. E. (2022). Pelaksanaan Program Kampus Mengajar Angkatan 2 di SD Swasta IT Zia Salsabila. Abdi Dosen: Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 6(2), 318–328. http://pkm.uika-bogor.ac.id/index.php/ABDIDOS/article/view/1175/925

Sukmanasa, E., Novita, L., & Maesya, A. (2020). Pelatihan dan Pendampingan Pembuatan Media Pembelajaran Powtoon pada Guru-Guru di Lingkungan Gugus I Bogor Tengah Kota Bogor. Jurnal PKM: Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(3), 231–241. https://doi.org/10.30998/jurnalpkm.v3i3.6415

Suwardi, S., Firmiana, M. E., & Rohayati, R. (2014). Pengaruh Penggunaan Alat Peraga terhadap Hasil Pembelajaran Matematika pada Anak Usia Dini. Jurnal Al-Azhar Indonesia Seri Humaniora, 2(4), 297–305. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.36722/sh.v2i4.177




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/ag.v4i2.8445

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

____________________________________________________________________________________

Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM)

Universitas Galuh

Jl. Arya Janggala No. 11 Ciamis 46274

Telepon: (0265) 775295, Fax: (0265) 776787

Email: abdimasgaluh@gmail.com

 

Abdimas Galuh: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat is licensed under a Creative Commons Atribution ShareAlike 4.0 Internasional License

____________________________________________________________________________

Abdimas Galuh: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat diindeks oleh: