ANALISIS KEBERHASILAN MANAJEMEN PONDOK PESANTREN DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER SISWA

Mustopa Mustopa

Abstract


Rumusan masalah dalam penelitian ini, meliputi: (1) Bagaimana keberadaan manajemen pondok pesantren Sobarul Yaqin; (2) Langkah-langkah apa yang dilakukan pondok pesantren Sobarul Yaqin dalam membina dan membentuk karakter para santrinya; dan (3) Faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi keberhasilan manajemen pondok pesantren Sobarul Yaqin dalam pembentukan karakter para santrinya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian deskriptif kualitatif. Karena penggunaan metode tersebut, merupakan metode yang memusatkan perhatian pada asfek-asfek tertentu yang sedang berlangsung pada saat penelitian dilakukan. Adapun tujuannya adalah mendeskripsikan sesuatu secara sistematis, faktual, komprehensif, dan akurat mengenai berbagai faktor serta hubungan antar fenomena yang diselidiki. Adapun hasil penelitian yang diperoleh memberikan kesimpulan bahwa: (1) Keberadaan manajemen pondok pesantren meliputi; kurikulum dan sistem pengajaran, pola kepemimpinan, perekrutan tenaga pengajar (guru dan ustadz), sistem kaderisasi santri, dan sistem pengelolaan keuangan. (2) Langkah-langkah yang dilakukan pondok pesantren dalam membina dan membentuk karakter santrinya, dengan melalui: a) pengembangan dan pelestarian nilai-nilai kultur pondok pesantren, b) peningkatan kemampuan manajerial pimpinan pondok pesantren, c) peningkatan kualifikasi akademik dan kompetensi guru/ustadz, d) pengembangan kurikulum pondok pesantren, dan e) pengembangan sistem pengajaran pondok pesantren. (3) Faktor-faktor yang mempengaruhi keberhasilan pondok pesantren dalam pembentukan karakter para santrinya adalah: a) bren image Salafiyah, b) manajemennya yang sistematis dan disiplin, c) program pendidikannya yang beragam dan aplikatif, d) memiliki pimpinan yang karismatik dan responsif, e) keberhasilan alumni, dan f) tingkat kepercayaan dan dukungan stikholer (alumni, wali santri, dan masyarakat) yang kuat terhadap keberadaan lembaga pondok pesantren.Kata kunci: manajemen, pondok pesantren, karakter siswa

Full Text:

Download

References


Alwasilah, Chaedar. 2003. Pokok Kualitatif,

Dasar-dasar Merancang, dan Melakukan

Penelitian Kualitatif. Jakarta: Pustaka Jaya.

Ansorudin Sidik, Muhammad, 2001.

Pengembangan Wawasan IPTEK Pondok

Pesantren. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Asmani, Jamal Ma’mur, 2011. Pendidikan

Karakter di Sekolah. Yogyakarta: DIVA

Press.

Azra, Azyumardi, 2002. Pendidikan Islam

Tradisi dan Modernisasi Menuju Milenium

Baru. Jakarta: PT. Logos Wacana Ilmu.

Bogdan C., Robert dan Biklen Sari Knopp,

Qualitative Research For Education

an Intruduction to Theory and Methods.

Buston: Allyn and Bacon, Inc.

Budimansyah, Dasim, 2012. Dimensi-dimensi

Praktik Pendidikan Karakter. Bandung:

Widya Aksara Press.

Candra, 1997. Implementasi Visi dan Misi

Sekolah dan Madrasah. http.// www. Jazuli

juwaeni, com./berita 3 Madrasah.

DEPDIKNAS., Undang-Undang RI No. 20

Tentang Sistem Pendidikan Nasional.

Dhofier, Zamakhsyari, 2011. Tradisi Pesantren.

Jakarta: PT. Pustaka LP3ES Indonesia.

DEPAG RI., 2000. Pola Pengembangan

Pondok Pesantren. Jakarta: Dirjen. Depag.

DEPAG RI., 2004. Frofil Pondok Pesantren

Mu’adalah. Jakarta: Dirjen Kelembagaan

Islam.

Kesuma, Dharma. 2011. Pendidikan Karakter.

Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Koentjaraningrat. 1974. Kebudayaan,

Mentalitas, dan Pembangunan. Jakarta:

PT. Gramedia Pustaka Utama.

Majid, Nurcholish. Bilik-bilik Pesantren.

Jakarta: PT. Dian Rakyat.

Majid, Abdul.2011. Pendidikan Karakter

Perspektif Islam.Bandung:PT. Remaja

Rosdakarya.

Masyhud, M. Sulthan dan Khusnurdilo. 2003.

Manajemen Pondok Pesantren. Jakarta:

DIVA Pustaka.

Ma’sum, Saefullah. 1998. Dinamika Pesantren.

Jakarta: Yayasan Al Hamidiyah

Muchtar, Ma’sum. 1999. Madrasah, Sejarah,

dan Perkembangannya. Jakarta: Logos

Wacana Ilmu.

Mulyadi. 1998. Total Quality Management.

Yogyakarta: Adytia Media.

Nazir, Moh., 1983. Metode Penelitian. Jakarta:

Ghalia Indonesia.

Noer Aly, Hery, dan Munzier S., 2008. Watak

Pendidikan Islam. Jakarta: Frisika Agung

Insan.

Robbin, Stephan p.,1990. Organizational

Behaviour, Concepts Centre, Versies, and

Aplication, Fifth Edition. Englewood

Prentice Hall Inc.

Samani, Muchlas.2012.Konsep dan Model

Pendidikan Karakter.Bandung: PT.

Remaja Rosdakarya.

Sanusi, Ahmad. 1998. Kepemimpinan Sekolah

da Masa Depan dalam Membentuk Budaya

Organisasi yang Efektif. Bandung:

Prospect.

Shaleh, Badrus. 2007. Budaya Damai

Komunitas Pesantren. Jakarta: Pustaka

LP3ES Indonesia.

Shaleh Abd. Rachman. 2001. Pendidikan

Agama dan Keagamaan. Jakarta: Gema

Windu Pancaperkasa.

Siradj, Sa’id Aqiel et.al., 1999. Pesantren Masa

Depan. Bandung: Pustaka Hidayah.

Steenbrink, Karel A., 1986. Pesantren,

Madrasah, dan Sekolah Pendidikan Islam dalam Kurun Modern. Jakarta: PT. Pustaka

LP3ES Indonesia.

Sulaeman, In’am.2010. Masa Depan

Pesantren.Malang: Madani

Soekanto, Soerjono. 1987. Sosiologi Suatu

Pengantar. Jakarta: PT. Raja Grafindo

Persada.

Sunarto dan Hartono, B. Agung. 2006.

Perkembangan Peserta Didik. Jakarta: PT.

Rineka Cipta.

Surakhmad, Winarno. 1989. Pengantar

Penelitian Ilmiah, Metode dan Teknik.

Bandung: Tarsito.

Sutopo., 1998. Administrasi, Manajemen, dan

Organisasi. Jakarta: LAN RI.




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/adpen.v2i2.198

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




-------------------------------------------------------------------------------------------------------

Di Index oleh :