EFISIENSI PEMASARAN PEPAYA (Carica papaya L.) VARIETAS CALINA IPB-9 (Suatu Kasus di Kecamatan Langensari Kota Banjar)

Abik Fatoni, Dini Rochdiani, Sudradjat Sudradjat

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) Saluran pemasaran pepaya (Carica papaya L.) Varietas Calina IPB-9 di Kecamatan Langensari Kota Banjar, 2) Besarnya marjin pemasaran di tiap lembaga pemasaran pada pemasaran buah pepaya (Carica papaya L.) Varietas Calina IPB-9 di Kecamatan Langensari Kota Banjar, 3) Besarnya bagian harga (farmer’s share) yang diterima petani pepaya (Carica papaya L.) Varietas Calina IPB-9 dari harga yang dibayar konsumen di Kecamatan Langensari Kota Banjar, dan 4) Efisiensi pemasaran buah pepaya (Carica papaya L.) Varietas Calina IPB-9 di Kecamatan Langensari Kota Banjar. Penelitian ini dilaksanakan di Kecamatan Langensari Kota Banjar dengan menggunakan metode survai. Data yang dikumpulkan meliputi data primer dan data sekunder. Teknik pengambilan sampel yang digunakan untuk lokasi/daerah penelitian adalah teknik purposive sampling, untuk petani adalah teknik Simple Random Sampling dengan jumlah sampel sebanyak 33 responden, dan lembaga pemasaran dilakukan dengan cara snowballs sampling. Untuk menjawab permasalahan pertama yaitu untuk mengetahui saluran pemasaran pepaya dilakukan anaisis secara deskriptif. Untuk menjawab permasalahan kedua, ketiga dan keempat yaitu menggunakan perhitungan dari Alhusniduki (2007). Hasil penelitian menunjukkan: 1) Saluran pemasaran pepaya (Carica papaya L.) Varietas Calina- IPB9 di Kecamatan Langensari, terbagi menjadi empat saluran yaitu : a) Saluran I: dari petani kepedagang besar, ke pedagang pengecer, lalu ke konsumen. b) Saluran II: dari petani ke pedagang pengumpul, lalu ke pedagang besar kemudian ke pedagang pengecer, lalu ke konsumen. c) Saluran III: dari petani ke pedagang pengumpul ke pedagang pengecer, lalu ke konsumen. d) Saluran IV: dari petani ke pedagang pengecer, lalu ke konsumen. 2) Marjin pemasaran pada saluran I untuk pedagang besar sebesar Rp 750/kg dan untuk pedagang pengecerRp 1.000/kg, saluran II untuk pedagang pengumpul sebesar Rp 500/kg, pedagang besar sebesar Rp 500/kg, dan untuk pedagang pengecer Rp 1.000/kg saluran III untuk pedagang pengumpul sebesar Rp 750/kg dan untuk pedagang pengecer Rp 1.250/kg, dan saluran IV untuk pedagang pengecer Rp 1.250/kg, 3) Besarnya bagian harga (farmer’s share) yang diterima petani pepaya(Carica papaya L.) Varietas Calina IPB-9 dari harga yang dibayar konsumen di Kecamatan Langensari Kota Banjar pada saluran I sebesar 50,00%, saluran II sebesar 42,86%, saluran III sebesar 42,86%, dan saluran IVsebesar 64,29%. 4) Efisiensi pemasaran pada Saluran I sebesar 18,57 persen, Saluran II sebesar 25,71 persen, Saluran III sebesar 21,39 persen, dan Saluran IV sebesar 12,29 persen. Keempat saluran pemasaran tersebut sudah efisien, karena nilai efisiensipemasarannya kurang dari 34% (0-33%).Kata kunci : Efisiensi pemasaran, pepaya (Carica papaya L.) Varietas Calina IPB-9

Full Text:

PDF

References


Abdulkarim, A. 2008. Pendidikan Kewarganegaraan. Bandung: Grafindo.

Alhusniduki, 2007. Alat dan Teknik untuk Memperbaiki Mutu. Higher

Education Development Support Project. Jakarta.

Alma, B. 2007. Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Bandung: Alfabeta.

Arikunto, S. 2012. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek, Jakarta

:Rieneka Cipta, Cet III.

Arifudin, A. 2007. Telaah Efisiensi Pola Pemasaran Jambu Mete (Anacardium occidentale) di Kecamatan Semin Kabupaten Gunung Kidul, Skripsi. Fakultas Pertanian. Universitas Jendral Sudirman, Purwokerto.

