PERSEPSI PETANI TERHADAP USAHATANI STEVIA (Studi Kasus di Desa Mekarsari, Kecamatan Cikajang, Kabupaten Garut)
Farhan Muhammad Fachri, Hepi Hapsari, Yayat Sukayat
Abstract
Stevia adalah sejenis tanaman perdu yang bisa dijadikan sebagai pemanis pengganti pemanis dari gula tebu. Kandungan kalori pada pemanis dari stevia adalah nol, sehingga bagus dikonsumsi oleh penderita diabetes. Penggunaan pemanis dari stevia bisasanya pada makanan, minuman, serta obat-obatan. Usahatani stevia di Desa Mekarsari sudah kurang lebih satu tahun dilakukan dengan kerjasama bersama dua perusahaan, yaitu PT Tokinoto Utama yang adalah eksportir dan PT Agrojabar yang mengolah stevia menjadi stevia cair dan menjual stevia olahan ke perusahaan lain. Tim perusahan dari Jepang mengatakan bahwa kualitas tanaman stevia di Desa Mekarsari Kecamatan Cikajang ini merupakan salah satu kualitas terbaik di dunia. Saat ini sudah ada 6 petani penggarap dan 30 buruh tani yang terlibat dalamusahatani stevia. Sejak awal tahun 2018, pembukaan lahan Pamegatan yang sebelumnya dikuasai masyarakat sedang diusahakan untuk dibuka sebesar 100 hektar yang akan dimanfaatkan untuk perluasan stevia di Desa Mekarsari. Usaha perluasan itu nantinya akan dilakukan kerjasama dengan petani penggarap dan buruh tani di Desa Mekarsari. Penelitian ini akan melihat karakteristik petani, bagaimana persepsi petani di Desa Mekarsari, serta usahatani stevia selama satu tahun agar nantinya bisa diketahui apakah usahatani stevia di Desa Mekarsari baik atau dan apakah usahatani stevia lebih baik dilanjutkan atau tidak jika dilihat dari persepsi petani penggarap dan buruh tani. Desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif dengan metode statistika deskriptif dengan alat bantu analisis nilai rataan skor yang dipresentasikan dengan tabulasi silang. Hasil analisis menunjukkan bahwa usahatani stevia sudah menguntungkan selama satu tahun, serta persepsi petani di Desa Mekarsari mayoritas baik terhadap usahatani stevia dilihat dari semua karakteristik petani.
References
Alisa, Ifa. 2007. Persepsi Petani Terhadap Inovasi Untuk Menggunakan Pupuk Kompos Kotoran Ternak Produk P4S Bumi Lestari Sragen (Kasus Petani di Desa Gondang Kecamatan Gondang Kabupaten Sragen). Skripsi. Program Studi Sosial Ekonomi Peternakan. Fakultas Peternakan. Institut Pertanian Bogor.
Geuns, J. M. C. 2003. Molecules of Interest Stevioside. Phytochemistry, 64 : 913-921.
Mantra, I.B. 2004. Demografi Umum. Penerbit Pustaka Pelajar: Yogyakarta.
Prayitno, Hadi. 1986. Ekonomika Pembangunan, Edisi 1, Yogyakarta: BPFE.
Purba, Amir. 2010. Pengantar Ilmu Komunikasi. Medan.
Rakhmat, Jalaludin. 2004. Psikologi Komunikasi. Bandung: PT Rosdakarya, 51
Santoso, S., & Tjiptono, F. (2001). Riset Pemasaran Konsep dan Aplikasi dengan SPSS. Elex Media Komputindo: Jakarta.
Soekartawi. 1988. Prinsip Dasar Manajemen Pemasaran Hasil Pertanian Teori dan Aplikasi. Jakarta: Rajawali Press.
DOI:
http://dx.doi.org/10.25157/jimag.v6i1.1573
Refbacks
- There are currently no refbacks.
___________________________________________________________________________________
Diterbitkan Oleh :
FAKULTAS PERTANIAN UNIVERSITAS GALUH
Jl. RE Martadinata No. 150 Ciamis 46274
Telepon: 0265-2754011
Email: agroinfogaluh@gmail.com
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.
__________________________________________________________________________________
Jurnal Ilmiah Mahasiswa Agroinfo Galuh diindeks oleh: