PENGARUH KOMPETENSI SUPERVISI MANAJERIAL DAN SUPERVISI AKADEMIK PENGAWAS SEKOLAH TERHADAP KINERJA GURU (Studi Deskriptif Kuantitatif pada SMP Negeri di Kota Banjar)

Mochamad Selamet

Abstract


Problematika yang dihadapi dalam penelitian ini meliputi (1) Bagaimana pengaruh kompetensi supervisi manajerial pengawas sekolah terhadap kinerja guru; (2) Bagaimana pengaruh kompetensi supervisi akademik pengawas sekolah terhadap kinerja guru; (3) Bagaimana pengaruh kompetensi supervisi manajerial dan akademik pengawas secara bersama-bersama terhadap kinerja guru?Tujuan penelitian untuk mengetahui: (1)Mengetahui pengaruh kompetensi supervisi manajerial pengawas sekolah terhadap kinerja guru; (2) Mengetahui pengaruh kompetensi supervisi akademik pengawas sekolah terhadap kinerja guru; (3) Mengetahui pengaruh kompetensi supervisi manajerial dan supervisi akademik pengawas sekolah terhadap kinerja guru. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif analisis dengan menggunakan pendekatan kuantitatif, sedangkan analisis data menggunakan korelasi dan regresi berganda. Hasil penelitian ini adalah: (1) Kompetensi supervisimanajerial berpengaruh terhadap kinerja guru dengan hubungan tergolong tinggi dan memberikan sumbangan sebesar 31,36%. (2) Kompetensi supervisi akademik berpengaruh terhadap kinerja guru dengan hubungan tergolong tinggi dan memberikan sumbangan sebesar 43,38%. Berdasarkan hasil penelitian ini berarti kompetensi akademik pengawas cukup baik sehingga efektif dalam proses pendidikan di Kota Banjar. (3) Kompetensi supervisi manajerial dan akademik pengawasberpengaruh terhadap kinerja guru dengan hubungan tergolong tinggi dan memberikan kontribusisumbangan sebesar 47,61%. sisanya sebesar 52,39% ditentukan oleh variabel yang lain sepertidisiplin guru, motivasi guru, sarana prasarana, pengalaman mengajar dan lain-lain. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, saran yang diajukan adalah: (1)Agar kinerja guru meningkat hendaknya kompetensi supervisi manajerial pengawas dilaksanakan secara optimal dengan cara pengawas melaksanakan tugas pokok dan fungsinya sesuai standar pelayanan minimal dan menjalankan prinsip-prinsip supervisi sesuai dengan dimensi kompetensi supervisi manajerialnya. (2) Agar kinerja guru meningkat hendaknya kompetensi akademik pengawas selalu di tingkatkan secara optimal dengan cara pengawas melaksanakan tugas pokok dan fungsinya sesuai standar pelayanan minimal dan menjalankan prinsip-prinsip supervisi sesuai dengan dimensi kompetensi supervisi akademik. (3)Agar kinerja guru meningkat hendaknya kompetensi supervisi manajerial dan akademik pengawas dilaksanakan secara optimal dengan cara pengawas melaksanakan tugas pokok dan fungsinya sesuai standar pelayanan minimal dan menjalankan prinsip-prinsip supervisi sesuai dengan dimensi kompetensi supervisi manajerial dan dimensi kompetensi akademiknya. (4) Berhubung penelitian ini memiliki banyak keterbatasan dan dirasakan belum sempurna, maka untuk kesempatan lain hendaknya dilakukan penelitian sejenis yang lebih mendalam dan akuratKata Kunci: kompetensi supervisi manajerial, kompetensi supervisi akademik, kinerja guru

Full Text:

Download

References


Alfonso. R. J.. G.R. Firth, dan R.F. Neville.

Instructional Supervision: A

Behavioral System. Boston: Allyn and

Bacon, Inc.

Arikunto, Suharsimi. 2001. Prosedur

Penelitian. Jakarta : Bina Aksara

Bacal,Robert.,2001.Performance Management.

