ANALISIS NILAI TAMBAH DAN STRATEGI PEMASARAN KERIPIK UBI UNGU (Studi Kasus Pada Agroindustri Eriwa di Kelurahan Nagarasari Kecamatan Cipedes Kota Tasikmalaya)

Aa Uha Suhada, Budi Setia, Anisa Puspitasari

Abstract


ABSTRAKPenelitian ini bertujuan untuk menganalisis nilai tambah yang diperoleh dari pengolahan ubi ungu, dan alternatif strategi pemasaran pada produk keripik ubi ungu agroindustri Eriwa. Penelitian ini dilaksanakan di agroindustri Eriwa Kelurahan Nagarasari Kecamatan Cipedes Kota Tasikmalaya. Lokasi ditentukan secara purposive dengan mewawancarai responden sebagai teknik pengumpulan data. Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah adalah Metode Hayami dan analisis SWOT. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa (1) Nilai tambah yang dihasilkan oleh agroindustri keripik ubi ungu agroindustri Eriwa adalah sebesar Rp. 19.236/Kg dan rasio nilai tambah sebesar 34,85 persen dengan total produksi kripik ubi ungu sebanyak 92 Kg dalam satu hari proses produksi, dengan demikian agroindustri Eriwa memiliki rasio nilai tambah sedang, karena rasio nilai tambah 15%-40 persen. (2) Alternatif strategi pemasaran dari hasil matrik SWOT yang berada di kuadran II (Strategi diversifikasi) Strategi yang harus diterapkan adalah menggunakan kekuatan untuk memanfaatkan peluang jangka panjang dengan cara strategi diversifikasi (produk), dapat diuraikan sebagai berikut : (a) Mempertahankan produk yang sudah memiliki merek dan dikenal pelanggan konsumen untuk pengembangan produk, melakukan pengembangan peroduk sesuai keinginan pasar dengan memanfaatkan nama merek yang sudah dikenal dikalangan pelanggan konsumen. (b) Menerapkan harga yang bersaing pada produk yang ditawarkan. Harga yang terjangkau untuk olahan keripik ubi jalar dan tidak melebihi harga yang ditawarkan pesaing membuat konsumen bisa mempertimbangkan untuk membeli produk yang ditawarkan. Agroindustri Eriwa sebaiknya disarankan untuk lebih mengefektifkan biaya produksi dan meningkatkan kualitas pada produknya, untuk memperoleh nilai tambah yang lebih tinggi. Agroindustri Eriwa hendaknya melakukan keragaman pada produk keripik ubi ungu, dengan menambahkan bentuk baru pada keripik ubi ungu, seperti keripik yang berbentuk segitiga, untuk menarik lebih banyak konsumen pada produk keripik ubi ungu yang diproduksi.Kata Kunci : Keripik, Ubi, Nilai Tambah, Strategi.

Keywords


Keripik, Ubi, Nilai Tambah, Strategi

References


Adhiningsih, A. H. dkk. (2016). Strategi Pengembangan Umkm Pedesaan Menuju

Entrepreneurs Village Pada Pasar Global. Universitas Esa Unggul.

Arifin. (2016). Pengantar Agroindustri. Bandung: CV. Mujahid Press.

Astuti, M. dan Amanda. A. R. (2020). Pengantar Manajemen Pemasaran.

Yogyakarta: CV. Budi Utama.

Badan Pusat Statistika Kota Tasikmalaya. (2018). Ubi Jalar, 2015. Kota

Tasikmalaya : Badan Pusat Statistik.

Badan Pusat Statistika Kota Tasikmalaya. (2018). Jumlah Perusahaan, Tenaga Kerja

dan Nilai Produksi Menurut Klasifikasi Industri, 2018. Kota Tasikmalaya :

Badan Pusat Statistik.

Badan Pusat Statistik Kota Tasikmalaya. (2022). Angka Beban Tanggungan. Kota

Tasikmalaya : Badan Pusat Statistik.

Dharma, M. L. dkk. (2022). Analisis Nilai Tambah Dan Strategi Pemasaran Keripik

Pakcoy (Brassica Chinensis L.) Kelompok Kebun Flamboyan Di Kelurahan

Cisaranten Kidul Kecamatan Gedebage (Studi Kasus di Kelompok Kebun

Flamboyan Kelurahan Cisaranten Kidul Kecamatan Gedebage Kota

Bandung). Orchid Agri: Vo l2. No 1. Bulan Februari Tahun 2022

Diarsa, W. A. dkk. (2017). Analisis Nilai Tambah Dan Strategi Pengembangan

Home Industry Kupang Kering Di Desa Balongdowo Kecamatan Candi

Kabupaten Sidoarjo. Vol 10 No. 3 November 2017.

Fitrah, M. dan Luthfiyah. (2017). Metodologi Penelitian, Penelitian Kualitatif,

Tindakan Kelas Dan Studi Kasus. Kecamatan Bojong Genteng. Kabupaten

Sukabumi. cv jejak.

Hastiti Putri, H. S. (2021). Strategi Pemasaran Agroindustri Tempe Di Kelurahan

Tompobalang Kecamatan Somba Opu Kabupaten Gowa (Studi Kasus UD.

Arum Swadaya). Skripsi. Program Studi Agribisnis Fakultas Pertanian

Universitas Muhammadiyah Makassar.

Herlin, H. dan Mulyani, D. (2016). Pengaruh Kualitas Bahan Baku dan Proses

Produksi Terhadap Kualitas Produk pada UD Tahu Rasyid PUspan Maron

Porbolingga. Jurnal Prodi Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis,

Universitas Jember. ISBN 978-602-60569-2-4.

Jumrana, M. (2021). Pengaruh Biaya Operasional Dan Harga Ikan Terhadap

Pendapatan Nelayan Di Desa Kahukahu Kecamatan Bontoharu Kabupaten

Selayar. Skripsi. Program Studi Ekonomi Pembangunan Fakultas Ekonomi

Dan Bisnis Universitas Muhammadiyah Makassar.

Juwita, A. (2019). Analisis SWOT Dalam Menentukan Strategi Pemasaran Pada

Usaha Furniture Di Some Renders Madiun. Skripsi. Jurusan Ekonomi

Syariah. Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam. Instititut Agama Islam Negeri

Ponorogo.

Kertajaya. (2007). Hermawan Kertajaya on Marketing. Edisi Soft Cover,

MizanMedia Utama, Bandung.

Latifah, H. dan MS. Noorman. (2018). UMKM & Bentuk-Bentuk Usaha.

Semarang. Unissula Press.

Lestari, S. dkk. (2016). Analisis Kinerja Rantai Pasok dan Nilai Tambah Produk

Olahan Kelompok Wanita Tani Melati Di Desa Tribudisyukur Kecamatan

Kebun Tebu Lampung Barat, volume 4 No. 1, Januari 2016.

Maulida, Y. A. dan Habiburahman. (2022). Analisis Strategi Pemasaran Keripik

Pisang di Era Pandemi COVID-19 (Studi Kasus UMKM Keripik Sumber

Rezeki). Sibatik Journal | Volume 1 NO.4 (Maret 2022)

Melati. (2021). Manajemen Pemasaran Jl. Rajawali, G. Elang 6 No 3,

Drono.Sardonoharjo. Ngaglik. Sleman. Grup penerbit cv budi utama.

Naen, J. (2016). Strategi Usaha Agroindustri Keripik Ubi Jalar di Desa Dopang

Kecamatan Gunungsari Kabupaten Lombok Barat. Jurnal :Strategi Usaha

Agroindustri Kripik Ubi Jalar di Desa Dopang Kecamatan Gunungsari

Kabupaten Lombok Barat.

Putri, A. R. (2022). Analisis Strategi Pemasaran Dalam Meningkatkan Penjualan

Handphone Pada Toko Dunia Cell Di Kota Surabaya. Skripsi. Fakultas

Ekonomi Dan Bisnis Universitas Bhayangkara Surabaya.

Putri, M. R. A. dkk. (2022). Modul Pelatihan Strategi Pemasaran Produk Olahan

Desa Pantai Harapan Jaya Berbasis Nilai Tambah. Sleman. Yogyakarta cv

bintang semesta media.

Rakhmat, I. I. dkk. (2021). Sayuran dan buah berwarna ungu untuk meredam

radikal bebas. Sleman. Grup penerbit cv budi utama.

Rangkuti, F. (2013). Teknik Membedah Kasus Bisnis Analisis SWOT. Jakarta: PT.

Gramedia Pustaka Utama.

Safitri, L. S. (2015). Analisis Nilai Tambah Keripik Pisang di UKM Rifa,

Kabupaten Subang. Jurnal Agrorektan: Vol. 2 No. 2 Desember 2015.

Setiyawati. (2017). Pendapatan Dan Kesejahteraan Rumah Tangga Petani. Jurnal

Gerbang Etam Balitbangda Kab. Kukar Vol. 11 No. 2 Tahun 2017 ISSN

-838X.

Simin. I. (2014). Analisis Nilai Tambah Buah Pisang Menjadi Keripik Pisang Pada

Industri Rumah Tangga Sofie di Kota Palu. e-J. Agrotekbis 2 (5) : 510-516,

Oktober 2014. ISSN : 2338-3011.

Suratiyah, K. (2006). Ilmu Usaha Tani, Mekarsari, Cimanggis Depok. Penerbit

Swadaya.

Udayana, GB. (2011). Peran Agroindustri dalam Pembangunan Pertanian.

Singhadwala, Edisi 44, Februari 2011.

Zaini, A. dkk. (2019). Nilai Tambah dan Daya Saing Produk Unggulan di Kutai

Barat. CV Budi Utama. Yogyakarta.




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/jimag.v11i2.12029

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


___________________________________________________________________________________

Diterbitkan Oleh :

FAKULTAS PERTANIAN UNIVERSITAS GALUH

Jl. RE Martadinata No. 150 Ciamis 46274

Telepon: 0265-2754011

Email: agroinfogaluh@gmail.com


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.

 __________________________________________________________________________________

Jurnal Ilmiah Mahasiswa Agroinfo Galuh diindeks oleh: