OPTIMALISASI PENINGKATAN PENGETAHUAN DAN KETERAMPILAN ANAK SEKOLAH DASAR TENTANG PERTOLONGAN PERTAMA PADA KECELAKAAN (P3K) BERBASIS MEDIA AUDIOVISUAL

Novi Enis Rosuliana, Sofia Februanti, Dini Mariani, Ai Cahyati

Abstract


Kesehatan pada anak merupakan prioritas utama untuk menjadi perhatian pemerintah, karena setiap anak berhak memperoleh pelayanan kesehatan dan jaminan sosial sesuai dengan kebutuhan fisik, mental, spiritual, dan sosial. Anak usia sekolah merupakan anak yang berusia 6-12 tahun, yang membutuhkan banyak proses pembelajaran dalam berinteraksi dengan teman sebaya, dan bekerja sama dalam sebuah kelompok dan memecahkan suatu konflik. Selain itu, anak adalah kelompok yang rentan mengalami kecelakaan yang menimbulkan cedera. Cedera pada anak merupakan masalah kesehatan global yang berkontribusi terhadap angka kematian. Ratusan dari ribuan anak meninggal setiap tahun karena cedera. Cedera yang banyak terjadi pada anak adalah luka lecet, lebam/memar, dan luka bakar. Oleh karena itu, maka dilaksanakan pemberian pendidikan kesehatan pertolongan pertama pada kecelakaan (P3K) di SDN Babakan Kadu Kota Tasikmalaya yang diikuti oleh 30 siswa dari kelas 4, 5, dan 6. Metode yang dilakukan berupa pemberian materi tentang P3K disertai demonstrasi terkait penanganan cedera berupa perawatan luka lecet, perdarahan dan luka bakar dengan menggunakan media audiovisual. Evaluasi yang dilakukan menggunakan kuesioner dan lembar observasi untuk mengukur pengetahuan, dan keterampilan perawatan luka. Hasil evaluasi menunjukkan bahwa pemberian pendidikan kesehatan tentang P3K mampu meningkatkan pengetahuan dan keterampilan siswa yang ditunjukkan oleh hasil evaluasi, bahwa sekitar 90% siswa mampu menjawab pertanyaan dengan benar dan mampu mempraktikkan tindakan perawatan luka. Pengetahuan dan keterampilan siswa tentang P3K yang baik merupakan suatu upaya dalam meningkatkan keselamatan siswa dari kondisi cedera dan kegawatdaruratan. Pemberian pendidikan berkelanjutan yang dilakukan oleh sekolah serta keterlibatan pelayanan kesehatan sangat penting dilaksanakan sebagai upaya untuk meningkatkan keselamatan siswa.

Keywords


Anak, P3K, Sekolah Dasar

References


Dahliana, Hairunisyah, R., & . M. (2022). Peningkatan Pengetahuan Dan Keterampilan Kader Posyandu Dalam Memperbanyak Produksi Asi Melalui Teknik Swedish Massage. Jurnal Bagimu Negeri, 6(1), 29–37. https://doi.org/10.52657/bagimunegeri.v6i1.1721

Dung, P. T. T. (2021). The effects of audiovisual media on students’ listening skill. International Journal of TESOL & Education, 1(1), 13–21.

Hardianti, H., Tahir, M. R., & Kusyairy, U. (2020). Penerapan Metode Demonstrasi Dalam Meningkatkan Keterampilan Salat Pada Anak Usia Dini. NANAEKE: Indonesian Journal of Early Childhood Education, 3(2), 80. https://doi.org/10.24252/nananeke.v3i2.18116

Kaur, N., & Kaur, M. (2017). Health & Medical Informatics A Descriptive Study to Assess the Level of Knowledge Regarding the First Aid Management among School Teachers in Selected Schools of District Mohali , Punjab. 8(4), 8–11. https://doi.org/10.4172/2157-7420.1000288

Kemenkes RI. (2018). Hasil Utama Riskesdas 2018.

Panda, P. C., Panda, S. K., Karir, S., & Patra, A. (2019). Effectiveness of first-aid training on school children of urban area of Sambalpur District , Odisha. 8(10), 838–842. https://doi.org/10.5455/ijmsph.2019.0616824072019

Peden, M., & Oyegbite, K. (n.d.). World report on child injury prevention World report on child injury prevention.

Penelitian, B., & Pengembangan, D. A. N. (2013). RISET KESEHATAN DASAR.

Rohmani, Tukayo, I. J., Felle, Z. R., & Sahiddin, M. (2022). Pengaruh Pelatihan Pertolongan. 4(2).

Santhikrishna, C., & Rekha, P. (2018). First Aid Education for Safety of Students. Journal Of Humanities And Social Science, 23(7), 26–29. https://doi.org/10.9790/0837-2307052629

Saputra, W., Krisnana, I., Kurnia, iqlima dwi, & Kusumuanigrum, T. (2019). Metode Role play Meningkatkan Pengetahuan dan Tindakan Pertolongan. Pediamoternal Nursing Journal, 5(1).

Yurumez, Y., Yavuz, Y., Saglam, H., Koken, R., & Tunay, K. (2007). Evaluation of the Level of Knowledge of First Aid and Basic Life Support of the Educators Working in Preschools. Akademik Acil Tıp Dergisi, 1(3), 17–20. https://www.journalagent.com/atuder/pdfs/ATUDER_6_3_17_20.pdf.




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/ag.v5i1.9933

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

____________________________________________________________________________________

Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM)

Universitas Galuh

Jl. Arya Janggala No. 11 Ciamis 46274

Telepon: (0265) 775295, Fax: (0265) 776787

Email: abdimasgaluh@gmail.com

 

Abdimas Galuh: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat is licensed under a Creative Commons Atribution ShareAlike 4.0 Internasional License

____________________________________________________________________________

Abdimas Galuh: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat diindeks oleh: