EDUKASI TATA KELOLA KEUANGAN DALAM MEWUJUDKAN KESEJAHTERAAN KEUANGAN (FINANCIAL WELFARE) DI BPN PROVINSI BALI

Ni Made Ayu Trisnayanti Kusuma, Kadek Devi Kalfika Anggria Wardani, Anak Agung Ngurah Eddy Supriyadinata Gorda

Abstract


Salah satu aspek yang ingin dicapai Badan Pertanahan Nasional Provinsi Bali yakni kesejahteraan keuangan. Dalam mewujudkan kesejahteraan keuangan dapat berupa edukasi tata kelola keuangan dan  pemberdayaan terhadap pegawai BPN. Dimana pemerintah harus mampu melaksanakan amanat rakyat berupa penyediaan  informasi keuangan yang jujur dan terbuka kepada publik. Tujuan dari edukasi tata kelola keuangan adalah untuk mengetahui akuntabilitas, keterbukaan, dan pemberdayaan dalam mewujudkan kesejahteraan keuangan di Badan Pertanahan Nasional Provinsi Bali serta memberikan pelayanan publik yang baik. Setelah melakukan observasi dan perencanaan kegiatan, dilanjutkan dengan pemberian edukasi literasi keuangan berupa sosialisasi dan pemberian poster untuk meningkatkan kualitas pemberdayaan SDM dan pegawai BPN akan paham pentingnya melek finansial. Edukasi yang telah diberikan mampu bermanfaat dan diterima oleh berbagai pihak, sehingga dapat mewujudkan kesejahteraan keuangan baik di lingkungan internal maupun eksternal. Diharapkan edukasi ini dapat dilaksanakan secara berkala agar kepercayaan semakin meningkat.

Keywords


Akuntabilitas, Keterbukaan, Pemberdayaan, Tata Kelola Keuangan, dan Kesejahteraan Keuangan

References


Atik Atikah, R. R. K. (2020). Pengaruh Literasi Keuangan, Locus of Control, dan Financial Self Efficacy Terhadap Perilaku Manajemen Keuangan (Studi Pada PT. Panarub Industry Tangerang). Manajemen Bisnis, 10(2), 284–297.

Butarbutar, A. H., Lubis, M. Y., Kalo, S., & Sunarmi. (2022). Transparansi dan Akuntabilitas dalam Kebijakan Penentuan Tarif biaya Transportasi dan Akomodasi dalam Pendaftaran Panah Pertama Kali di Kantor Pertanahan Kabupaten Toba Samosir. Jurnal Konsep Ilmu Hukum, 2, No. 1, 254–269.

Chusanudin, A., & Ramadhan, Y. (2022). Peran Etika Sosial Terhadap Pencegahan Kecurangan Laporan Keuangan Dana Desa. Syntax Literate: Jurnal Ilmiah Indonesia, 7(5).

Deden Sopandi, Oemar, F., & Supeno, B. (2022). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Kualitas Laporan Keuangan Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa Kabupaten Rokan Hulu. Sains Akuntansi Dan Keuangan, 1, no: 1(1), 37–50. https://doi.org/10.55356/sak.v1i1.9

Fajarudin. (2021). Konsep Transparansi Dalam Pengelolaan Keuangan Daerah. In Seminar Nasional Teknologi Edukasi Sosial Dan Humaniora, 1(1), 662–671.

Ferizal, A., & Ikhbar, S. (2022). Pengaruh Gaya Kepemimpinan Transformasional Dan Penerapan Akuntansi Sektor Publik Terhadap Kinerja Pegawai Pada Kantor Pertanahan Kabupaten Aceh Besar. Serambi Konstruktivis, 4, No. 2, 64–73.

Hidayah, A. P. N., Purbawangsa, I. B. A., & Abundanti, N. (2021). Pengaruh Literasi Keuangan, Perencanaan Keuangan Dan Pendapatan Terhadap Kesejahteraan Keuangan Guru Perempuan Di Kota Denpasar. E-Jurnal Manajemen Universitas Udayana, 10(7), 672. https://doi.org/10.24843/ejmunud.2021.v10.i07.p03

Ivana, N. Y. N., & Kurniawan, B. (2022). Implementasi Kebijakan Keterbukaan Informasi Publik Di Dinas Penanaman Modal Dan Pelayanan Perizinan Terpadu Satu Pintu Kabupaten Lamongan. Publika, 10, no: 3, 995–1008.

Iznillah, M. L., Hasan, A., & Yesi Mutia. (2018). Analisis transparansi dan akuntabilitas pengelolaan keuangan desa di kecamatan bengkalis. Jurnal Akuntansi, 7(1), 29–41.

Kusuma, M., Narulitasari, D., & Nurohman, Y. A. (2022). Inklusi Keuangan Dan Literasi Keuangan Terhadap Kinerja Dan Keberlanjutan UMKM Disolo Raya. Among Makarti, 14(2), 62–76. https://doi.org/10.52353/ama.v14i2.210

Nahdliyah, A., & Izzah, L. (2022). Promosi Jabatan dan Rolling Jabatan/ Mutasi Dalam Pemberdayaan SDM di Ma Al Amiriyyah Blokagung Banyuwangi. Jurnal Manajemen Pendidikan Islam Darussalam (JMPID), 4, No. 1, 111–123.

Nasriani, Sudarmi, & Ma’ruf, A. (2021). Akuntabilitas Pelayanan Sertifikat Tanah Di Badan Pertahanan Nasional Kabupaten Gowa. 2, No. 2, 711–727.

Ningtyas, T. (2018). Kepercayaan Masyarakat (Citizen Trust) Di Badan Pertanahan Nasional (BPN) II Surabaya. Jurnal Ilmiah Manajemen Publik Dan Kebijakan Sosial, 2(1), 195–211. https://doi.org/10.25139/jmnegara.v2i1.1080

Paot, N. B. (2022). Kepercayaan Publik, Kualitas Pelayanan Fiskus Dan Sanksi Perpajakan Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Orang Pribadi (Studi Kasus Wajib Pajak Orang Pribadi Di Daerah Bantul). Jurnal Sosial Ekonomi Bisnis, 2(1), 27–37. https://doi.org/10.55587/jseb.v2i1.33

Riza Kurniawan, N. (2020). Faktor - Faktor Pengendalian Internal Terhadap Akuntabilitas Laporan Keuangan. Jurnal Literasi Akuntansi, 2, 15–23.




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/ag.v4i2.8640

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

____________________________________________________________________________________

Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM)

Universitas Galuh

Jl. Arya Janggala No. 11 Ciamis 46274

Telepon: (0265) 775295, Fax: (0265) 776787

Email: abdimasgaluh@gmail.com

 

Abdimas Galuh: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat is licensed under a Creative Commons Atribution ShareAlike 4.0 Internasional License

____________________________________________________________________________

Abdimas Galuh: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat diindeks oleh: