PENGARUH BIAYA PENDIDIKAN DAN PEMBINAAN GURU TERHADAP INOVASI PEMBELAJARAN PADA SEKOLAH DASAR DI KOTA BANJAR

Resi Murdiati

Abstract


Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya kecenderungan kurang berhasilnya mutu hasil belajar yang diduga disebabkan oleh masih belum optimalnya Inovasi Pembelajaran. Keadaan seperti ini bisa terjadi karena biaya pendidikan dan pembinaan guru yang belum optimal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kontribusi biaya pendidikan dan pembinaan guru terhadap inovasi pembelajaran. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif dengan pendekatan teknik survey dan menggunakan kuesioner sebagai alat pengumpul data pokok. Teknik pengumpulan data yang digunakan melalui observasi dan kuesioner. Pengujian hipotesis menggunakan analisis multivariat yaitu analisis korelasi dan regresi berganda, sedangkan pengolahan data dibantu dengan menggunakan software SPSS for Windows versi 17.0, Microsoft Excel 2007 dan disajikan dalam bentuk output SPSS. Berdasarkan hasil pengujian hipotesis diperoleh kesimpulan yaitu a).pengaruh biaya pendidikan (X1) terhadap inovasi pembelajaran (Y) sebesar 84,4%. b).pengaruh pembinaan guru (X2) terhadap inovasi pembelajaran (Y), sebesar 51,5%, dan c). terdapat pengaruh simultan biaya pendidikan dan pembinaan guru terhadap inovasi pembelajaran sebesar 86,3% yang berarti biaya pendidikan dan pembinaan guru secara bersama-sama menyumbang 86,3% terhadap inovasi pembelajaran, sedangkan 13,7% inovasi pembelajaran disebabkan variabel lain yang tidak diteliti. Kata kunci : Biaya Pendidikan, Pembinaan Guru dan Inovasi Pembelajaran.

Full Text:

Download

References


Everett M. Rogers. (1983). Diffusion of

Innovation. New York: The Free Press A

Division of Macmillan Publishing Co. Inc

Fatah (1998) Studi Tentang Pembiayaan

Pendidikan Sekolah Dasar,Penerbit PT

Remaja Rosda karya, Bandung

Fatah, Nanang, (2007) Ekonomi dan

Pembiayaan Pendidikan, Penerbit PT

Remaja Rosda Karya, Bandung.

Kotler, John. .(1997). Leading Change.

Gramedia Pustaka Utama. Jakarta.

Muhammad Surya, (2003). Psikologi

Pembelajaran dan Pengajaran. Bandung:

Yayasan Bhakti Winaya.

Mulyasa, E. (2004). Menjadi guru Profesional.

Bandung: Remaja Rosadakarya

Riduwan (2007) Cara menggunakan dan

memakai jalur (path Analysis),penerbit

alfabeta. Bandung.

Sahertian, Piet A. (2000). Konsep-Konsep dan

Teknik Supervisi Pendidikan Dalam

Rangka Pengembangan Sumber Daya

Manusia. Jakarta: Rineka Cipta.

Satori, (1980). Inovasi Pendidikan Dasar

Magister Pendidikan Dasar:

UPI Bandung.

Satori, (1997). Supervisi Akademik (Teori Dan

Praktek). Jakarta: Depdikbud.

Sugiyono. (2003). Metode Penelitian

Administrasi. Alfhabeta, Bandung.

Suhardan, (2010) Inovasi dan Kreatifitas

pendidikan, Pasca sarjana UPI.Bandung.

Suhardan, (2010) surpervisi Profesional,

Alfhabeta, Bandung.

Sujana, (1992) Teknik Analysis Regresi dan

Korelasi. Tarsito. Bandung.

Sudjana, 2002, Manejemen Program

Pendidikan, Bandung, Falah Prodaction.

Supriadi (2001) Satuan Biaya Pendidikan Dasar

Dan Menengah. PT Remaja Rosda karya,

Bandung

Undang-Undang No. 20 Tahun 2003 tentang

Sistem Pendidikan Nasional, CV

Ekajaya.jakarta

Undang Undang nomor 14 tahun 2005 tentang

guru dan dosen..

Peraturan Pemerintah No. 19 Tahun 2005

tentang Standar Nasional Pendidikan

Peraturan nomor 48 tahun 2008 tentang

pendanaan pendidikan

Permendiknas nomor 12 tahun 2007 tentang

Pengawas

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan

Republik Indonesia Nomor 76 Tahun 2012

Tentang Petunjuk Teknis Penggunaan dan

Pertanggungjawaban Keuangan Dana

Bantuan Operasional Sekolah Tahun

Anggaran 2013.

Keputusan Mendiknas RI. (2004). Pedoman

Penugasan Guru Sebagai Kepala Sekolah,

Jakarta.

Depdiknas, (2007), Manajemen Sekolah.

Penerbit Depdiknas. Jakarta.




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/adpen.v1i2.184

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




-------------------------------------------------------------------------------------------------------

Di Index oleh :