Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh budaya organisasi terhadap terhadap prestasi sekolah di SMA Negeri se Kota Tasikmalaya, mengetahui pengaruh budaya akademik terhadap prestasi sekolah di SMA Negeri se Kota Tasikmalaya dan mengetahui pengaruh budaya organisasi dan budaya akademik terhadap prestasi sekolah di SMA Negeri se Kota TasikmalayaMetode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan teknik survey, sedangkan teknik pengumpulan data dilakukan dengan mengambil data primer diambil dari isian kuesioner dari responden. Populasi dalam penelitian ini adalah sebanyak 320 orang Guru SMA Negeri di Kota Tasikmalaya, teknik sampel yang digunakan adalah stratified random sampling teknik pengambilan sampel berdasarkan pada tiap sekolah. Sample penelitian ini sebanyak 76 responden.Hasil analisis diperoleh kesimpulan bahwa Budaya sekolah termasuk pada kriteria baik, budaya akademik termasuk pada kriteria baik dan prestasi sekolah termasuk dalam kriteria baikHipotesis 1 diterima yaitu terdapat pengaruh positif antara budaya organisasi terhadap prestasi sekolah di SMA Negeri Se Kota Tasikmalaya, hipotesis ke 2 diterima yaitu terdapat pengaruh positif budaya akademik terhadap prestasi sekolah di SMA Negeri Se Kota Tasikmalaya dan hipotesis ke 3 diterima yaitu terdapat pengaruh positif antara budaya organisasi dan budaya akademik terhadap prestasi sekolah di SMA Negeri Se Kota Tasikmalaya.Disarankan dapat ditingkatkan lagi budaya sekolah dan budaya akademik dalam pencapaian tujuan dari sekolah yaitu pada sektor guru-guru harus selalu siap menjadi pembimbing siswa yaitu dengan cara meningkatkan kepribadian guru serta memberikan pelatihan-pelatihan keorganisasian serta guru mampu untuk meningkatkan kinerja yang berdasarkan pada budaya sekolah yang ada.Kata kunci : budaya organisasi, budaya akademik dan prestasi sekolah.
References
Aan Komariah (2004), Pengaruh Visionary
Leadership dan Budaya sekolah terhadap
Sekolah Efektif di Era Desentralisasi pada
SMUN.
Arikunto, S. (2002). Prosedur penelitian suatu
pendekatan praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Dadang Suhardan. 2010. Supervisi Profesional.
Bandung. Alfabeta
Fajar. 2002. Mahasiswa dan Budaya Akademik.
Bandung, Rineka
Robbins. P.S.,2002. Prinsip-prinsip Perlaku
Organisasi. Edisi kelima , Penerbit
Erlangga
Veuthzal Rivai. 2004. Kepemimpinan dan
Perilaku Organisasi. Jakarta. PT. Raya
Grafindo Persada
Wirawan. 2007. Budaya Dan Iklim Organisasi.
: Teori, Aplikasi Dan Penelitian.
Jakarta:Salemba Empat