Abstract
Kepemimpinan kepala sekolah dengan motivasi kerja, dan kinerja guru, ibarat dua sisi mata uang dalam rangka mencapai tujuan pendidikan di sekolah” Mulyasa (2006). Bertitik tolak daripokok persoalan di atas, Peneliti melakukan penelitian dengan memfokuskan pada tiga pertanyaan berikut: (1) bagaimana kepemimpinan sekolah berdasarkan karakter, perilaku, gaya, peran, dan fungsi?; (2) bagaimana motivasi kerja guru dilihat dari aspek prestasi, motivasi, dan kinerja guru?; dan (3) bagaimana aspek kinerja guru dilihat dari proses dan hasilnya? Setelah menempuh serangkaian kegiatan yang telah ditetapkan, akhirnya diperoleh hasil penelitian yang menggambarkan kondisi nyata dari kepemimpinan kepala sekolah, motivasi kerja, dan kinerja guru di SMPN 2 Ciamis serta dampaknya terhadap prestasi sekolah, untuk kemudian dianalisis secara komprehensif, yang hasilnya dapat diambil simpulan guna menjawab fokus masalah penelitian. Adapun simpulan dimaksud, sebagai berikut: 1. Kepemimpinan Kepala SMP Negeri 2 Ciamis Berdasarkan Karakter, Perilaku, Gaya, dan Peranan: Melalui survei lapangan, wawancara, observasi, dan berdasarkan domumentasi yang ada, diperoleh gambaran tentang karakter, perilaku, gaya, dan peranan kepemimpinan kepala SMP Negeri 2 Ciamis, yang bersangkutan terkategori sangat baik. 2. Motivasi Kerja Guru Dilihat dari Aspek Prestasi, Motivasi, dan Kerja Guru : Melalui survey, observasi lapangan serta berdasarkan dokumentasi yang diperoleh, dapat diketahui bahwa motivasi kerja para guru di SMP Negeri 2 Ciamis mayoritas sudah cukup baik. Tampak dari cara mempersiapkan segala sesuatunya untuk kepentingan kerja. Terlebih lagi jika dilihat dari motivasi berprestasi, bagi mereka hal ini sepertinya sudah menjadi bagian dari kebutuhan, walaupun tidak semua guru berprilaku seperti yang disebutkan. 3. Kinerja Guru Dilihat dari Aspek Proses dan Hasil : Hasil survei lapangan menunjukkan sebagian besar guru SMP Negeri 2 Ciamis, mayoritas, bahkan hampir semua dikategorikan berkinerja baik. Mereka berkinerja, berproses layaknya pekerjaan itu dikerjakan dengan segala kesungguhan hati atas dasar profesionalisme yang mereka pegang selaku tenaga pendidik, sehingga hasil kinerja secara keseluruhan berbuah tercapainya tujuan sekolah dan prestasi siswa , guru maupun kepala sekolah mencapai hasil yang memuaskan.Kata kunci : Kepemimpinan Kepala Sekolah, Motivasi Kerja dan Kinerja Guru, Prestasi.
References
Danim, Sudarwan. 2007. Kepemimpinan Transformasional. Jakarta: Rineka Cipta.
………………….1999. Efektivitas Kepemimpinan dan Motivasi. Jakarta: Rineka Cipta.
Kartono, Kartini. 1992. Pemimpin dan Kepemimpinan. Jakarta: Raya Grafindo Persada
Miftah Toha, 2003. Kepemimpinan dalam Manajemen, Jakarta: PT Raja Grafindo.
Mulyasa, E. 2005. Menjadi Kepala Sekolah Profesional. Bandung: Rosda.
…………2004. Menjadi Guru Profesional. Bandung: Rosda.
Owens, G. Robert. 1991. Organizational Behavior in Education. Manchaster. Ally and Bacon.
Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 16 Tahun 2007 tentang Standar Kualifikasi Akademik dan
Kompetensi Guru
Rohiat, 2007. Kecerdasan Emosional Kepemimpinan Kepala Sekolah. Bandung : Refika Aditama.
Sugiono, 2009. Metode Penelitian Pendidikan, Pendekatan Kuantitatif dan Kualitatif. R&D. Bandung: Alfabeta.
Wahjosumidjo. 1999. Kepemimpinan dalam Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.