Penggunaan Media Gambar Kartun Dan Presentasi Bergilir Untuk Meningkatkan Partisipasi Siswa Pada Kompetensi Berbicara

Euis Sukaeti

Abstract


Dalam pembelajaran Berbicara sering dijumpai beberapa siswa tidak bersedi untuk berbicara. Keengganan ini disebabkan beberapa faktor, di antaranya 1) kurang adanya ide yang akan diungkapkan, 2) terbatasnya penguasaan kosakata dan tatabahasa, dan 3) keraguan terhadap ucapan yang benar. Bagaimana cara mereka mampu dan mau berbicara di depan kawan-kawannya? Salah satu cara agar mereka mampu dan mau Berbicara adalah dengan mengerti ketertarikan siswa. Merangsang siswa agar merasa tertantang untuk berbicara. Media yang mampu membuka kreatifitas dan menjawab tantangan ini salah satunya adalah gambar kartun yang dimuat di surat kabar/majalah. Dengan mengamati serangkaian gambar kartun yang lucu, mereka akan menerjemahkannya sehingga tersusun kalimat yang dapat diungkapkan dalam bentuk lisan (presentasi) maupun tulisan. Inilah yang dilakukan dalam penelitian tindakan kelas di SMP Negeri 2 Jatinuggal Kabupatemn Sumedang dengan subyek penelitian 26 siswa Kelas VII-D semester genap tahun pelajaran 2021/2022. Tindakan kelas dilaksanakan dalam dua siklus. Siklus I selama 4 jam pelajaran tatap muka pertama, dan siklus II selama 4 jam pelajaran tatap muka kedua. Selama penelitian tindakan kelas pada siklus I dan II diobservasi oleh seorang guru mata pelajaran, diperoleh data perubahan perilaku positif tentang kegiatan guru, kegiatan siswa sebagai partisipan, dan siswa sebagai penyaji dalam presentasi bergilir. Hasil analisis data menunjukkan bahwa telah terjadi partisipasi pembelajaran Berbicara secara aktif pada siswa, baik sebagai penerjemah gambar kartun menjadi cerita (100%), melaksanakan presentasi bergilir (100%) maupun sebagai partisipan (91.02%). Sebagai kesimpulan adalah serangkaian gambar kartun dan presentasi bergilir mampu meningkatkan partisipasi siswa dalam pembelajaran Berbicara.

Keywords


Partisipasi siswa; berbicara; media kartun; presentasi

Full Text:

PDF

References


Departemen Pendidikan Nasional. 2006. Kurikulum 2006 Standar Kompetensi Bahasa Indonesia SMP/MTS. Jakarta: Direktorat Jendral Pendidikan Dasar dan Menengah.

-------------. 2006. SK dan KD Bahasa Indonesia SMP/MTS. Jakarta: BSNP

-------------.2005. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.

Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Jawa Barat. 2006. Penelitian Tindakan Kelas dan Penulisan Karya Ilmiah. Bahan Pelatihan Pengembangan Profesi Fungsional Guru, Kepala Sekolah, dan Pengawas TK/SD/MI, SMP/MTs, SMA/MA dan SMK.

Herawati Susilo, Dkk.2001. Penggunaan Media Lingkungan Sekolah untuk Meningkatkan Keterampilan Proses dalam Pembelajaran Konsep Keanekaragaman Hayati. Malang: Lembaga Penelitian Universitas Negeri Malang

Ibrahim.dkk.1999. Media Pembelajaran. Malang: Universirtas Negeri Malang.

Suharsimi Arikunto. 2005. Materi Diklat: Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/adpen.v10i5.8859

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

-------------------------------------------------------------------------------------------------------

Di Index oleh :