Assauri, M. 2009. Manajemen Pemasaran Dasar, Konsep Dan Strategi. Raja Grafindo Persada. Jakarta.

Azzaino, Z. 2008. Pengantar Tataniaga Pertanian, Departemen Pertanian

Ilmu-Ilmu Sisial Ekonomi Pertanian, IPB Bogor.

Badan Pusat Statistik. 2016. Banjar dalam Angka, Banjar.

Badan Pusat Statistik. 2016. Jawa Barat dalam Angka, Banjar.

Badan Pusat Statistik. 2016. Statistik Indonesia, Jakarta.

Basirun, 2011. Analisis Pemasaran. Bumi Aksara, Jakarta.

Gitosudarmo. (2010). Manajemen Pemasaran. Yogyakarta: BPFE.

Hadisaputro, S.. 2007. Etika Bisnis. Yogyakarta: BPFE.

Irwan, B. 2008. Membangun Agribisnis Hortikultura Terintegrasi dengan

Basis Kawasan Pasar. Forum Penelitian Agro Ekonomi, vol: 21 (1). Pusat Penelitian dan Pengembangan Sosial Ekonomi Pertanian. Bogor.

Kalie, MB. 2007. Bertanam Pepaya Calina- IPB9. Jakarta: Penebar Swadaya.

Kotler, P. 2008. Manajemen Pemasaran, Analisa perencanaan, Implementasi dan Kontrol, Edisi Kesembilan, Jilid 1 dan jilid 2, Jakarta, Prehalindo, alih bahasa oleh Hendra Teguh

S.E.,A.K., dan Ronny A. Rusli, S.E. Manullang, M. 2008. Pengantar Ekonomi Perusahaan. Liberty Yogyakarta.

Mulyadi, 2010, Akuntansi Biaya, Aditya Media, Yogyakarta.

Mulyamah, 2007,Manajemen Perubahan. Jakarta: Yudhistira

Munawir. 2014. Analisa Laporan Keuangan. (Edisi keempat ). Yogyakarta :

Liberty.

Profil Kecamatan Langensari, 2016.

Rahim, A. dan Hastuti, D.R.D. 2007. Pengantar, Teori, dan Kasus

Ekonomi Pertanian. Seri Agriwawasan. PT. Penebar Swadaya. Jakarta.

Sobirin, T. 2009. Efisiensi Pemasaran Pepaya Calina-IPB9 (Carica papaya

L.) di Kecamatan Sumbang Kabupaten Banyumas.

Skripsi.Fakultas Pertanian.

Universitas Jendral Sudirman.

Purwokerto.

Sobir. 2010. Sukses Bertanam Pepaya Unggul

Kualitas Supermarket. PT. Agro

Media Pustaka. Jakarta.

Soekartawi. 2012. Managemen Pemasaran

Hasil-hasil Pertanian., Teori dan

Aplikasinya. CV Rajawali. Jakarta.

Swastha, B. 2010. Azas-Azas Marketing, Edisi

pertama, BPFE, Yogyakarta.

Sriani, Fanani, dan Kusman. 2008. Papaya

Calina. Agro Alam Lestari. Jakarta.

Stern & El-Ansary, 2008. Marketing.

Homewood, Richard D. Irwin Inc.

Sudiyono, A. 2011. Pemasaran Pertanian.

Universitas Muhamadiyah Malang.

Malang.

Sugiyono, 2008. Metode Penelitian Bisnis.

Alfabeta. Bandung

Supriyono. 2011. Akuntansi Manajemen.

Jakarta: Salemba Empat.

Suratno dan L. Arsyad. 2008. Metodelogi

Penelitian Untuk Ekonomi Dan

Jurnal Ilmiah Mahasiswa AGROINFO GALUH

Volume 4 Nomor 1, September 2017

Halaman | 513

Bisnis. UDP. Akademi Manajemen

Perusahaan YKPN. Yogyakarta.

Stern & El-Ansary, 2007. Marketing.

Homewood, Richard D. Irwin Inc




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/jimag.v4i1.1589

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


___________________________________________________________________________________

Diterbitkan Oleh :

FAKULTAS PERTANIAN UNIVERSITAS GALUH

Jl. RE Martadinata No. 150 Ciamis 46274

Telepon: 0265-2754011

Email: agroinfogaluh@gmail.com


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.

 __________________________________________________________________________________

Jurnal Ilmiah Mahasiswa Agroinfo Galuh diindeks oleh: