Strategi Pemasaran Coffee Shop Untuk Bertahan Pasca Pandemi COVID-19 (Studi Kasus di Backspace Coffee & Eatery di Jatinangor)

Michelle Anggraini Wy, Gema Wibawa Mukti, Mahra Arari Heryanto, Eti Suminartika

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keragaan usaha coffee shop serta menentukan dan menyusun strategi pemasaran yang tepat dan dapat diterapkan oleh coffee shop agar usahanya dapat bertahan di masa pasca pandemi COVID-19. Penelitian ini dilakukan menggunakan desain kualitatif dan jenis penelitian studi kasus di Backspace Coffee & Eatery di Jatinangor, penentuan informan dilakukan dengan sengaja (purposive). Informan kunci pada penelitian ini ada 3, yaitu owner, supervisor, dan staff coffee shop. Analisis data menggunakan analisis SWOT dan QSPM. Hasil penelitian menunjukkan bahwa fasilitas yang memadai dan menunjang kenyamanan konsumen merupakan kekuatan internal terbesar sedangkan jumlah produksi makanan dan minuman pasca pandemi merupakan kelemahan terbesar coffee shop. Feedback konusmen merupakan peluang terbesar sedangkan pesaing coffee shop yang berjamur atau pendatang baru dengan bisnis yang sama merupakan ancaman terbesar coffee shop. Berdasarkan matriks IE, coffee shop ini berada pada sel V, yaitu posisi hold and maintain dengan melakukan strategi penetrasi pasar dan pengembangan produk. Berdasarkan matriks SWOT dan QSPM, didapatkan bahwa strategi paling utama adalah pemasaran digital dan kolaborasi mitra lokal dengan nilai TAS sebesar 5,368.

Keywords


Strategi Pemasaran; Analisis SWOT; Analisis QSPM

References


Ayelign, A., & Sabally, K. (2013). Determination of chlorogenic acids (CGA) in coffee beans using HPLC. American Journal of Research Communication, 1(2), 78-91. https://doi.org/10.21274/sosebi.v1i1.4929.

Badan Pusat Statistik. (2023). Kabupaten Sumedang dalam Angka 2023. Kabupaten Sumedang: Badan Pusat Statistik.

Badan Pusat Statistik. (2023). Produk Domestik Bruto Indonesia Triwulanan. Jakarta: Badan Pusat Statistik.

Badan Pusat Statistik. (2022). Kecamatan Jatinangor dalam Angka 2022. Kabupaten Sumedang: Badan Pusat Statistik

Badan Pusat Statistik. (2022). Profil Industri Mikro dan Kecil Provinsi Jawa Barat. Provinsi Jawa Barat: Badan Pusat Statistik.

Badan Pusat Statistik. (2021). Statistik Penyedia Makan Minum. Jakarta: Badan Pusat Statistik.

Badan Pusat Statistik. (2020). Analisis Hasil Survei Dampak Covid-19 Terhadap Pelaku Usaha. Jakarta: Badan Pusat Statistik RI.

Creswell, J. W. (2013). Research Design: Qualitative, Quantitative, and Mixed Methods Approaches. Thousand Oaks, California: SAGE Publications.

David, F. R. (2016). Strategic management: A competitive advantage approach, concepts. Pearson Education.

Elsa, F. A., Budi Tristanto, T., Handayani, R. (2022). Strategi Pemasaran Pupuk Organik Cair CV. Wong Agro Lestari. Prosiding Seminar Nasional Pembangunan Dan Pendidikan Vokasi Pertanian, 3(1), 202–210.

Indrasari, Y. (2020). Efesiensi Saluran Distribusi Pemasaran Kopi Rakyat Di Desa Gending Waluh Kecamatansempol (Ijen) Bondowoso. Jurnal Manajemen Pemasaran, 14(1), 44–50.

Kementerian Keuangan Republik Indonesia. (2022). Kemenkeu Tanggap COVID-19: Informasi Terkini. https://www.kemenkeu.go.id/covid19. Diakses tanggal 30 Mei 2024

Nur Aziz, T., Rizal, M., Arifianti, R., & Husna, A. (2021). Strategi Marketing Pada CV. Kembar Jaya Kreatif Dengan Memanfaatkan Analisis Swot Serta QSPM. Bahtera Inovasi, 4(2), 128–138.

Rangkuti, Freddy. (2008). Analisis SWOTTeknik Membedah Kasus Bisnis. Gramedia Pustaka Utama, Jakarta.

Setyorini, H., Efendi, M., & Santoso, I. (2016). Marketing strategy analysis using SWOT matrix and QSPM (Case study: WS Restaurant Soekarno Hatta Malang). Industria: Jurnal Teknologi dan Manajemen Agroindustri, 5(1), 46-53.




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/jimag.v11i3.14556

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


___________________________________________________________________________________

Diterbitkan Oleh :

FAKULTAS PERTANIAN UNIVERSITAS GALUH

Jl. RE Martadinata No. 150 Ciamis 46274

Telepon: 0265-2754011

Email: agroinfogaluh@gmail.com


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.

 __________________________________________________________________________________

Jurnal Ilmiah Mahasiswa Agroinfo Galuh diindeks oleh: