Pembumian Nilai Pancasila: Upaya Pembentukan Good Citizen Bagi Generasi Muda Sebagai Instrumentasi Pendidikan Karakter

Randy Fadillah Gustaman, Egi Nurholis

Abstract


Mendidik warga negara yang baik merupakan salah satu tugas utama pendidikan nasional di Indonesia. Salah satu mata pelajaran yang mengemban misi ini adalah Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn). ada tiga dimensi: pengetahuan dan pemahaman untuk menjadi warga negara yang berpengetahuan, pengembangan penelitian dan pendekatan, dan pengembangan perilaku partisipatif dan bertanggung jawab. Krisis moral melanda bangsa Indonesia terutama pada generasi mudaNilai Pancasila sebagai upaya pembentukan warga negara yang baik (good citizen) bagi generasi mud menjadi urgensi dan polemik terutama bagi generasi muda yang mulai terkikis karakternya Adapun pendekatan dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif yaitu systematic literature review dengan mengumpulkan serta membandingkan dari beberapa jurnal yang telah disusun diseleksi kemudian dilakukan kategorisasi sehingga memuat informasi yang akuntabel dan valid.PKn memiliki peranan penting dalam upaya mewujudkan Indonesia yang maju dan bertabat. Pendidikan Pancasila sangat penting diberikan bagi generasi muda sebagai wujud pengembangan karakter, watak, dan akhlasesuai dengan nilai-nilai Pancasila mengerti hak, kewajiban, tanggung jawab sebagai warga negara untuk membentuk warga negara yang baik, berakhlak mulia,menjalankan hak dan kewajiban sebagai warga negara, serta mampu berperan dalam masyarakatPendidikan Pancasila sebagai pendidikan berkarakter bagi setiap warga negara Indonesia memiliki peranan penting dalam upaya mewujudkan Indonesia yang maju dan bertabat. Pendidikan Pancasila sebagai wujud pengembangan karakter, watak, dan akhlak yang sesuai dengan nilai-nilai Pancasila dimaksudkan untuk mencegah timbulnya sikap yang tidak sesuai dengan nilai Pancasila dan membahayakan negara agar setiap generasi muda dapat memahami dan mengamalkan nilai-nilai Pancasila.

Full Text:

PDF

References


Branson, M. S. (1999). Belajar “civic education” dari Amerika. Penerjemah: Syafruddin, M. Yasir, A. & Khoirun, M. N. LKIS: Yogyakarta

Develin, R. (2013). The Good Man and the Good Citizen in Aristotle's "Politics". Phronesis. 18(1), hh 71-79.

Dunne, T. (2008). Good Citizen Europa. International Affairs. 84(1), hh 13-28.

Lee, S., Roth, W, M. (2003). Science and the “Good Citizen”: Community-Based Scientific Literacy. Science, Technology, & Human Values. 28(3), 403-424.

Mahardani, A, J. (2020). Menjadi Warga Negara yang Baik pada Masa Pandemi Covid-19: Persprektif Kenormalan Baru. JPK: Jurnal Pancasila dan Kewarganegaraan. 5(2), hh 65-76.

Muchtarom, M. (2017). Pendidikan Karakter Bagi Warga Negara Sebagai Upaya Mengembangkan Good Citizen. PKn Progresif. 12(1), hh 542-552.

Namang, R, B. (2020). Negara dan Warga Negara Perspektif Aristoteles. Jurnal Ilmiah Sosial. 4(2), hh 248-266.

Octavia, E., Rube’I, M, A. (2017). Penguatan Pendidikan Karakter Berbasis Pancasila Untuk Membentuk Mahasiswa Prodi Ppkn Menjadi Warga Negara Yang Baik Dan Cerdas. Sosial Horizon: Jurnal Pendidikan Sosial. 4(1), hh 111-124.

Suyato., Murdiono, M., Mulyono, B., Arpannudin, I. (2016). Upaya Pembentukan Warga Negara Yang Baik Dan Tantangan Yang Dihadapi Oleh Para Guru Pkn Peserta Sm3t 2015. Jurnal Civics. 13 (2), hh 137-155.

Yanti, N., Adawiah, R., Matnuh, H. (2016). Pelaksanaan Kegiatan Ekstrakurikuler Dalam Rangka Pengembangan Nilai-Nilai Karakter Siswa Untuk Menjadi Warga Negara Yang Baik Di Sma Korpri Banjarmasin. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan. 6(11), hh 963-970.

Yolandha, W., Dewi, D, A. (2021). Pendidikan Kewarganegaraan Konsilidasi Identitas Nasional di Era Revolusi Industri 4.0. Jurnal Pendidikan Tambusai. 5(1), hh 911-919.




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/adpen.v10i4.8831

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




-------------------------------------------------------------------------------------------------------

Di Index oleh :