APLIKASI PELATIHAN PANGAN AMAN ONLINE (LALAPAN) KOTA DEPOK

Anita Hidayati, Bambang Warsuta, Asep Taufik Muharram, Mauldy Laya, Davi Rama Fadillah, Abdurojak Abdurojak, Airlangga Yudiatama

Abstract


Kondisi keamanan pangan di Indonesia harus diperhatikan lebih intens. Banyaknya Kejadian Luar Biasa (KLB) yang disebabkan keracunan pangan berasal dari pangan siap saji menjadi salah satu permasalahan yang dihadapi. Sebagai upaya mencegah terjadinya keracunan pangan tersebut, Kemenkes menerbitkan peraturan yang mengatur higiene sanitasi pangan pada Tempat Pengelolaan Pangan (TPP). TPP dalam hal ini catering/jasa boga, rumah makan restoran, dan depot air minum diwajibkan memiliki sertifikat laik Higiene Sanitasi Pangan (HSP) yang dikeluarkan oleh Dinas Kesehatan Kabupaten/Kota Setempat. Menjawab kebutuhan SDM yang bekerja ataupun penanggung jawab TPP untuk bisa mengikuti berbagai jenis pelatihan dan mendapatkan sertifikasi pelatihan pangan olahan, Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Depok memfasilitasi kebutuhan tersebut melalui pelatihan pangan aman online (Lalapan). Terdapat banyak kendala, seperti proses pendaftaran yang masih manual menyebabkan inefisiensi proses, kurangnya kontrol terhadap data, dan munculnya risiko terkait manajemen data. Melihat urgensi dari kondisi yang ada, Dinkes Kota Depok membutuhkan aplikasi yang dapat menjawab permasalahan tersebut. Kegiatan pengabdian masyarakat ini adalah membangun aplikasi untuk otomasi proses pendaftaran. Untuk menguji kesesuian aplikasi dengan kebutuhan, dilakukan User Acceptance Test (UAT) dengan melibatkan para pengguna. Aplikasi dan alat pendukung telah diserahterimakan ke Dinkes Kota Depok untuk diimplementasikan.

Keywords


Keamanan pangan, Aplikasi, TPP, Lalapan, Online

References


Kementerian Kesehatan, “Lebih dari 200 Penyakit dapat Menular melalui Makanan, keamanan Pangan Harus Diperhatikan,” Kementerian Kesehatan RI, 2018.

Pemerintah Kota Depok, “Webinar: LALAPAN DEPOK ( Kelas Pelatihan Pangan Aman Online Kota Depok),” 2022. https://www.youtube.com/watch?v=c0EbeS7yONA (accessed Apr. 29, 2022).

BPOM, “Peraturan Kepala Badan pengawas Obat dan Makanan Republik Indonesia Tentang Pedoman Pemberian Sertifikat Produksi Pangan Industri Rumah Tangga,” Badan Pengawas Obat dan Makanan. pp. 1–45, 2012.

Jurnal Jabar, “Menuju Depok Kota Pangan Aman,” 2022.

A. Hidayati, “Perancangan Dan Pembuatan Aplikasi Pendaftaran Mahasiswa Baru,” pp. 67–78. 2017.

A. T. Muharram, “The Analysis Knowledge Management System Of Electronic Government South Tangerang Based On Usability Evaluation Using SUMI (Software Usability Measurement Inventory),” Data Sci. J. Comput. Appl. Informatics, vol. 4, no. 1, pp. 47–58, 2020, doi: 10.32734/jocai.v4.i1-3203.

Ka.P3M, Rencana Strategis Penelitian Politeknik Negeri Jakarta 2020-2024, no. 021. 2020.




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/ag.v5i1.9418

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

____________________________________________________________________________________

Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM)

Universitas Galuh

Jl. Arya Janggala No. 11 Ciamis 46274

Telepon: (0265) 775295, Fax: (0265) 776787

Email: abdimasgaluh@gmail.com

 

Abdimas Galuh: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat is licensed under a Creative Commons Atribution ShareAlike 4.0 Internasional License

____________________________________________________________________________

Abdimas Galuh: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat diindeks oleh: