PENGARUH KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DAN IKLIM ORGANISASI TERHADAP KINERJA GURU PENJAS

Mohamad Arsi Guna Praja Ramdani

Abstract


Inti masalah dalam penelitian ini adalah “Seberapa besar Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah dan Iklim Organisasi terhadap Kinerja Guru Penjas?”. Tujuannya untuk mengetahui Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah dan Iklim Organisasi terhadap Kinerja Guru Penjas. Hipotesis yang diajukan (1) Kepemimpinan Kepala Sekolah berpengaruh signifikan terhadap Kinerja Guru Penjas, (2) Iklim Organisasi berpengaruh signifikan terhadap Kinerja Guru Penjas, dan (3) Kepemimpinan Kepala Sekolah dan Iklim Organisasi secara bersama-sama berpengaruh signifikan terhadap Kinerja Guru Penjas. Metode penelitian adalah metode survey dengan pendekatan kuantitatif. Sampel diambil dari seluruh populasi yang ada karena jumlahnya kurang dari 100 yaitu berjumlah 47 responden. Instrumen berupa angket dengan Skala Likert, teknik analisis yang digunakan adalah Korelasi Pearson Product Moment. Hasil penelitian ditemukan bahwa pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah dan Iklim Organisasi terhadap Kinerja Guru Penjas sebesar 79,57% sedangkan sisanya 20,43% ditentukan oleh variabel lain.Kata kunci : kepemimpinan kepala sekolah, iklim organisasi, kinerja guru penjas.

Full Text:

Download

References


Arrizal. (2001). Pemimpin Gaya Kepemimpinan

Transaksional Mencapai Sukses Melalui

Manajemen Sumber Daya Manusia. Jurnal

Kajian Bisnis. Sekolah Tinggi Ilmu

Ekonomi Widya Wiwaha. No. 22 Januari-

April.

Hasibuan, H. Malayu S. P. (2005). Manajemen

Sumber Daya Manusia. Jakarta: PT. Bumi

Aksara.

Hoy, Wayne K. & Miskel, Cecil G. (2001).

Education Administration: Theory,

Research, and Practice (6

th

ed.,

international edition). Singapure: Mc

Graw-Hill Co.

Lutan, R. (1999). Sosiologi Olahraga.

Bandung: FPOK UPI.

Mangkunegara, A. Prabu. (2004). Manajemen

Sumber Daya Manusia. Bandung: PT.

Remaja Rosdakarya.

Muhlisin. (2012). Profesionalisme Kerja Guru

Menyongsong Masa Depan.

Pidarta. (1997). Landasan Kependidikan

Stimulus Ilmu Pendidikan Bercorak

Indonesia. Jakarta: PT. Bina Rineka Cipta.

Riduwan. (2012). Metode dan Teknik Menyusun

Proposal Penelitian. Bandung: CV.

Alfabeta.

Sardiman. (2005). Interaksi dan Motivasi

Belajar Mengajar. Jakarta: PT. Raja

Grafindo Persada.

Soetopo, Hendiyat dan Wasty Soemanto.

(1984). Kepemimpinan dan Supervisi

Pendidikan. Jakarta: PT. Bina Aksara.

Thoha, Miftah. (2004). Perilaku Organisasi

Konsep Dasar dan Aplikasinya. Jakarta:

PT. Raja Grafindo Persada.




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/adpen.v1i2.173

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




-------------------------------------------------------------------------------------------------------

Di Index oleh :