PENGARUH MANAJEMEN PENDIDIKAN ISLAM DAN SUMBER DAYA GURU AQIDAH AKHLAK TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN AQIDAH AKHLAK

Iyan Mulyadi

Abstract


Abstrak: Kecenderungan atau gejala sosial baru yang terjadi di masyarakat akhir-akhir ini yang berimplikasi pada tuntutan dan harapan model pendidikan masa depan.kenyataan di lpangan memperlihatkan profesional gurumasih belum memadai.hal ini yang menjadi salah satu faktor rendahnya prestasi beljar. Tulisan ini menggambarkan Pengaruh Manajemen Pendidikan Islam dan Sumber Daya Guru Aqidah Akhlak terhadap Prestasi Belajar Siswa Pada Mata pelajaran Aqidah Akhlak. Subjek penelitian ini adalah guru-guru Aqidah Akhlak dan Siswa Madrasah Tsanawiyah Negeri dan Swasta se- Kabupaten Majalengka.Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Pengumpulan data mengenai manajemen pendidikan Islam dan sumber daya guru aqidah akhlakl dilakukan melalui penyebaran angket. Data terkumpul melalui angket dari 81 responden sebagai sampel total dari 69Madrasah Tsanawiyah Negeri dan Swasta se-Kabupaten Majalengka.prestasi belajar siswa pada mata pelajaran di ambil dari nilai laport kemudian dirata-ratakan per sekolah. Data diolah dengan menggunakan program SPSS 17 for wimdows.Berdasarkan analisis hasil penelitian atasdapat ditarik kesimpulan yaitu Manajemen pendidikan islam dan sumber daya guru aqidah akhlak secara bersama-sama berpengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran aqidah akhlak, artinya semakin baik manajemen pendidikan islam dan sumber daya guru aqidah akhlak cenderung semakin tinggi tingkat prestasi belajar siswa pada mata pelajaran aqidah akhlak.Sehubungan dengan hasil penelitian di atas, disampaikan saran-saran (1). diperlukan peningkatan pengetahuan dan pemahaman tentang manajemen pendidikan Islam sebagai upaya dalam meningkatkan prestasi belajar siswa sehingga siswa terhindar dari terjadinya degradasi moral. (2). perlu adanya upaya-upaya peningkatan sumber daya guru Aqidah Akhlak melalui pelatihan-pelatihan peningkatan kompetensi guru, karena sumber daya yang dimiliki guru berpengaruh terhadap rendah tingginya mutu pendidikan. (3).Bagi peneliti selanjutnya disarankan untuk melakukan penelitian dengan cakupan materi yang lebih luas, pengembangan variabel-variabel penelitian dan pengkajian yang lebih dalam.Kata kunci: aqidah akhlak, manajemen, sumber daya, prestasi.

Full Text:

Download

References


Permadi Dadi, Arifin Daeng. (2007)

Kepemimpinan Transformasional Kepala

Sekolah dan Komite Sekolah. Bandung:

PT. Sarana Pasca Karya Nusa.

Saud, Udin S. (2011). Pengembangan Profesi

Guru. Bandung: Alfabet.

Syarifuddin (2005). Pengelolaan Madrasah.

Bandung: Pusat Studi Pesantren dan

Madrasah ( PSPM )

Syafaruddin (2005). Manajemen Lembaga

Pendidikan Islam. Jakarta: PT. Ciputat

Press.

Nafis, Ahmad Syukron. (2011). Manajemen

Pendidikan Islam. Yogyakarta. LaksBang

PRESSindo.

Undang-Undang Guru dan Dosen. (2006).

Bandung: Fokusmedia.

Departemen Agama RI (2005). Pedoman

Standar Pelayanan Minimal Madrasah

Aliyah. Jakarta.

Fauzan. (2010). Ensiklopedi Pendidikan Islam

Bagian 3. Sukamajaya Depok: CV.

Binamuda Ciptakreasi.

Fauzan. (2010). Ensiklopedi Pendidikan Islam

Bagian 6. Sukamajaya Depok: CV.

Binamuda ciptakreasi.

Saud Udin S, Sutarsih Cicih. (2012). Dasar-

Dasar Manajemen Sumber Daya Manusia.

Bahan Ajar Perkuliahan MSDM.

Koswara, Adun Rusyana, Ade Yeti Nuryantini.

(2008) Manajemen Strategi Dalam

Pengembangan Sisitem Pendidikan.

Ciamis: SS.PRES.

Widodo, Sembodo Ardi. (2003). Kajian

Filosofis Pendidikan Barat dan Islam. PT.

Rakasta Samasta.




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/adpen.v2i1.188

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




-------------------------------------------------------------------------------------------------------

Di Index oleh :