Terj.Surya Darma dan Yanuar Irawan,

Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama

Dirjen Peningkatan Mutu Pendidik Dan Tenaga

Kependidikan. 2009. Dimensi Kompetensi

Supervisi Manajerial (BBM Musyawarah

Kerja Pengawas Sekolah.Jakarta.

Daresh, J. C. 1989. Supervision as a Proactive

Process. New York & London: Longman

Dodd.W.A. 1972. Primary School Inspection in

New Countries. London: Oxford

University Press.

Fattah, Nanang. 1996. Landasan Manajemen

Pendidikan. Bandung : Remaja

Rosdakarya

Gorton,Richard A. 1976. School

Administration: Challenge and

Opportunity for Leadership. Iowa:

Wm.C.Brown Co. Publishers

Hasibuan, Malayu. 2007. Manajemen Sumber

Daya Manusia. Bandung: Bumi Aksara

Muslim. Sri Banun. 2009. Supervisi Pendidikan

Meningkatkan Kualitas Profesionalisme

Guru, Bandung: Alfabeta

Neagley, R.L. dan N.D. Evans. 1980.

Handbook for Effective Supervision fo

Instruction. Third Edition. Englewood

Cliffs, New Jersey: Presentice-Hall, Inc.

Peraturan Pemerintah RI No.19 Tahun 2005

tentang Standar Nasional Pendidikan.

Jakarta: Depdiknas.

Peraturan Pemerintah RI No. 74 tahun 2008

tentang: Guru. Jakarta: Depdiknas

Permendiknas No. 15 Tahun 2010 tentang

Standar Pelayanan Minimal

Pendidikan Dasar. Jakarta: Depdiknas

Permendiknas No. 12 Tahun 2007 tentang:

Standar Pengawas Sekolah/Madrasah,

Jakarta: Depdiknas

Purwanto, Ngalim. 2008. Administrasi dan

Supervisi Pendidikan. Bandung :Rosda

Karya

Riduwan, 2010. Metode dan Teknik Menyusun

Tesis. Bandung :Alfabeta

Sergiovanni, T.J. 1987. The Principalship, A

Reflective Practice Perspective. Boston:

Allyn and Bacon

Sergiovanni, T.J. et al. 1987. Educational

Governance and Administration. Second

Edition. Englewood Cliffs, NJ: Prentice-

Hall, Inc.

Sudjana, 2000. Metoda Statistika. Bandung:

Tarsito

Sugiyono, 2007. Statistik Untuk Penelitian.

Bandung: Alfabeta CV

Sugiyono, 2009. Metode Penelitian Kuantitatif

Kualitatif dan R&D. Bandung: CV.

Alfabeta

Suhardan, Dadang. 2010. Supervisi Profesional

(Layanan dalam Meningkatkan Mutu

Pengajaran di Era otonomi Daerah),

Bandung: Alfabeta.

Surakhmad, Winarno. (1996). Pengantar

Penelitian Ilmiah. Bandung: Tarsito.

Surya, Muhammad. 2003. Psikologi

Pembelajaran dan Pengajaran. Bandung:

Yayasan Bhakti Winaya

Undang-Undang Republik Indonesia No. 20

tahun 2003 tentang: Sistem Pendidikan

Nasional.Jakarta: Depdiknas

Undang-Undang Republik Indonesia No. 14

tahun 2005 tentang :Sistem Guru dan

Dosen. Jakarta: Depdiknas

Usep, Romli. 2008. Pengaruh Kompensasi dan

Budaya Kerja terhadap Kinerja Guru SMP

di Kota Banjar.

Sallis, E. 2007. Total Quality Management in

Education. Alih Bahasa: Ahmad Ali

Riyadi dan Fahrorrozi. Yogyakarta:

IRCISoD.

Wibowo, 2004. Manajemen Kinerja, Jakarta:

Rajawali Press

Internet:http: Nasional kompas.com/read/

/04/2012/ 12214o22/ Indek

Pembangunan Manusia. Dikutip, Sabtu,

- 10- 2012




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/adpen.v2i1.197

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




-------------------------------------------------------------------------------------------------------

Di Index oleh :