DAMPAK KEBERADAAN PASAR EMAK TERHADAP KEHIDUPAN EKONOMI DAN SOSIAL MASYARAKAT DI KELURAHAN TALANG JAWA

Meggi Mandala Putra, Putri Ayu Ogari, Ema Pusvita

Abstract


Penelitian ini memiliki arahan untuk mengetahui peran dan keterlibatan peran dan keterlibatan masyarakat Talang Jawa terhadap keberadaan pasar emak, mengetahui bagaimana dampak keberadaan pasar emak terhadap kehidupan ekonomi dan sosial masyarakat di Talang Jawa. Metode yang digunakan adalah metode survey, dengan pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dandibantu kuisioner yang disi oleh anggota Pasar Emak untuk data primer sedangkan, data sekunder didapat dari instansi-instansi terkait. Hasil penelitian ini adalah didapat jika peran dan keterlibatan masyarakat Talang Jawa terhadap pasar Emak sebesar 1,06%, yang ikut terlibat meliputi kepengurasan Pasar Emak berasal dari RT 15, dengan keanggotan Pasar Emak 24 orang atau 43% dari RT 22 orang atau 15, 40% dari RT 14 dan 9 orang atau 17 % dari RT 13. Total rata-rata pendapatan yang diterima oleh masyarakat yang mengikuti Pasar Emak sebesar Rp 181.160,-/bulan. dan adanya Pasar Emak memiliki dampak sosilal dan ekonomi pada masyarakat Talang Jawa. Dampak sosial masyarakat Talang Jawa berdamapak pada peluang UKM dan berwirausaha, adanya interaksi sosial antar masyarakat maupun antar pedangan dan pembeli

Keywords


Dampak Sosial, Dampak Ekonomi, Pasar Emak

References


Djabbar,A.,Rizal,J.,Nova Rizaly,E., Studi Pariwisata, P ., Soromandi Bima, S., & Tenggara Barat, N.(2021). Dampak Keberadaan Sektor Pariwisata Terhadap Kehidupan Sosial Ekonomi Masyarakat Home Creative “Lentera Donggo” Kecamatan Soromandi Bima NTB. Jurnal Penelitian Dab Pengabdian Masyarakat Bidang Pariwisata, 1(1), 14-20

Ismayanti. (2010). Pengantar Pariwisata. Grasindo: Jakarta.

Komariah, K., & Danial, R. D. M. (2006). Kontribusi Wanita Dalam Peningkatan Ekonomi Keluarga Pekerja UKM Kota Sukabumi. 92–97.

Rismiyanto, E (2015). Dampak Wisata Kuliner Oleh-oleh Khsa Yogyakarta Terhadap Perekonomian Masyarakat.V(1), 46-64

Setiawati, E., & Rozinah, S. (2020). Pemberdayaan Ibu-Ibu Rumah Tangga Dalam Upaya Meningkatkan Ekonomi Keluarga Melalui Pengelolaan Usaha Rumahan di Tangerang Selatan. Aksiologiya: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(2), 231–240.

Sudarmayasa, I. W., & Nala, I. W. L. (2019). Dampak Keberadaan Sektor Pariwisata Terhadap Peningkatan Faktor Sosial Ekonomi Masyarakat Kampung Tenun Samarinda di Kota Samarinda Kalimantan Timur. JUMPA, 05, 283–295.

Tuela, F. F. D., Lengkong, V. P. K., Dotulong, L. O. H., Ibu, K., Tangga, R., Pedagang, S., & Pasar, D. I. (2021). Kontribusi Ibu Ruamah Tangga Sebagai Pedagang di Pasar Tradisional Pinasungkulan Manado Untuk Meningkatkan Kesejahteraan Keluarga. Jurnal EMBA, 9(4), 1072–1081.




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/jimag.v10i3.10549

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


___________________________________________________________________________________

Diterbitkan Oleh :

FAKULTAS PERTANIAN UNIVERSITAS GALUH

Jl. RE Martadinata No. 150 Ciamis 46274

Telepon: 0265-2754011

Email: agroinfogaluh@gmail.com


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.

 __________________________________________________________________________________

Jurnal Ilmiah Mahasiswa Agroinfo Galuh diindeks oleh: