Open Access Open Access  Restricted Access Subscription Access

PEMBERDAYAAN GURU DALAM MENINGKATKAN PRESTASI MADRASAH (Studi pada MTs Negeri Banjar, Langensari dan Purwaharja)

Ganda Sukmana

Abstract


Masih adanya guru yang belum mempersiapkan pembelajaran sebelum mengajar, guru belum menggunakan strategi pembelajaran yang bervariasi sehingga siswa merasa bosan dan tidak fokus untuk mengikuti kegiatan pembelajaran. Metode penelitian menggunakan metode deskriptif dan eksplanatori. Dalam penelitian sumber data yang dipilih adalah seluruh Guru dan Kepala Sekolah di MTs Negeri Banjar, MTs Negeri Langensari dan MTs Negeri Purwaharja. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik random sampling sehingga jumlah sampel yang digunakan sebanyak 54 orang. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa 1) Kepala MTs dalam melaksanakan program pemberdayaan guru telah mengirim guru-guru untuk mengikuti workshop, penataran, maupun diklat baik di tingkat kecamatan, kabupaten, propinsi, bahkan tingkat nasional selama ada kesempatan. 2) Kepala sekolah memiliki prioritas dalam melakukan program pemberdayaan guru yaitu dengan adanya program-program prioritas yang dapat meningkatkan kemampuan guru sehingga prestasi madrasah meningkat adalah mengadakan work shop yang dilakukan untuk memberi wawasan baru pada guru; 3) Kepala sekolah telah mengimplementasikan program pemberdayaan guru dalam meningkatkan prestasi madrasah dengan mengikutsertakan guru dalam berbagai program MGMP maupun pelatihan-pelatihan yang diselenggarakan oleh departemen agama. 4) Kepala sekolah telah melakukan pengendalian program pemberdayaan guru dalam meningkatkan prestasi madrasah dengan menjalankan supervisi dan pengawasan untuk perbaikan dan peningkatan kualitas pembelajaran di dalam kelas yang pada akhirnya juga berimbas pada peningkatan mutu pendidikan. 5) Beberapa kendala yang dihadapi kepala madrasah untuk meningkatkan prestasi sekolah, antara lain: adanya perbedaan kemampuan berfikir tenaga pendidik, kependidikan maupun peserta didik dalam memahami visi dan misi untuk menghasilkan tenaga kependidikan yang berkarakter kuat dan cerdas. 6) Upaya-upaya untuk mengatasi kendala yang dihadapi kepala madrasah untuk meningkatkan prestasi sekolah, antara lain melakukan sosialisasi secara kontinyu dan sistematik agar guru memiliki persepsi yang sama terhadap visi dan misi yang ada, membuat perencanaan program kerja dengan teliti dan cermat agar tidak berbenturan dengan aturan yang ada.Kata kunci: Pemberdayaan Guru dan Prestasi Madrasah

References


Abdullah, Ma’aruf. 2014. Manajemen dan Evaluasi Kinerja Karyawan. Yogyakarta: Aswanda Pressindo.

Agnes Sunartiningsih, 2003, Strategi Pemberdayaan Masyarakat, Yogyakarta: Aditya Media

Ahmad Tafsir, 2006. Ilmu Pendidikan Dalam Persepektif Islam.Bandung: PT. Remaja Rosdakarya

Bogdan & Biklen, 2002. Qualitative Data Analysis : A Sourcebook of New Methods. California : Sage

Depdiknas, 2001. Manajemen Peningkatan Mutu Berbasis Sekolah. Jakarta. Dirjen Dikdasmen Direktorat SLTP.

_________.2002. Manajemen Peningkatan Mutu Berbasis Sekolah, Konsep Dasar. Jakarta : Ditjen Pendidikan Dasar dan menengah.

Djam'an Satori Dan Aan Komariah, 2009. Metode Penelitian kualitatif, Bandung. Alfabeta

Hadi, Sutrisno. 2004. Metodologi Research Jilid 3. Yogyakarta : Andi.

Hikmat Harry, 2010. Strategi Pemberdayaan Masyarakat. Bandung : Humaniora Utama Press

Jalaluddin dan Abdullah Idi, 2010. Filsafat Pendidikan, Jakarta: Ar-Ruzz Media

Makmur, Syarief. 2008. Pemberdayaan Sumber Daya Manusia dan Efektivitas Organisasi. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Moleong, Lexy. J. 2004. Metode Penelitian Kualitatif. Remaja Rosdakarya.

Mulyasa,E.2003. Manajemen Berbasis Madrasah, Konsep Strategi dan Implementasi, Bandung: Rosdakarya

Nasution. 2003. Metode Research, Jakarta : PT. Bumi Aksara

________. 2008. Metode Research. Jakarta:Bumi Aksara

Onny S. Prijono dan A.M.W Pranarka. 2006. Pemberdayaan : Konsep, Kebijakan dan Implementasi. CSIS, Jakarta

Purwanto Ngalim.M 1992. Psikologi Pendidikan, Bandung: Penerbit PT. Remaja Rosdakarya

Rachmawati,E. 2004. Paradigma Baru Manajemen Sumber Daya Manusia. Sebagai Basis meraih Keungulan Kompetitif. Ekonisia. Yogyakarta

Sarjono, Yetty. 2011. Rekonstruksi Perkotaan: Perspektif Sosiologi Pendidikan, Surakarta, Muhammadiyah University Press

Syaiful Sagala. 2005 . Konsep dan Makna Pembelajaran . Bandung: Penerbit Alfabeta.

Sedarmayanti. 2009. Sumber Daya Manusia dan Produktivitas Kerja. Bandung: CV. Mandar Maju

Sondang P. Siagian, 2003, Teori dan Praktek Kepemimpinan, Penerbit Rineka Cipta.

Sudarwan Danim. 2002. Inovasi Pendidikan : Dalam Upaya Meningkatkan Profesionalisme Tenaga Kependidikan. Bandung : Pustaka Setia.

Suryana, 2009, Achievement Motivation and Empowerment (Seri Manajemen Sumberdaya Manusia), Sekolah Pascasarjana, Universitas Pendidikan Indonesia.

Suwatno, Priansa, Juni, Donni, 2011, Manajemen SDM dalam Organisasi Publik dan Bisnis,. Bandung Alfabeta.

Tjiptono, F., dan A. Diana, 2006, Total Quality Management, Valentine, Yokyakarta.

Undang-Undang No. 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional

Wahibur Rokhman. 2003, Pemberdayaan dan Komitmen : Upaya Mencapai Kesuksesan Organisasi Dalam Menghadapi Persaingan Global. Amara Books. Yogyakarta.

Wibowo Ema, 2008, Panduan Pengembangan Masyarakat, Jakarta.




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/adpen.v5i2.769

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




-------------------------------------------------------------------------------------------------------

Di Index oleh :