ANALISIS SALURAN PEMASARAN JAGUNG DI DESA KERTAHARJA KECAMATAN CIJEUNGJING KABUPATEN CIAMIS
Fajar Nugraha, Sudrajat -, Rian Kurnia
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh perbedaan margin pemasaran antara petani dan lembaga pemasaran yang terlibat dalam memasarkan hasilnya, serta melibatkan banyak pelaku pemasaran, namun efektifitas dan efisiensinya ditentukan Dengan adanya keuntungan pasar, harga yang diterima petani dan fasilitas fisik distribusi, peran masing-masing lembaga distribusi masih belum jelas. Tujuan dari penelitian ini adalah.: (1) Saluran pemasaran jagung di Kelompok Tani Binangkit Desa Kertaharja Kecamatan Cijeungjing Kabupaten Ciamis. (2) Besarnya biaya, keuntungan, margin dan farmer’s share pada pemasaran jagung di Kelompok Tani Binangkit Desa Kertaharja Kecamatan Cijeungjing Kabupaten Ciamis.Jenis penelitian yang digunakan yakni studi kasus, pengambilan sampel petani dilakukan dengan cara sampling jenuh yaitu seluruh petani jagung di Kelompok Tani Binangkit Desa Kertaharja sebanyak 25 orang, Pada saat yang sama, sampel pedagang diambil secara snowball sampling yang meliputi 4 pedagang grosir dan 13 pengecer. Tempat penelitian adalah Kelompok Tani Binangkit, Desa Kertaharja, Kecamatan Cijeungjing, Kabupaten Ciamis. Hasil penelitian menunjukkan: Pemasaran jagung di Desa Kertaharja terdiri dari 4 saluran pemasaran, Adapun rincian total biaya, margin pemasaran, serta Farmer’s share jagung di Desa Kerjaharja adalah sebagai berikut : Saluran I, total biaya pemasaran Rp 396,69/kg, margin pemasaran Rp 2000/kg dengan keuntungan pemasaran Rp 1603,31/kg. Saluran II, total biaya pemasaran Rp 442,24/kg, margin pemasaran Rp 1500/kg dan keuntungan pemasaran Rp 1057,76/kg. Saluran III, total biaya pemasaran Rp 466,16/kg, margin pemasaran Rp 3200/kg dan keuntungan pemasaran Rp 2733,84/kg. Saluran IV, total biaya pemasaran Rp 592,63/kg, margin pemasaran Rp 2000/kg dan keuntungan pemasaran Rp 1407,37/kg, Saluran I memiliki nilai Farmer’s share 69,23%, saluran II memiliki nilai Farmer’s share 70,00%, saluran III 55,56%, dan saluran IV 58,33%.
Keywords
biaya pemasaran, farmer’s sahre, jagung, keuntungan, margin, saluran pemasaran
References
Akil dan Hadijah A.D., (2011), Budidaya Jagung dan Desiminasi Teknologi. Lay, W. B., 1994, JAGUNG. Teknk Produksi dan Pengembangan, Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian, Pusat Penelitian Tanaman Pangan.
Angipora. 2002. Dasar Dasar Pemasaran, Edisi Kedua. Jakarta : Raja Grafindo Persada.
Jesi Ratnasari. (2013). Pengaruh kondisi sosial dan ekonomi orang tua terhadap motivasi melanjutkan pendidikan keperguruan tinggi di SMA Negeri 1 Sungai Ambawang Kabupaten Kubu Raya. Skripsi Sarjana Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Tanjungpura, Pontianak.
Marpaung, Y., Rotinsulu, D. C., & Rorong, I. P. F. 2020. Jurnal Pembanguan Ekonomi dan Keuangan Daerah Vol.21 No.2 (2020). Jurnal Pembangunnan Ekonomi Dan Keuangan Daerah, 21(2), 76–93.
Muflihun, S., (2019). Analisis pemasaran jagung di Desa Rade Kecamatan Madapangga Kabupaten Bima. Program Studi AgribisnisFakultasPertanianUniversitas Muhammadiyah Makassar
Sugiyono, (2017). Metode Penelitian. Bandung. Alfabeta.
Syifa, S., Kalaba, Y., & Muis, A. (2020). Analisis pemasaran jagung manis di Kecamatan Sigi Biromaru Kabupaten Sigi. Agroland: Jurnal Ilmu-ilmu Pertanian, 27(1), 99-107.
Ukas. 2017. Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Produktivitas Tenaga Kerja Industri Kecil Kota Palopo. Journal Islamic Management. 2(2).
DOI:
http://dx.doi.org/10.25157/jimag.v11i3.14243
Refbacks
- There are currently no refbacks.
___________________________________________________________________________________
Diterbitkan Oleh :
FAKULTAS PERTANIAN UNIVERSITAS GALUH
Jl. RE Martadinata No. 150 Ciamis 46274
Telepon: 0265-2754011
Email: agroinfogaluh@gmail.com
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.
__________________________________________________________________________________
Jurnal Ilmiah Mahasiswa Agroinfo Galuh diindeks oleh: