KEUNTUNGAN USAHA, HARGA POKOK PRODUKSI (HPP), DAN KEPUASAN KONSUMEN AGROINDUSTRI JAHE INSTAN DI KELOMPOK WANITA TANI (KWT) HARAPAN JAYA KOTA BANDAR LAMPUNG

Febby Putri Sonia, Wuryaningsih Dwi Sayekti, Fembriarti Erry Prasmatiwi

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menghitungkeuntungan usaha dan harga pokok produksi (HPP)jahe instan, serta menganalisis kepuasan konsumen terhadap produk jahe instan. Penelitian dilakukan dengan metode studi kasus di agroindustri jahe instan pada KWT Harapan Jaya, Kecamatan Rajabasa, Kota Bandar Lampung. Penentuan lokasi dilakukan secara sengaja. Responden penelitian ini adalah 3 orang pengelola agroindustri jahe instan yang juga merupakan anggota KWT Harapan Jaya serta 30 konsumen jahe instan. Pengumpulan data dilakukan pada Juni-Juli 2022 melalui wawancara dan observasi. Data dianalisis secara deskriptif kuantitatif,dan juga dengan customer satisfaction index (CSI) dan important performance analysis (IPA). Hasil penelitian menunjukkan bahwa keuntungan agroindustri jahe instan per bulan April 2022 adalah sebesar Rp899.476,08. HPP yang diperoleh dengan metode variable costing dan metode full costing berada di bawah harga jual, sehingga agroindustri masih memperoleh laba dengan harga jual yang berlaku sekarang, karena harga jual berada di atas HPP. Konsumen merasa puas dengan produk jahe instan. Atribut jahe instan yang menjadi prioritas utama adalah rasa, aroma, kuantitas, dan kemudahan memperoleh.

Keywords


agroindustri, HPP, jahe instan, kepuasan, keuntungan

References


Apriyani, A., Haryono, D., & Nugraha, A. (2020). Analisis Harga Pokok Produksi, Nilai Tambah dan Keuntungan Agroindustri Keripik Tempe di Kota Metro. Jurnal Ilmu Ilmu Agribisnis: Journal of Agribusiness Science, 8(4): 571-578.

Ariyani, E., & Mustoffa, A.F. (2021). Penentuan Harga Jual melalui Analisis Harga Pokok Produksi pada Usaha Wedang Warok. Jurnal Ekonomi, Manajemen, dan Akuntansi, 5(2): 228-241.

Asma & Trisna. (2021). Analisis Preferensi Rumah Tangga terhadap Produk Jamu Selama Masa Pandemi Covid-19 di Rumah Tangga, Kelurahan Baktijaya Kecamatan Sukmajaya Depok. Mimbar Agribisnis: Jurnal Pemikiran Masyarakat Ilmiah Berwawasan Agribisnis, 7(2): 1004–1017.

Badan Pusat Statistik. (2021). Produksi Tanaman Biofarmaka di Indonesia Tahun 2018-2020.

Dalimarta, S. (2000). Atlas Tumbuhan Obat Indonesia. Trobus Agriwidya. Bogor.

Defitasari , Widayanti, S., Indah, P. N., & Syah, M. A. (2022). Analisis Preferensi Konsumen terhadap Minuman Jamu Tradisional di Kecamatan Gondang Kabupaten Nganjuk. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Agroinfo Galuh, (9)2: 513-526.

Dzulfikar, A., Jahroh, S., & Ali, M.M. (2021). Strategi Peningkatan Kepuasan Konsumen Jahe Sang Jawara di Masa Pandemi Covid-19 dengan Pendekatan Importance Performance Analysis. Jurnal Aplikasi Manajemen dan Bisnis, 7(3):681-693. http://dx.doi.org/10.17358/jabm.7.3.681.

Gunawan, W. M. (2014.) Bioprospeksi: Upaya Pemanfaatan Tumbuhan Obat Secara Berkelanjutan Di Kawasan Konservasi. http://www.forda-mof.org/ files/3_Bioprospecting_Upaya_Pemanfaatan_Tumbuhan_ObatWawan_Gunawan.pdf

Kartadinata, A. (2000). Akutansi dan Analisis Biaya Suatu Pendekatan Terhadap Tingkah Laku Biaya. Aneka Cipta. Jakarta.

Lestari, E.N.F., Hidayat, Z., & Budiwati, H. (2019). Pengaruh Variasi Produk dan Servicespace terhadap Kepuasan Konsumen (Studi Kasus pada Rocket Chicken di Lumajang). Jobman: Journal of Organization and Bussines Management, 2(1): 16–19.

Mulyadi. (2015). Akutansi Biaya. Edisi Lima. UPP STIM KPN. Yogyakarta.

Nainggolan, J.F.A., & Simamora, L. (2022). Analisis Faktor-faktor yang Mempengaruhi Tingkat Kepuasan Konsumen Terhadap Produk Minuman Teh PT. Gunung Subur Sejahtera. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Agroinfo Galuh, 9(1): 274-281.

Selmi, Asriani, S., & Saepuddin, R. (2017). Bengkulu Consumer Behavior and Loyality of Honey in Bengkulu City. Jurnal Agrisep, 16(1): 13–24.

Sembiring, B. Br. (2014). Minuman Fungsional Antioksidan Berbasis Tanaman Obat. Balai Penelitian Tanaman Rempah Dan Obat. Bogor.

Solehah, R., Ariyani, A.H.M., & Destiarni, R.P. (2022). Analisis Preferensi Konsumen Terhadap Produk Jamu PT. Jamu Air Mancur Selama Masa Pandemi Covid-19 di Kabupaten Pamekasan. Agriscience, 3(2): 398-418.

Utami, S., Fatmawati, Ika., & Ribut, S. (2012). Preferensi Konsumen terhadap Kopi Lengkuas Cap Potre. Jurnal Agribisnis, (3): 136–145.

Yusdja,Y & Iqbal, M. (2015). Kebijakan Pembangunan Agroindustri dalam Analisis Kebijakan: Paradigma, Pembangunan dan Kebijaksanaan Pembangunan Agroindustri. Pusat Penelitian Sosial Ekonomi Pertanian. Bogor.




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/jimag.v10i2.10177

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


___________________________________________________________________________________

Diterbitkan Oleh :

FAKULTAS PERTANIAN UNIVERSITAS GALUH

Jl. RE Martadinata No. 150 Ciamis 46274

Telepon: 0265-2754011

Email: agroinfogaluh@gmail.com


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.

 __________________________________________________________________________________

Jurnal Ilmiah Mahasiswa Agroinfo Galuh diindeks oleh: