PENGARUH KEPEMIMPINAN TRANSFORMASIONAL DAN KINERJA GURU TERHADAP PENINGKATAN MUTU PENDIDIKAN (Penelitian pada SMP di Kecamatan Lemahsugih, Kabupaten Majalengka)

Salpudin Salpudin

Abstract


Penelitian ini dilatarbelakangi oleh: Keberhasilan sekolah dalam mencapai keberhasilan tujuan pendidikan perlu didukung oleh berbagai sumber daya seperti kepala sekolah, guru, tenaga kependidikan, siswa, sarana dan prasarana serta lingkungan yang kondusif. Semua unsur tersebut hendaknya dikelola dengan keterampilan manajerial yang baik oleh pimpinan sekolah dalam hal ini adalah kepala sekolah. Kenyataan menunjukkan bahwa kepemimpinan transformasional kepala sekolah tidak sesuai harapan, yaitu mampu membawa dan mengubah hal-hal yang bersifat potensial menjadi aktual. Kinerja guru merupakan fungsi antara kemampuan guru dalam melaksanakan tugasnya dan kemampuan professional lainnya yang melandasi pelaksanaan tugasnya. Peran guru yang sangat penting tersebut menuntut guru untuk bekerja secara professional dan senantiasa meningkatkan kinerjanya.Kenyataan menunjukkan bahwa kinerja guru SMP di Kecamatan Lemahsugih, Kabupaten Majalengka, masih belum sesuai dengan prinsip-prinsip profesionalisme. Pada umumnya guru-guru SMP di Kabupaten Majalengka umumnya belum menunjukkan sikap dan perilaku yang kreatif dan produktif sebagai guru dalam melaksanakan tugas-tugas pembelajaran dan pendidikan di sekolah. Akibatnya para guru tersebut kurang menunjukkan motivasi kerja dan kinerja yang tinggi dalam melaksanakan tugasnya sebagai guru dan para guru tersebut tidak dapat tepat waktu untuk tiap dua tahun dapat naik jabatan dan pangkat karena angka kredit mereka tidak dapat terpenuhi dalam jangka waktu tersebut sebagai perwujudan dari rendahnya kepemimpinan kepala sekolah sehingga mempengaruhi produktivitas sekolah dan berdampak pada mutu lulusan. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah sebagai berikut: (1) Bagaimana pengaruhkepemimpinan transformasional kepala sekolah terhadap peningkatan mutu pendidikan?; (2) Bagaimana pengaruh Kinerja Guru terhadap peningkatan mutu pendidikan?; (3) Bagaimana pengaruh kepemimpinan transformasional kepala sekolah dan kinerja guru secara bersama-sama dalam kerangka peningkatan mutu pendidikan ?. Metode penelitian yang akan digunakan dalam penyusunan tesis ini adalah deskriptif, dirancang berdasarkan desain penelitian kuantitatif. Penelitianini dilaksanakan di SMP di Kecamatan Lemahsugih, Kabupaten Majalengka dengan sampel penelitian kepala sekolah dan guru sejumlah 98 orang. Berdasarkan hasil pengolahan data dapat disimpulkan sebagai berikut: (1) Kepemimpinan transformasional berpengaruh positif terhadap peningkatan mutu pendidikan. Artinya semakin baik kepemimpinan transformasional, maka akan semakin baik peningkatan mutu pendidikan; (2) Kinerja guru terhadap berpengaruh positif terhadap peningkatan mutu pendidikan. Artinya semakin baik kinerja guru, maka akan semakin baik peningkatan mutu pendidikan; (3) Kepemimpinan transformasional dan kinerja guru berpengaruh positif terhadap peningkatan mutu pendidikan. Artinya semakin baik kepemimpinan transformasional dan kinerja guru, maka akan semakin baik peningkatan mutu pendidikan.Kata kunci: kepemimpinan transformasional, kinerja guru, peningkatan mutu pendidikan

Full Text:

Download

References


Fattah, Usman. 2000. Landasan Manajemen

Pendidikan. Bandung: Remaja

Rosdakarya.

Harsiwi, Suprihanto. 2001. Perilaku

Organisasional. Yogyakarta: Aditya

Media.

LAN RI, 1992, Pedoman Penulisan Tesis,

Jakarta, Lembaga Administrasi Negara

Republik Indonesia.

Mulyasa, E. 2002. Menjadi Kepala Sekolah

Profesional. Bandung: PT Remaja

Rosdakarya.

Nazir, Moh, 1999. Metode Penelitian, Jakarta,

Ghalia Indonesia Raihani.

Notoatmodjo, S. 1992 Manajemen Sumber

Daya Manusia. Jakarta: Bumi Aksara.

Robbins, P, Stephen. 1996. Perilaku

Organisasi, Konsep, Kontroversi, Aplikasi.

Jakarta: PT Prenhallindo.

Surya, Darma. 2005. Manajemen Kinerja.

Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Syarifudin, Hidayat 2002. Metodologi

Penelitian. Bandung Tarsito.

Undang-Undang Nomor 20 tahun 2003 tentang

Sistem Pendidikan Nasional.




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/adpen.v2i2.206

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




-------------------------------------------------------------------------------------------------------

Di Index oleh :