HUBUNGAN KEMAMPUAN KREATIF, INOVATIF, DAN KEPUASAN KERJA GURU DENGAN PRODUKTIVITAS GURU (Studi pada MTs Se-KKM MTs Negeri Cijeungjing Kabupaten Ciamis)

Harnaeti Harnaeti

Abstract


Penelitian ini dilatarbelakangi oleh: (1) Kemampuan kreatif guru masih kurang, hal ini tampak dari cara guru menyampaikan materi pelajaran masih menggunakan materi-materi yang telah lalu; (2) Kemampuan inovatif guru masih kurang, hal ini tampak kurangnya inovasi yang dilakukan guru, sehingga sistem pembelajaran yang disajikan masih belum memberikan perubahan; (3) Produktivitas guru MTs di KKM MTs N Cijeungjing, Kabupaten Ciamis, jika di rata-ratakan masih jauh dari standar produktivitas. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah sebagai berikut: (1) Bagaimana hubungan kemampuan kreatif dengan produktivitas guru?; (2) Bagaimana hubungan kemampuan inovatif guru dengan produktivitas guru?; (3) Bagaimana hubungan kepuasan kerja guru dengan produktivitas guru?; dan (4) Bagaimana hubungan kemampuan kreatif, inovatif dengan kepuasan kerja guru dengan produktivitas guru?. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif kuantitatif. Adapun populasi dalam penelitian ini adalah keseluruhan guru MTs Negeri se-KKM MTs N Cijeungjing, Kabupaten Ciamis. Sedangkan banyaknya sampel dalam penelitian ini adalah 61orang responden.Berdasarkan hasil pengolahan data dengan masing-masing variabel disimpulkan sebagai berikut: 1) variabel kemampuan kreatif guru berdasarkan indikator guru memiliki citra diri dan stabilitas emosional yang baik, termasuk kategori tinggi. Demikian pula produktivitas guru juga termasuk kategori tinggi, sehingga kemampuan kreatif guru berhubungan positif terhadap produktivitas guru. Artinya semakin baik kemampuan kreatif guru, maka akan semakin baik produktivitas guru.2) variabel kemampuan inovatif guru berdasarkan indikator guru memotivasi siswa untuk melaksanakan kegiatan pembelajaran kelompok yang aktif, inovatif, kreatif, efektif dan mentenangkan termasuk kategori tinggi. Demikian pula produktivitas guru juga termasuk kategori tinggi, sehingga kemampuan inovatif guru berhubungan positif terhadap produktivitas guru. Artinya semakin baik kemampuan inovatif guru, maka akan semakin baik produktivitas guru. 3) variabel kepuasan kerja guru berdasarkan indikator guru memiliki keabsenan yang tinggi untuk melaksanakan tugas pokok dan fungsinya, termasuk kategori tinggi. Demikian pula produktivitas guru juga termasuk kategori tinggi, sehingga kepuasan kerja guru berhubungan positif terhadap produktivitas guru. Artinya semakin baik kepuasan kerja guru, maka akan semakin baik produktivitas guru. 4) variabel kemampuan kreatif guru, kemampuan inovatif guru dan kepuasan kerja guru termasuk kategori tinggi. Demikian pula variabel produktivitas guru berdasarkan indikator perubahan prilaku stakeholders sekolah juga termasuk kategori tinggi, sehingga kemampuan kreatif guru, kemampuan inovatif guru dan kepuasan kerja guru berhubungan positif terhadap produktivitas guru. Artinya semakin baik kemampuan kreatif guru, kemampuan inovatif guru dan kepuasan kerja guru, maka akan semakin baik produktivitas guru.Kata kunci : Kemampuan Kreatif, Inovatif, Kepuasan Kerja Guru, Produktivitas Guru.

Full Text:

Untitled Download

References


Davis, Keith dan John W. Newstrom, 1985.

Perilaku Dalam Organisasi, Jilid I, Edisi

Jakarta: Erlangga.

Karyana, 2003. Produktivitas Guru. Bandung :

Humaniora.

Kreitner, Robert dan Angelo Kinicki. 2001.

Organizational Behavior. New York.

McGraw-Hill Companies, Inc.

Koswara, E. 2010. Dasar-dasar Administrasi

Pendidikan. Jakarta : Gaung Persada

Group.

Mulyasa. 2004. Standar Kompetensi dan

Sertifikasi Guru. Bandung: Remaja

Rosdakarya.

Poejiadi, Anna. 2001. Peningkatan Inovasi

Pendidikan. Jakarta : Gramedia.

Siagian, Sondang P. 2002. Manajemen Sumber

Daya Manusia (Cetakan V). Jakarta. Bumi

Aksara.

Siagian, Sondang P. 2002. Manajemen Sumber

Daya Manusia (Cetakan V). Jakarta. Bumi

Aksara.

Sugiono, 2002. Metode Penelitian Pendidikan.

Bandung : Alfabeta.

Torrance, A. 1969. Kunci Sukses dalam

Pengembangan Kreativitas Guru [Online]

tersedia di

http://www.gurusukses.com/kunci-sukses-

pelaksanaan-pembelajaran-

kontekstualkreativitas-gu




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/adpen.v1i1.158

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




-------------------------------------------------------------------------------------------------------

Di Index oleh :