PENGARUH PENERAPAN MANAJEMEN MUTU TERPADU DAN KOMPETENSI GURU TERHADAP KINERJA SEKOLAH (Studi Deskriptif Analitik di Madrasah Aliyah se-Kota Tasikmalaya)

Lena Purnamaria

Abstract


Masalah yang diteliti adalah kinerja sekolah banyak yang tidak kondusif serta personil sekolah yang ada tidak dilengkapi dengan kemampuan keterampilan yang optimal dan manajerial yang memadai, sehingga tidak memberi dorongan untuk meningkatkan tujuan organisasi gail ini disebakan oleh manajemen pendidikan pada berbagai tingkat dan satuan pendidikan kurang berfungsi dengan baik terlihat dari kurangnya disiplin kerja serta kurang komitmen terhadap program dan visi, misi sekolah tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penerapan manajemen mutu terpadu dan kompetensi guru terhadap kinerja sekolah. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah descriptive analytic dan verivicatif. Dalam penelitian ini, yang menjadi objek penelitian adalah penerapan manajemen mutu terpadu dan kompetensi guru serta kinerja sekolah Populasi dalam penelitian ini adalah kepala sekolah dan guru sebanyak 753 orang, maka sampel dalam penelitian ini berjumlah 88 orang. Untuk memilih guru yang dijadikan sampel (responden) dari masing-masing sekolah digunakan teknik sistematik sampling. Berdasarkan hasil penelitian penulis menyimpulkan beberapa hal sebagai berikut : 1) Penerapan manajeman mutu terpadu berpengaruh positif terhadap kinerja sekolah, artinya bahwa semakin baik penerapan manajeman mutu terpadu maka akan semakin baik kinerja sekolah. 2) Kompetensi guru memberikan pengaruh positif terhadap kinerja sekolah. artinya bahwa semakin baik kompetensi guru maka akan semakin baik kinerja sekolah. 3) Manajeman mutu terpadu memberikan pengaruh positif terhadap kompetensi guru. artinya bahwa semakin baik manajeman mutu terpadu maka akan semakin baik kompetensi guru. 4) Penerapan manajemen mutu terpadu dan kompetensi guru berpengaruh terhadap kinerja sekolah. Hal ini dibuktikan dengan hasil analisis korelasi parsial antara variabel penerapan manajemen mutu terpadu dan kompetensi guru berpengaruh terhadap kinerja sekolah Hasil tersebut membuktikan bahwa semakin baik penerapan manajemen mutu terpadu dan kompetensi guru maka kinerja sekolah akan meningkat.Kata kunci : penerapan manajemen mutu terpadu, kompetensi guru, kinerja sekolah

Full Text:

Download

References


Anwar, Moch. Idochi. 2004. Administrasi

Pendidikan dan Manajemen Biaya

Pendidikan, Alfabeta. Bandung.

Hasibuan. Malayu. 2002. Manajemen Sumber

Daya Manusia. CV Haji Masagung.

Jakarta

M. Rifai. 2000. Supervisi Sekolah dalam

Praktek. IKIP. Bandung

Makmun, Abin Syamsudin. 2000. Psikologi

Kependidikan. Perangkat Sistim

Pengajaran Modul. Remaja Rosda:

Bandung

Mariana. 2004. Manajemen Pendidikan di

Sekolah. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Nawawi. H. Hadari. 2000. Manajemen

Strategik Organisasi non Propit Bidang

Pemerintahan dengan Ilustrasi di Bidang

Pendidikan. Gajah Mada Universitas.

Yogyakarta.

Permadi, Dedi. 2001. Kepemimpinan Mandiri

(Profesional) Kepala Sekolah, Bandung:

PT. Sarana Panca Karya.

Salis, Edward. 1993. Total Quality

Management in Education. Kogan Page.

London

Santoso, Amir. 2000. Peningkatan Kualitas

Aparatur Negara. Unpar Bandung

Sondang,P Siagian. 2005: Manajemen Stratejik.

Bumi Aksara. Bandung.

Tabrani Rusyan, 1999. Upaya Meningkatkan

Budaya Kinerja Guru Sekolah Dasar. PT

Nusantara Lestari Ceria Pratama. Jakarta.

Wahjosumidjo. 1999. Kepemimpinan Kepala

Sekolah. PT. Rajagrafindo Persada.

Jakarta.




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/adpen.v2i1.193

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




-------------------------------------------------------------------------------------------------------

Di Index oleh :