Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kenyataan bahwa: (1) Seorang kepala sekolah diharapkan memiliki kelancaran dalam memimpin, keluwesan dalam bertindak dan asli dalam berpikir serta mampu mengembangkan, memperkaya, dan memperinci suatu gagasan, sehingga program yang menjadi tujuan dapat tercapai; (2) Dalam kegiatan sehari-hari, kepala sekolah yang bermitra dengan guru, TU beserta lainnya, diharapkan terampil berkomunikasi demi kelancaran pencapaian program sekolah. Oleh sebab itu maka keterampilan berkomunikasi perlu ditingkatkan; dan (3) Program sekolah memerlukan pembenahan agar tercapai sebagaimana mestinya, untuk itu kepala sekolah dalam proses kegiatannya agar ditunjang oleh faktor lain seperti halnya kreativitas dan keterampilan berkomunikasi. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah sebagai berikut: (1) Bagaimanakah pengaruh kreativitas kepala sekolah terhadap pencapaian program sekolah?; (2) Bagaimanakah pengaruh keterampilan berkomunikasi kepala sekolah terhadap pencapaian program sekolah?; dan (3) Bagaimanakah pengaruh kreativitas dan keterampilan berkomunikasi kepala sekolah terhadap pencapaian program sekolah?. Metode penelitian yang akan digunakan dalam penyusunan tesis ini adalah metode deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Sampel dalam penelitian ini adalah kepala sekolah dan guru SMP di Kabupaten Ciamis dengan jumlah 17 orang kepala sekolah dan 86 orang guru berdasarkan teknik slovin.Berdasarkan hasil pengolahan data terhadap masing-masing variabel dan dimensi-dimensi pada masing-masing variabel dapat disimpulkan sebagai berikut: 1) Kreativitas kepala sekolah berpengaruh positif terhadap pencapaian program sekolah. Artinya, semakin tinggi kreativitas kepala sekolah, maka akan semakin tinggi pula pencapaian program sekolah; 2) Keterampilan berkomunikasi kepala sekolah berpengaruh positif terhadap pencapaian program sekolah. Artinya semakin tinggi keterampilan berkomunikasi kepala sekolah, maka akan semakin tinggi pula pencapaian program sekolah; dan 3) Kreativitas kepala sekolah dan keterampilan berkomunikasi kepala sekolah berpengaruh positif terhadap pencapaian program sekolah, artinya semakin tinggi kreativitas kepala sekolah dan keterampilan berkomunikasi kepala sekolah secara bersama-sama, maka akan semakin tinggi pula pencapaian program sekolah.Kata kunci : Kreativitas, keterampilan berkomunikasi kepala sekolah, program sekolah.
References
Csikszentmihalyi. 1987. International
Perspective on Education. Bandung:
Graduate School of Educational, IKIP
Bandung.
Engkoswara, dan Komariyah, Aan. 2010.
Administrasi Pendidikan. Bandung :
Alfabeta.
Hasan S. Hamid. 2002. Kurikulum Berbasis
Kompetensi dan Alternatif Pemecahannya.
Makalah Seminar, Tahun 2002.
Ross. 1983. A Quality System For
Education.ASQC.Quality Pross
Sudrajat.2010. Pendidikan Manajemen Kinerja
Guru.
Suherli, 2010. Standar Pembimbingan
Penelitian Skripsi pada Prodi Pendidikan
Bahasa Indonesia, FKIP UNIGAL. Ciamis:
Tanpa penerbit.
Undang-undang system pendidikan nasional