SALURAN PEMASARAN MANISAN TERONG UNGU (Studi Kasus Pada UMKM Skala Rumahan Olahan Manisan Terong Ungu di Dusun Cikembang Desa Selamanik Kecamatan Cipaku Kabupaten Ciamis)
Abstract
Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mengetahui : (1) Saluran pemasaran Manisan Terong Ungu produk UMKM di Desa Selamanik Dusun Cikembang Kecamatan Cipaku Kabupaten Ciamis (2) Biaya, margin pemasaran, dan keuntungan yang diterima produsen. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode studi kasus. Data yang dikumpulkan meliputi data primer dan data sekunder. Teknik penarikan sampel dilakukan dengan cara purposive sampling. Hasil penelitian menunjukan : Saluran pemasaran pada Manisan Terong Ungu terdapat 2 saluran yaitu : Pada saluran 1 : Produsen – Konsumen , saluran 2 : Produsen- Pengecer – Konsumen. Pada saluran 1 besarnya rata-rata marjin pemasaran adalah Rp.60.000 per kilogram tanpa biaya pemasaran sehingga keuntungan pemasaran sebesar Rp. 60.000 per kilogram. Sedangkan pada saluran 2 rata-rata marjin pemasaran adalah sebesar Rp. 50.000 per kilogram dengan biaya pemasaran Rp.25.000. Sehingga rata-rata keuntungan pemasaran sebesar Rp. 50.000 per kilogram. Bagian harga yang diterima produsen (producer’s share) pada saluran 1 adalah 100%, dan pada saluran 2 adalah 80 %. Artinya besarnya bagian harga yang diterima produsen pada saluran 1 lebih tinggi daripada saluran 2 dari harga yang dibayarkan konsumen.
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)DOI: http://dx.doi.org/10.25157/jimag.v11i3.16107
Refbacks
- There are currently no refbacks.
___________________________________________________________________________________
Diterbitkan Oleh :
FAKULTAS PERTANIAN UNIVERSITAS GALUH
Jl. RE Martadinata No. 150 Ciamis 46274
Telepon: 0265-2754011
Email: agroinfogaluh@gmail.com
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.
__________________________________________________________________________________
Jurnal Ilmiah Mahasiswa Agroinfo Galuh diindeks oleh: