HUBUNGAN IMPLEMENTASI MANAJEMEN INOVASI SEKOLAH DAN INPUT SISWA TERHADAP PRESTASI SEKOLAH (Studi pada MTs Negeri dan Swasta Se-Kabupaten Ciamis)

Shilphy A Octavia

Abstract


Penelitian ini dilakukan karena penulis melihat implementasi manajemen inovasi di madrasahbanyak dipandang sebelah mata sehingga sekolah-sekolah umum menjadi buruan, dan madrasah dipandang hanyalah sekolah milik masyarakat miskin dan tidak mampu bahkan dihuni oleh siswa-siswi yang kualitas dan kemampuan SDM yang kurang bagus. Implementasi manajemen inovasi sekolah adalah sebuah solusi yang terus menerus diupayakan dan dikembangkan di MTs Negeri dan Swasta di Kabupaten Ciamis untuk lebih meningkatkan prestasi sekolah. Input siswa bagaimanapun latar belakangnya seharusnya tidak dijadikan alasan untuk menciptakan output menjadi manusia yang beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri dan menjadi warga negara yang demokratis serta bertanggungjawab sehingga siap menyongsong era globalisasi dengan segala tantangannya. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana pengaruh implementasi manajemen inovasi sekolah dan input siswa terhadap prestasi sekolah. Adapun tujuannya adalah untuk mengetahui seberapa besar pengaruh implementasi manajemen inovasi sekolah dan input siswa terhadap prestasi sekolah. Metode yang digunakan adalah metode deskriptif dengan analisis kuantitatif melalui teknik regresi dan korelasi. Hipotesisi diuji dengan analisa korelasi bivariat dan multi variat, dengan tujuan untuk mengetahui derajat keterkaitan dan daya determinatif antar variabel. Dari hasil perhitungan dengan menggunakan bantuan SPSS for Window Versi-17 edisi Sutrisno Hadi dan Yuni Pamardiningsih, diperoleh persamaan regresi Y= 27.970 + 0,14X 1 + 0,909X 2. Dari hasil uji korelasi diperoleh harga r =0,730 artinya pengaruh implementasi manajemen inovasi sekolah dan input siswa terhadap prestasi sekolah sebesar 73% pola hubungan linier searah. Sedangkan besarnya koefisien determinasi (r2) =0,533. Artinya, implementasi manajemen inovasi sekolah dan input siswa memberikan kontribusi terhadap prestasi sekolah sebesar 53,3%.Kata kunci: manajemen, inovasi sekolah, input siswa, prestasi sekolah

Full Text:

Download

References


Arikunto, S. 1998. Prosedur penelitian. Jakarta:

Rineka Cipta.

Daryanto dan Rahardjo. 2012. Model

Pembelajaran Inovasi. Yogyakarta: Gava

Media.

Direktorat Jendral kelembagaan Agama Islam,

Kendali Mutu Pendidikan Agama

Islam. Jakarta: Departemen Agama RI.

Fatchurochman, N. 2012. Madrasah Sekolah

Islam Terpadu Plus dan Unggulan. Depok:

Lendean hati.

Fachruramadhan, 2012. Pengertian Manajemen

dan Fungsuinya.

http://fachruramadhan.blogspot.com/2012/04/pengertian-manajemen-dan-

fungsinya.html (12 September 2012)

Furkon . 2011. Pendidikan dalam perspektif

bimbingan konseling. Bandung: UPI

PRESS.

Jurnal RPP dan Silabus. 2012. pengertian-

siswa-dan-istilahnya. http://www.rpp-

silabus.com (21 Oktober 2012)

Kusmana, S.2010. Manajemen Inovasi

Pendidikan. Ciamis: Pascasarjana Unigal

Press.

Mulyasa. 2002. Kurikulum Berbasis

Komperetensi. Bandung: Rosda.

Rukasah. 2011. Pengaruh Inovasi

pemeblajaran dan otonomi sekolah

terhadap prestasi sekolah. Tesis. Sekolah

paskasarjana UNIGAL. Tidak Diterbitkan

Wahyudi, I. 2012. Pengembangan

Pendidikan.Jakarta: Prestasi Pustaka.




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/adpen.v2i2.207

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




-------------------------------------------------------------------------------------------------------

Di Index oleh :