ANALISIS NILAI TAMBAH DAN STRATEGI PEMASARAN KERIPIK SINGKONG (Studi Kasus pada Agroindustri Sindang Rasa di Desa Padaringan Kecamatan Purwadadi Kabupaten Ciamis)

Citra - Meliawati, Budi Setia, Anisa Puspitasari

Abstract


Industrialisasi pertanian dikenal dengan nama agroindustri. Peran agroindustri sangat diperlukan dalam mengembangkan kegiatan pengolahan dan pemasaran hasil pertanian, mengingat bahwa sifat produk pertanian tidak tahan lama. Penelitian ini bertujuan 1) Mengetahui besarnya nilai tambah yang dihasilkan dari proses pengolahan singkong menjadi keripik singkong pada agroindustri Sindang Rasa di Desa Padaringan Kecamatan Purwadadi Kabupaten Ciamis, 2) Mengetahui alternatif strategi pemasaran dalam memasarkan keripik singkong dalam agroindustri keripik singkong Sindang Rasa di Desa Padaringan Kecamatan Purwadadi Kabupaten Ciamis. Metode penelitian yang digunakan adalah studi kasus dengan pendekatan kualitatif pada agroindustri Sindang Rasa di Desa Padaringan Kecamatan Purwadadi Kabupaten Ciamis. Penarikan sampel yang digunakan yaitu Purposive Sampling. Analisis yang digunakan yaitu analisis nilai tambah dan analisis SWOT. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) besarnya nilai tambah pada agroindustri Sindang Rasa yaitu sebesar Rp. 15.092 per kilogram dengan rasio nilai tambah sebesar 68,60%. 2) Alternatif strategi pemasaran keripik singkong sindang rasa adalah stategi S-O dengan menggunakan kekuatan internal untuk memanfaatkan peluang yaitu memanfaatkan teknologi informasi untuk memperluas pemasaran, memperluas jangkauan pemasaran melalui kerjasama dengan toko oleh-oleh yang potensial dengan memanfaatkan harga yang terjangkau dan kualitas produk yang baik.

Keywords


Keripik Singkong, Nilai Tambah, Strategi Pemasaran, SWOT

References


Cahyono, B. (2019). Aneka Produk Olahan Ubi Kayu. Semarang: Aneka Ilmu

Dewi, Y. C., Ferrianta, Y., & Husaini, M. (2020). Analisis Nilai Tambah Dan Strategi Pemasaran Industri Cokelat Batangan (Studi Kasus UMKM Abba Cokelat Di Kota Banjarbaru). Frontier Agribisnis, 1(4), 95–101

Fitriah, A., Noor, T. I., & Aziz, S. (2023). Kelayakan Usaha Dan Nilai Tambah Agroindustri Sale Pisang (Studi Kasus Pada Agroindustri Kharisma Di Kelurahan Kersanagara Kecamatan Cibeureum Kota Tasikmalaya). Agroinfo Galuh, 10(1), 237–247.

Prahasini, B. (2016). Analisis Nilai Tambah Dan Strategi Pemasaran Keripik Tempe Di Kota Tarakan (Studi Kasus Pada Usaha Kecil Dan Menengah (Ukm) Bunga Serai Di Kecamatan Tarakan Tengah). Skripsi. Program Studi Agribisnis Fakultas Pertanian Universitas Borneo Tarakan.

Rangkuti, F. (2013). Analisis SWOT Teknik Membedah Kasus Bisnis. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Alfabeta Bandung.




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/jimag.v11i2.12024

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


___________________________________________________________________________________

Diterbitkan Oleh :

FAKULTAS PERTANIAN UNIVERSITAS GALUH

Jl. RE Martadinata No. 150 Ciamis 46274

Telepon: 0265-2754011

Email: agroinfogaluh@gmail.com


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.

 __________________________________________________________________________________

Jurnal Ilmiah Mahasiswa Agroinfo Galuh diindeks oleh: