ANALISIS SALURAN PEMASARAN KELAPA (Cocos nucifera L) (Suatu kasus di Desa Karangbenda Kecamatan Parigi Kabupaten Pangandaran)
Tatang Suryana, Dedi Herdiansah Sujaya, Mochamad Ramdan
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : (1) Saluran pemasaran di Desa Karangbenda Kecamatan Parigi Kabupaten Pangandaran, (2) Besarnya marjin, biaya dan keuntungan pemasaran kelapa pada setiap lembaga pemasaran di Desa Karangbenda Kecamatan Parigi Kabupaten Pangandaran, (3) Besarnya Farmer’s Share di Desa Karangbenda Kecamatan Parigi KabupatenPangandaran. Jenis penelitian yang digunakan adalah metode survai dengan mengambil lokasi penelitian di Desa Karangbenda Kecamatan Parigi Kabupaten Pangandaran. Jumlah sampel responden ditentukan dengan cara Simple Random Sampling sebanyak 30 orang petani dari jumlah populasi 304 orangpetani, sedangkan untuk sampel lembaga pemasaran diambil dengan cara Snowball Sampling method dan diperoleh sampel 4 orang pedagang pengumpul, 1 orang pedagang besar dan 3 orang pedagang pengecer.Hasil penelitian menunjukkan bahwa :1) Terdapat satu saluran pemasaran kelapa di Desa Karangbenda Kecamatan Parigi Kabupaten Pangandaran yaitu :2) Besarnya marjin, biaya dan keuntungan pemasaran kelapa untuk setiap tingkatan lembaga pemasaran adalah sebagai berikut :a) Marjin pemasaran di pedagang pengumpul sebesar Rp. 500,00 per butir, di pedagang besar Rp. 200,00 per butir dan di pedagang pengecer Rp. 400,00 per butir. Sehingga total marjin pemasaran sebesar Rp. 1.100,00 per butir.b) Biaya pemasaran pada pedagang pengumpul sebesar Rp. 222,86 per butir, pada pedagang besar Rp. 45,00 per butir dan di pedagang pengecer Rp. 160,02 per butir. Sehingga total biaya pemasaran sebesar Rp. 427,88 per butir.c) Keuntungan pemasaran yang diterima oleh pedagang pengumpul sebesar Rp. 277,14 per butir, pedagang besar Rp. 155,00 per butir dan di pedagang pengecer Rp. 239,98 per butir. Sehingga total keuntungan pemasaran sebesar Rp. 672,12 per butir.3) Besarnya bagian harga yang diterima petani (farmer’s share) adalah sebesar 64,52 persen dari harga yang dibayarkan oleh konsumen.Kata Kunci : Pemasaran, Kelapa
References
Angipora, M. 2002. Dasar-dasar pemasaran Edisi Kedua. Raja Grafindo Persada. Jakarta.
Arikunto, S.2006. Prosedur penelitian suatu Pendekatan Praktik. Rineka Cipta. Jakarta
Asmarantaka, R. 2009. Pemasaran Produk-Produk Pertanian. Departemen
Agribisnis Fakultas Ekonomi dan Manajemen. Institut Pertanian Bogor. Bogor.
Badan Pusat Statistik Kabupaten Pangandaran. 2013. Hasil Sensus Pertanian. Pangandaran.
Brotosunaryo, O.A.S. 2002. Pemberdayaan petani kelapa. Dalam Kelembagaan Perkelapaan Di Era Otonomi Daerah. Prosiding KNKV.
Tembilahan, 22-24 Oktober 2002.Badan Litbang Pertanian, Puslitbangbun.Hal 10-16.
Daniel, M. 2003. Metode Penelitian Sosial Ekonomi. Bumi Aksara. Jakarta
Dinas Kelautan Pertanian dan Kehutanan Kab. Pangandaran. 2015. Luas Lahan Produksi dan Produktivita Kelapa. Pangandaran.
Sarmidi. 2008. Aneka Pelua Bisnis dari Kelapa. ANDI. Yogyakarta.
Shimp, Terence. 2003. Periklanan dan Promosi. Erlangga. Jakarta.
Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Bisnis. Alfabeta. Bandung.
DOI:
http://dx.doi.org/10.25157/jimag.v4i1.1611
Refbacks
- There are currently no refbacks.
___________________________________________________________________________________
Diterbitkan Oleh :
FAKULTAS PERTANIAN UNIVERSITAS GALUH
Jl. RE Martadinata No. 150 Ciamis 46274
Telepon: 0265-2754011
Email: agroinfogaluh@gmail.com
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.
__________________________________________________________________________________
Jurnal Ilmiah Mahasiswa Agroinfo Galuh diindeks oleh: