TINGKAT KEPUASAN KONSUMEN TERHADAP ATRIBUT PRODUK SAYURAN ORGANIK DI PASAR MODERN PLAZA ASIA TASIKMALAYA

Wildan Ali Mauludin

Abstract


Sayur merupakan makanan sehat untuk dimakan dan berperan penting bagi kesehatan manusia apalagi jika sayuran tersebutberlabel organik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahuikarakteristik konsumen dan tingkat kepuasan konsumen terhadap atribut sayuran organik di pasar modern Plaza Asia Tasikmalaya. Jenis penelitian ini termasuk penelitian deskriptif  dengan menggunakan metode survei. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian  ini adalah  non probability  sampling dengan  menggunakan  metode  judgement  sampling.  Responden dalam penelitian ini adalahKonsumen yang bersedia diwawancarai sedang membeli atau pernah membeli sayuran organik. di Plaza Asia Tasikmalaya yaitu sebanyak 100 responden. Analisis yang digunakandalam penelitian ini yaitu Importance Performance Analysis(IPA) dan Customer Satisfaction Index (CSI). Hasil penelitian menunjukkan bahwa karakteristik konsumen sayuran organik  yaitu rata-rata usia 34 tahun, didominasi oleh perempuan, sudah menikah, tingkat pendidikan perguruan tinggi, dengan perkerjaan ibu rumah tangga dan pendapatan > 4.000.000 Rupiah. Tingkat kepuasan konsumen terhadap atribut sayuran organik di pasar modern Plaza Asia Tasikmalaya berdasarkan hasil perhitungan Customers Satisfaction Index (CSI), diperoleh hasil nilai sebesar 75,74. Hal ini menunjukkan bahwa kepuasan umum konsumen sayuran organik di pasar modern Plaza Asia Tasikmalaya dapat dikatakan puas terhadap pelayanan yang diberikan perusahaan.

Keywords


Tingkat kepuasan, sayur organik

References


Joni, E, dan Azizah, N. 2019. Pengaruh Kualitas Produk, Harga dan Lokasi Terhadap Kepuasan Pelanggan Toko Fanny Textile Jakarta. Jurnal Mitra Manajemen, Vol.10, No. 2.

PusparinA, Bambang dan Budi. 2013. Perilaku Konsumen Dalam Pembelian Telur Ayam Kampungdi Malang (studi kasus wilayah perdesaan dan perkotaan). JURNAL-rinrin.

Santoso, B. danAfrila, A. 2011. Water holding capacity (WHC), kadar protein, dan kadar air dendeng sapi pada berbagai konsentrasi ekstrak jahe (Zingiber officinale Roscoe) dan lama perendaman yang berbeda. Jurnal Ilmu dan Teknologi Hasil Ternak, Agustus 2011. 6(2):41-46

Sujarweni, V. Wiratna. 2015. Metodologi Penelitian Bisnis Dan Ekonomi, 33. Yogyakarta: Pustaka Baru Press.

Sukmadinata. (2010). Metode Penelitian. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Supranto, J. 2011. Pengukuran Tingkat Kepuasan Pelanggan Untuk Menaikkan. Pangsa Pasar, Cetakan keempat, Penerbit PT Rineka Cipta

Syukri, A. (2014). Penerapan Customer Satisfaction Index ( CSI ) Dan Analisis Gap Pada Kualitas Pelayanan. Jurnal Ilmiah Teknik Industri, 13(2), 103– 111. Retrieved fromjournals.ums.ac.id/index.php/jiti/article/view/618.

Tatipikalawan, J. M. 2012. Analisis produktivitas tenaga kerja keluarga pada usaha peternakan kerbau di Pulau Moa Kabupaten Maluku Baratdaya. J. Agroforestri. 7 (1) : 8–14




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/jimag.v11i3.13854

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


___________________________________________________________________________________

Diterbitkan Oleh :

FAKULTAS PERTANIAN UNIVERSITAS GALUH

Jl. RE Martadinata No. 150 Ciamis 46274

Telepon: 0265-2754011

Email: agroinfogaluh@gmail.com


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.

 __________________________________________________________________________________

Jurnal Ilmiah Mahasiswa Agroinfo Galuh diindeks oleh: