PENGARUH IMPLEMENTASI INOVASI PENDIDIKAN DAN KOMPETENSI GURU TERHADAP PRODUKTIVITAS SEKOLAH (Studi pada SMP di Kabupaten Ciamis)

Lilis Citra Komara

Abstract


Latar belakang penelitian ini adalah sebagai berikut: (1) Inovasi Pendidikan pada SMP di Kabupaten Ciamis masih perlu ditingkatkan, mengingat inovasi pendidikan yang telah dilaksanakan masih kurang; (2) Kompetensi guru masih perlu ditingkatkan. Karena melalui Kompetensi yang dimiliki guru, akan berdampak pada peningkatan produktivitas sekolah; dan (3) Produktivitas sekolah perlu terus ditingkatkan. Upaya peningkatannya melalui implementasi inovasi pendidikan dan kompetensi guru. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah sebagai berikut : (1) Bagaimana pengaruh implementasi inovasi pendidikan terhadap produktivitas sekolah?; (2) Bagaimana pengaruh kompetensi guru terhadap produktivitas sekolah?; dan (3) Bagaimana pengaruh implementasi inovasi pendidikan dan peran guru dalam pendidikan terhadap produktivitas sekolah?. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif kuantitatif. Adapun populasi dalam penelitian ini adalah guru SMP di Kabupaten Ciamis, dengan jumlah sebanyak 2779 orang. Sedangkan banyaknya sampel dalam penelitian ini adalah 62 orang dengan menggunakan teknik Slovin. Bertolak dari deskripsi masing-masing variabel, dan pembuktian hipotesis serta intrepretasi lainnya, maka disimpulkan beberapa hal sebagai berikut: 1) Implementasi inovasi pendidikan berpengaruh positif terhadap produktivitas sekolah. Artinya semakin baik implementasi inovasi pendidikan, maka akan semakin baik produktivitas sekolah; 2) Kompetensi guru berpengaruh positif terhadap produktivitas sekolah. Artinya semakin baik kompetensi guru, maka akan semakin baik produktivitas sekolah; dan 3) Implementasi inovasi pendidikan dan kompetensi guru berpengaruh positif terhadap produktivitas sekolah. Artinya semakin baik implementasi inovasi pendidikan dan kompetensi guru, maka akan semakin baik produktivitas sekolah. Kata kunci: implementasi inovasi pendidikan, kompetensi guru, produktivitas sekolah.

Full Text:

Download

References


Mulyasa, E. 2004. Kurikulum Berbasis

Kompetensi. Konsep, Karakteristik, dan

Implementasi. Bandung: Remaja

Rosdakarya

Saud, Udin. 2008. Inovasi Pendidikan.

Bandung: Gramedia

Danim, Sudarwan. 2005. Inovasi Pendidikan.

Bandung: CV Pustaka Setia.

Zaltman, 1973. Service Quality,

Profitability,and the Economic Worth of

Customers: What We Know and What We

Need to Learn. Journal of the Academy of

Marketing Science.

Knowles, 1984 School Effectiveness and The

Devopment of Process Indicators of School

Functioning.in school Effectiveness and

School Improvement,1.pp.61-80.

Callahan and Clark. 1988. Ehancing

Educational Opportunities for

Disadvantaged Learners: Amesterdam :

Nort-Holland Publishing Company.

Hugget . 1985. Personal and Human Resources

Management, 5th Edition, St. Paul: West

Publishing Company.




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/adpen.v2i1.194

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




-------------------------------------------------------------------------------------------------------

Di Index oleh :